Friday, October 20, 2017

Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc

Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc - Siapa yang tidak kenal dengan merk yang satu ini yaitu Apple?. Dimana perusahaan ini sukses mengeluarkan beberapa gadget yang sedang booming pada jaman sekarang. Diantaranya adalah Iphone, Ipod , Ipad dan yang pastinya laptop atau komputer berlogo Apple. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kesuksesan perusahaan tersebut tidak bisa di lepaskan dari pengaruh seorang Steve Jobs yang memilki peran yang besar bagi perusahaan tersebut.

Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc

Tidak itu saja, ada yang tahu film animasi seperti Toy Story, Finding Nemo, Cars, Bugs Life, Ratatoille dan Up?Ternyata Steve Jobs memilki peran penting dalam semua film animasi tersebut. Karena dia yang mempertemukan The Walt Disney Company dengan Pixar Animation Studios yang saling berkolaborasi menciptakan animasi yang mengesankan banyak penonton.

Latar Belakang Kehidupan Steve Jobs


Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc

Steven Paul Jobs atau dikenal juga dengan Steve Jobs, lahir pada tanggal 24 Februari 1955 di San Francisco, California, Amerika serikat. Beliau adalah penemu dan pembisnis dari Amerika Serikat yang merupakan pendiri, ketua, pendamping, pernah juga menjabat sebagai CEO Apple Inc. Dan merupakan pejabat Executive Pixar Animation Studios, serta anggota Dewan Direktur The Walt Disney Company.

Steve Jobs lahir di San Francisco dan diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dan menamainya dengan Steven Paul Jobs. Setelah besar Steve Jobs disekolahkan di Cupertino Junior High School kemudian melanjutkan lagi ke Homestead High School di California.

Setelah lulus dari sekolah menengah atas Jobs kemudian melanjutkan kuliahnya di Reed College Portland, Oregon. Selama kuliah di Reed College Portland, Steve Jobs sempat keluar setelah satu semester. Tetapi ia kembali melanjutkan audit kelasnya di Reed Collage.

Kehidupan Steve Jobs yang Memprihatinkan


Selama menempuh pendidikan dijenjang atas, Steve Jobs mengalami kehidupan yang memperihatinkan. Dimana ia pernah menumpang tidur dilantai kamar temannya. Demi mendapatkan uang, dia rela mengumpulkan botol-botol Coke bekas dan menunggu untuk mendapatkan makanan dan minuman gratis dari Wihara Hare Krishna selama seminggu sekali.

Steve Jobs pernah bekerja di perusahaan pembuat video game yang pada saat itu sedang populer yaitu perusahaan game Atari, disana dia bekerja dan menabung untuk perjalanan spritualnya ke India. Kemudian Jobs berangkat bersama temanya yaitu Daniel Kottke yang kelak menjadi pegawai pertama perusahaan Apple. Disana Jobs menemui guru spritualnya yaitu Neem Karoli Baba di Kainchi India, untuk mendapatkan pencerahan untuk keyakinannya.

Setelah kepulangannya dari India, dia kembali bekerja di perusahaan Atari bersama temannya yaitu Steve Wozniak yaitu salah satu yang kelak menajadi pendiri pendamping Steve Jobs di Perusahaan Apple. Nolan Bushnell yaitu pendiri Atari merasa terkesan dengan pekerjaan yang dibuat oleh Jobs dan temannya. Dimana mereka bisa mengerjakan papan sirkuit untuk permainan atau game breakout.

Pendirian Perusahaan Apple Inc. Bersama Temannya


Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc

Pada tahun 1976, Steve Jobs, Steve Wozniak berserta Ronald Wayne bersepakat untuk mendirikan perusahaan Apple Inc. Yang dibiayai oleh Mike Markkula Jr. yang merupakan Teknisi dan Manager pemasaran produk Intel A.C. Pada saat itu perusahaan Apple mulai berkembang dan mulai mencari Eksekutif yang berpengalaman untuk mengekspansi produknya.

Pada tahun 1978, perusahaan Apple mulai merekrut seseorang untuk menjabat sebagai CEO di Perusahaan Apple, yaitu Mike Scott yang berasal dari National Semiconduktor. Tetapi dimasa jabatannya sebagai CEO, Apple justru mengalami kerugian selama bertahun-tahun dan pada akhirnya digantikan oleh John Sculley. Dia merupakan Eksekutif perusahaan Pepsi Cola, yang diyakinkan sendiri oleh Steve Jobs untuk menjabat sebagai CEO Apple.

Pada tanggal 24 Januari 1984, pada pertemuan pemegang saham tahunan, Steve Jobs memperkenalkan komputer Macintosh yang dikembangkan oleh Jaf Raskin dan disempurnakan lagi oleh Jobs. Pada acara pertemuan itu, Macintosh disambut baik oleh masyarakat. Ini bisa dibuktikan kalau Macintosh yang merupakan komputer kecil pertama dengan penggunaan grafis antar muka itu sukses secara komersial.

Pemberhentian Steve Jobs di Perusahaan Apple dan Membangun Perusahaan NeXT


Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc

Pada akhir tahun 1984, perusahaan Apple mengalami masalah dimana terjadi penurunan harga disemua industri, yang mengakibatkan kurang baiknya hubungan antara Steve Jobs dan John Sculley. Pada akhir mei 1985, terjadi PHK besar-besaran setelah adanya ketegangan secara internal. Akhirnya Sculley juga memberhentikan Steve Jobs yang pada saat itu yang menjabat sebagai kepala divisi dari Macintosh.

