Sunday, October 8, 2017

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah biasanya dibuat oleh orang pribadi (siswa itu sendiri) atau orang tua (Wali) kepada wali kelas dan guru untuk memberitahukan bahwa siswa yang bersangkutan berhalangan untuk masuk sekolah karena alasan tertentu seperti sakit dan lain-lain.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Tujuan surat pemberitahuan tersebut adalah untuk memberitahukan pihak sekolah, khususnya wali kelas, bahwa murid yang bersangkutan (yang namanya disebutkan di dalam surat) berhalangan untuk datang ke sekolah.

Hal tersebut sangat penting dilakukan karena ketidakhadiran seorang siswa berhak diketahui oleh pihak sekolah karena pihak sekolah bertanggung jawab terhadap siswa tersebut.

Sehingga, adanya keterangan yang jelas akan membuat pihak sekolah mengetahui dengan pasti dimana dan bagaimana kondisi siswanya.

Surat dari murid atau wali murid kepada pihak sekolah yang bersangkutan tergolong ke dalam surat pribadi.

Walau demikian, penulisannya tentu saja sangat berbeda dengan penulisan surat pribadi kepada teman atau sahabat pada umumnya.

Contoh surat izin sekolah menggunakan bahasa yang formal (sesuai EYD) karena ditujukan kepada pihak sekolah yang merupakan instansi resmi.

Hal-hal yang Perlu Dituangkan dalam Surat Izin Tidak Masuk Sekolah
Ketika menulis surat izin untuk tidak masuk sekolah karena beberapa hal penting yang perlu diuraikan dan dicantumkan antara lain:

  1. Kepada siapa surat tersebut ditujukan. Biasanya, berisi informasi tentang siapa penerima surat. Contohnya adalah “wali kelas.” Namun tidak selalu kepada wali kelas, tujuan surat izin tersebut juga bisa kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah.
  2. Alasan. Ketika membuat surat izin, kita harus mengungkapkan alasan yang menyebabkan kita tidak bisa hadir. Bisa karena sakit, karena ada urusan keluarga, atau karena sebab-sebab yang lainnya yang tidak bisa ditunda dan tentu saja alasan harus bisa ditolelir dan masuk akal.
  3. Pengirim. Nama pengirim wajib dicantumkan. Jika yang menulis adalah wali murid, maka keterangan nama siswa yang berhalangan masuk sekolah harus dicantumkan di dalam isi surat (alasan).

Karena surat izin tidak masuk sekolah digolongkan sebagai salah satu surat semi resmi, maka format penulisannya pun mengikuti surat resmi pada umumnya.
Beberapa poin penting yang perlu dimasukkan ke dalam surat antara lain:

  1. Tanggal surat dibuat
  2. Kepada siapa surat ditujukan
  3. Salam pembuka
  4. Kalimat pembuka (surat)
  5. Isi surat (alasan tidak masuk sekolah)
  6. Salam penutup
  7. Nama penulis surat/penanggung jawab

1. Contoh Surat Izin Sekolah


Bandung, 2 April 2017
Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas
Kelas VIII C SMPN 02 Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan hormat,
Dengan datangnya surat ini, saya beritahukan bahwa pada hari ini adik saya yang bernama Irvan Bahdim, Kelas VIII C, tidak dapat mengikuti pelajaran sebagai mana mestinya karena sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga dapat dimaklumi adanya oleh Bapak/Ibu. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat saya,
Ttd
Annisa

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Bandung, 7 Mei 2017

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru/Wali Kelas VII A
SMPN 02 Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Siswa
Alamat : Roger Danukusuma
: Kelas VII A SMPN 02 Bandung
: Jl. Tengku Umar No. 14 Bandung
Memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar sebagaimana biasanya karena ada acara keluarga yang tidak dapat saya tinggalkan. Oleh karena itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Wali Kelas/Guru tidak masuk sekolah pada hari ini, Senin 8 Mei 2017.

Demikian surat ini saya buat, atas izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Wali Kelas/Guru, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,
Ttd
Roger Danukusuma

3.Contoh Surat Izin Sekolah dalam Bahasa Inggris


Bandung, 2 March 2017

To: Mrs. Wati
At: SMPN 02 Bandung

With respect,
In this opportunity we would like to tell you that our child,
Name
Class
Address : Mukidi
: Class VII B SMPN 01 Bandung
: Jl. Perkutut No. 02 Bandung
Notify that my child cannot follow the lesson on this day, Monday, March 2, 2017. Because he is stomach ache. Therefore, so presumably the Mr/Mrs/Miss Teacher Homeroom VII-B gives permission.

So I make, licence over the granting of permission and wisdom of Mr/Mrs/Miss Teacher Homeroom, I say thank you.

Best regards,
Sign
Mr. Subagio

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.