Wednesday, October 11, 2017

Contoh Kata Penutup Makalah

Kini Iumari akan memberikan beberapa contoh kata penutup. Mulai dari contoh penutup makalah, contoh penutup laporan prakerin, contoh penutup proposal usaha, contoh penutup karya ilmiah, dan contoh penutup kliping yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Contoh Kata Penutup Makalah

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa makalah atau laporan dan sejenisnya memiliki beberapa bagian yang diantaranya adalah bagian penutup. Jika kamu belum pernah membuat makalah atau laporan sebelumnya, sebaiknya kamu membaca artikel ini sampai selesai. Kamu bisa menemukan beberapa referensi kata penutup untuk makalah atau laporan kamu.

Cara Membuat Kata Penutup dalam Makalah atau Laporan


Bagian penutup dalam makalah lebih menonjolkan mengenai kesimpulan yang bisa di dapat di dalam makalah yang sudah kamu buat. Untuk membuat kesimpulan yang baik dan benar, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang telah diangkat. Bisa berupa implikasi dan bisa juga berupa inferensi.
  2. Isi dalam kesimpulan sebaiknya mengandung saran yang ditujukan untuk pembaca.
  3. Kesimpulan makalah sebaiknya dibuat dengan menjelaskan secara singkat isi dari karya ilmiah yang telah dijelaskan pada sebelumnya.
  4. Dalam membuat kesimpulan karya tulis ilmiah, hindari menyimpulkan materi yang tidak di ulas dalam pembahasan.

Contoh Penutup Makalah yang Baik dan Benar


5.1 Kesimpulan

Dari data dan fakta yang telah dipaparkan diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan bahan pengawet pada jajanan anak sekolah sangat berbahaya untuk kesehatan sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan. Tindakan tersebut meliputi menyediakan jajanan yang sehat di kantin sekolah dan melarang anak-anak untuk jajan sembarangan. Pengawasan dari orang tua guru juga sangat penting untuk mengatasi permasalahan ini.

5.2 Saran

Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan penulis. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya.

Contoh Penutup Laporan Prakerin


A. Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat bermanfaat untuk siswa/siwi Sekolah Menengah Kejuruan ataupun untuk pihak industri. Selain itu kegiatan Praktik Kerja Lapangan juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan khususnya dalam hal praktik dimana mereka bisa belajar lebih luas dalam dunia kerja serta sebagai ajang untuk melatih siswa/siswi menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.

B. Kesan

Adapun kesan yang kami rasakan selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat senang dan berterimakasih, karena selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan kami mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang belum pernah kami dapatkan di sekolah. Kami juga sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan ilmu dan pengalaman tersebut sehingga kami bisa mengembangka keterampilan kami dalam dunia kerja.

C. Saran

Untuk melengkapi laporan ini kami akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada, antara lain sebagai berikut :

  1. Kuasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktik kerja lapangan.
  2. Utamakan keselamatan kerja.
  3. Gunakan waktu sebaik mungkin.
  4. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

Contoh Penutup Proposal Usaha


A. Kesimpulan

Demikian proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang saya dirikan dapat diterima. Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia bisnis.

Dari pendirian usaha ini, saya dapat menyimpulkan bahwa berdirinya sebuah perusahaan dikarenakan kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan perusahaan ini. Selain itu tujuan saya mendirikan perusahaan ini adalah untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.

Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan yang Maha Esa. Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran Bapak/Ibu yang sifatnya membangun guna sebagai bahan evaluasi saya untuk kedepannya agar lebih baik lagi.

Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berpartisipasi dalam menyusun proposal dan pendirian perusahaan “Shafira Nurlita”. Dan terimakasih juga atas penerimaan proposal ini, serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang saya dirikan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

B. Saran

Agar pelaksanaan usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar, saya memiliki beberapa saran. Antara lain :

  1. Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan.
  2. Mempunyai etos kerja yang tinggi.
  3. Pandai berkomunikasi dengan orang lain.
  4. Tidak mudah berputus asa.
  5. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
  6. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
  7. Disiplin, bertanggungjawab, kreatif dan inovatif.
  8. Mengutamakan kepuasan pelanggan.

Contoh Penutup Karya Ilmiah


Pendidikan sangat penting bagi perkembangan hidup manusia dan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik lagi. Sehingga pembelajaran dalam pendidikan harus dibenahi, pembelajaran yang merupakan peraduan dari aktivitas belajar dan mengajar memiliki tujuan yang baik, yakni mengubah perilaku seseorang ke arah yang lebih baik guna untuk masa depan yang sukses. Dalam pendidikan ada banyak faktor yang terlibat dalam pembelajaran. Misalnya saja di sekolah ada guru, siswa, fasilitas yang telah disediakan, program dan tujuan, rencana, kurikulum dan yang lainnya.

Pembelajaran mempunyai beberapa prinsip penting yang baik untuk diketahui. sehingga terwujudnya tujuan pembelajaran itu sendiri bisa tercapai dengan baik. Dalam suatu pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari permasalah yang dapat mengganggu proses terjadinya belajar mengajar, tetapi permasalahan tersebut bisa diatasi apabila semua pihak dapat bersatu untuk mengatasinya.

Saran


Berikut ini adalah beberapa saran yang penulis berikan untuk arah perkembangan selanjutnya :

  1. Menyatukan faktor-faktor yang terlibat dalam proses pembelajaran agar berkesinambungan.
  2. Mari kita bersatu membenahi saran dan prasarana dalam proses pembelajaran yang belum sesuai atau yang tidak sesuai dengan proses pembelajaran di sekolah.
  3. Pembelajaran di sekolah menerapkan metode yang sudah teruji.

Contoh Penutup Kliping


Terima kasih atas waktu yang kalian berikan untuk membaca Kliping Tugas yang saya buat ini. Jika ada kata-kata yang kurang dapat di mengerti ataupun salah-salah kata saya mohon untuk di maafkan dan di maklumi.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai contoh penutup yang baik dan benar. Mulai dari contoh penutup makalah, contoh penutup laporan prakerin, contoh penutup proposal usaha, contoh penutup kliping, dan contoh penutup karya ilmiah yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.