Setelah dirinya diberhentikan dari perusahaan Apple, Steve Jobs membangun perusahaan komputernya sendiri yang dinamakan NeXT Computer yang berorientasi pada pengembangan perangkat lunak. Jobs berusaha memasarkan produknya dibidang Akademik dan Ilmiah yang menggunakan teknologi baru yang experimental dan inovatif. Diantaranya Chip pemproses sinyal digital, Kernel Mach dan Port Ethernet yang terpasang tetap.

Jobs meluncurkan beberapa produknya yaitu diantaranya NeXTCube atau komputer antar pribadi. NeXTMail yaitu sistem surel yang didukung oleh audio dan grafis yang dapat klik dan dilihat dan NeXTSTEP (Intel) yang merupakan perangkat lunak. Pada tahun 1993, Jobs hanya bisa menjual 50.000 mesin komputer dan akhirnya pada saat itu dia lebih fokus pada pengembangan perangkat lunak.

Asal mula Pixar Animation Studios beserta hasil karyanya


Pada tahun 1986, Steve Jobs membeli The Graphics Group dari Lucas Film yang diganti dengan nama Pixar. Yang akhirnya dijadikan untuk pengembangan perangkat keras grafis yang canggih yang dinamai dengan Pixar Image Computer. Tapi usaha yang dilakukan oleh Jobs mengalami kegagalan dalam menjual Pixar Image Computer. Akhirnya perusahaan ini dikontrak oleh perusahaan Walt Disney untuk membuat film animasi yang dibiayai secara bersama dan didistribusikan oleh Disney.

Film Animasi pertama yang dibuat yang merupakan hasil kerja sama ini yaitu Toy Story yang dirilis pada tahun 1995 dan selanjutnya yaitu Bug’s Life tahun 1998, Toy Story tahun 1999, Monster Inc. Tahun 2001, Finding Nemo tahun 2003, The Incredibles tahun 2004, Cars tahun 2006, Ratatouille tahun 2007, WALL-E tahun 2008, UP tahun 2009 dan Toy Story 2010. Hampir rata-rata semua film tersebut mendapatkan penghargaan The Best Animated Feature pada acara Academy Award.

Pada tahun 2006, Jobs mengumumkan bahwa Walt Disney setuju membeli Pixar dalam bentuk saham dan Jobs menjadi pemegang saham terbesar di The Walt Disney Company yaitu sebesar 7% saham. Dan selebihnya dipegang oleh Michael Eisner sebesar 1,7% dan keluarga Disney Roy E. Disney sebesar 1% saham. Setelah penggabungan perusahaan Pixar dan Disney selanjutnya Jobs bergabung menjadi komite dan dewan direktur perusahaan.

Kebangkitan Perusahaan Apple ditangan Steve Jobs


Kisah Inspiratif Pendiri dan CEO Perusahaan Apple Inc

Pada tahun 1996, perusahaan Apple mengumumkan untuk membeli NeXT, sehingga membawa Steve Jobs kembali pada perusahaan yang pernah dia dirikan dan pada tahun 1997. Jobs menjabat sebagai pimpinan eksekutif interim di perusahaan Apple. Dan akhirnya pada tahun 2000, Steve Jobs menjabat sebagai CEO di perusahaan Apple secara permanen sampai tahun 2011.

Semenjak Jobs menjabat menjadi CEO, perusahaan Apple mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dimana perusahaan Apple mengeluarkan produk yang dimulai dari perangkat lunak digital yaitu iTunes. Produk digital pemutar music atau iPod dan produknya merambah pada telepone seluler yaitu iPhone yang sukses dijual secara komersial. Apple pun suskses menjadi vioneer dalam perkembangan teknologi seperti Smartphone dan komputer tablet atau di perusahaan Apple dikenal juga dengan iPad.

Berita Steve Jobs tentang penurunan kesehatan dan kematiannya


Pada Agustus 2011, Steve Jobs mengundurkan diri sebagai CEO di perusahaan Apple karena kesehatannya yang menurun. Tetapi Jobs masih tetap menjabat sebagai ketua dewan perusahaan. Masalah kesehatan Jobs ini sudah dialami beberapa tahun belakangan. Yang didiagnosa oleh dokter memiliki tumor di pankreasnya yang merupakan penyebab penurunan kesehan Steve Jobs.

Pada tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs akhirnya meninggal dunia akibat komplikasi pankreas yang di deritanya dan dunia pun ikut berkabung dengan adanya berita ini, Jobs meninggalkan seorang istri dan ketiga anaknya. Tentu ini pukulan terbesar bagi perusahaan Apple karena kehilangan sosok yang bisa membangun Apple sebesar seperti sekarang ini.

Dimata karyawanya Steve Jobs adalah sosok yang tegas dan cenderung temperamental serta selalu berubah-ubah pikiran. Akan tetapi dibalik itu semua Steve Jobs adalah sosok pembisnis yang genius, seorang visioner, seorang innovator yang kharismatik. Yang bisa membawa perusahaan Apple menuju kesuksesan dan bisa merevolusi enam industri berbeda serta bisa mengubah dunia menjadi lebih modern.

Semoga kisah inspiratif tentang kehidupan Steve Jobs dapat menginspirasi kita semua, agar kita bisa menjadi manusia yang selalu sungguh-sungguh dalam hal apapun dan semoga artikel diatas bisa memberikan sedikit gambaran tentang kehidupan seorang Steve Jobs.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.