Sunday, October 1, 2017

Trik Liburan Hemat dan Menyenangkan

Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak jalan pula menuju liburan hemat, namun tetap menyenangkan. Caranya? Mudah kok, ikuti 5 trik pintar ini. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

Trik Liburan Hemat dan Menyenangkan

Kamu ingin liburan, tapi keuangan terbatas, tentu ini menjadi masalah tersendiri. Terlebih kamu sudah berjanji untuk meluangkan waktu berlibur bersama teman atau kerabat dekat. Bagaimana solusinya? Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan. Berikut ulasannya. Yuk simak bareng-bareng.

1. Survei lokasi


Hendaknya kamu survei lokasi lebih dulu, agar dapat lebih mudah mengatur rencana keuangan kamu. Rancanglah secara detil, biaya perjalanan, akomodasi, makanan, trasnportasi serta destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi.

Dalam merancang keuangan saat berlibur – baik pemilihan lokasi, transportasi, hotel dan sebagainya – utamakan kenyamanan dan bukan kemewahan. Asalkan nyaman, semua pasti senang.

Pastikan kamu memiliki ragam alternatif pilihan wisata, yang intinya dapat sesuai dengan kemampuan keuangan kamu. Untuk itu, perluas wawasan dan perbanyak informasi melalui internet, buku-buku wisata, biro perjalanan atau info dari teman dan keluarga.

2. Bawa uang secukupnya


Pastikan kamu membawa uang tunai secukupnya. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa mengatur pengeluaran selama berlibur dan terhindar dari perilaku boros atau foya-foya.

Jangan sampai kamu kehabisan uang saat di perjalanan. Catatlah dan disiplinlah pada anggaran liburan yang telah disusun. Jangan puaskan semua keinginan, tetaplah realistik sesuai kemampuan dana yang ada.

3. Tiket pesawat murah atau sedang promo


Lakukanlah survei harga tiket dan lakukan pemesanan – jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat. Hal ini memungkinkan kamu mendapatkan tiket promo dan potongan harga menarik. Namun tentunya tetap melihat juga kelengkapan fasilitasnya.

4. Bukan pada momen liburan (high season)


Pergi liburan pada saat bukan musim liburan (low season) tentu sangat menghemat keuangan. Selain kamu akan mendapatkan harga tiket penerbangan murah, juga dapat menikmati biaya akomodasi hotel yang tidak meroket tinggi.

Kamu juga akan menikmati suasana yang tenang, tidak terjebak kemacetan panjang dalam perjalanan. Begitu pula saat di lokasi wisata dan hiburan, kamu tak harus stres dengan antrian masuk yang panjang.

5. Pilih lokasi terdekat, namun tetap menarik


Agar wisata bisa hemat, kamu pilih lokasi wisata yang paling dekat, namun tetap menarik dan memberikan kesan spesial buat kamu, untuk menikmati kebersamaan dengan teman atau keluarga.

Tak perlu memaksakan diri berlibur ke lokasi yang jauh atau ke luar negeri. Di tanah air masih banyak tempat indah dan menarik untuk dijelajahi, yang tentunya membuat kamu tetap hemat dan nggak bikin kantong kamu “jebol”.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.