Monday, October 2, 2017

Cara Mengatasi Penyakit Trypophobia

Akhir-akhir ini penyakit trypophobia sedang ramai dibicarakan di dunia maya. Dalam artikel ini kita akan coba mengulas apa itu penyakit trypophobia? Dan apa saja yang dapat menyebabkan penyakit trypophobia ini? Serta bagaimana cara menghilangkan penyakit trypophobia ini?

Cara Mengatasi Penyakit Trypophobia

Apa Itu Trypophobia?


Penyakit trypophobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap segala bentuk lubang. Kondisi inilah yang memicu individu menjadi emosional ketika melihat objek atau gambar yang berlubang. Padahal yang kita tahu hal tersebut tidak berbahaya.

Kondisi ini pertama kali dijelaskan di internet pada tahun 2005, meskipun belum di akui oleh dunia medis. Apa sih yang memicu seseorang untuk takut ? Banyak penderita trypophobia yang setuju bahwa gambar adalah pemicu utama yang menyebabkan seseorang menjadi ketakutan.

Secara umum, jenis cluster (sekurang-kurangnya 7 lubang atau benjolan, dan dalam beberapa kasus lainnya) bisa menyebabkan ketidak nyamanan. Beberapa orang menganggap penyakit ini lebih buruk dan lebih menakutkan.

Beberapa pola berulang seperti sarang lebah tau kumpulan gelembung di permukaan air yang terdapat pada permukaan kulit Anda. Jika Anda belum mengetahui hal ini, Anda bisa mencarinya di google untuk mengetahui gambar penderitanya.

Awal Munculnya Penyakit Trypophobia


Istilah trypophobia dikabarkan pertama kali mucul pada tahun 2005 oleh seorang perempuan di Irlandia yang namanya tidak di ketahui dalam sebuah forum situs disana. Penggunaan istilah phobia benar-benar ramai pada tahun 2009, terutama di negara Filipina dan terus meluas dan ramai diperbincangkan sampai saat ini.

Bentuknya yang sangat mengerikan membuat orang yang melihatnya merasa jijik dan bahkan sampai ada yang ketakutan. Hal ini menyebabkan penyakit ini pernah viral di media sosial belakangan ini.

Gejala dan Tanda Anda Menderita Penyakit Trypophobia


Orang yang menderita trypophobia secara psikologis akan mengalami beberapa gejala, berikut ini adalah penjelasannya :

  • Merasa panik dan takut secara berlebihan
  • Keringat mengucur dan biasanya disertai dengan suhu tubuh yang sangat panas.
  • Munculnya perasaan cemas yang tinggi sehingga mengurangi respon gerak anggota tubuhnya yang lain.
  • Jantung berdetak kencang bahkan bisa sampai kesulitan untuk bernafas.
  • Anak-anak yang menderita phobia ini sangat cenderung rewel dan terus menangis karena merasa ketakutan.

Penyebab Penyakit Trypophobia


Gambar atau objek yang penuh dengan lubang merupakan salah satu penyebab utama yang merubah emosional seseorang secara berlebihan. Meskipun sebenarnya tidak berbahaya, gambar atau objek yang berlubang tersebut bisa menyebabkan berbagai gejala termasuk perubahan kognitif yang mencerminkan kecemasan, perubahan fisiologis, atau kesulitan dalam bernafas.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa timbulnya rasa takut yang berlebihan bagi para penderitanya disebabkan karena adanya kemiripan visual pola berlubang dengan hewan yang beracun. Diyakini juga bahwa trypophobia merupakan phobia terhadap lubang merupakan efek samping dari adaptasi tubuh untuk menghindari hewan-hewan yang beracun.

Apakah Trypophobia Berbahaya?


Sama halnya dengan penyakit phobia yang lainnya, trypophobia hanyalah sebuah perasaan takut yang berlebihan terhadap objek atau gambar yang penuh dengan lubang. Sehingga penyakit trypophobia ini tidak berbahaya, namun gangguan kejiwaan tentunya akan sangat berpengaruh bagi para penderitanya.

Saat ini belum ada zat yang spesifik yang dapat mengobati penyakit trypophobia ini. Jadi hanya kemauan dan inisiatif penderitanya saja untuk melawan phobia tersebut.

Cara Menghilangkan Trypophobia


Ada beberapa cara untuk menghilang atau mengatasi penyakit trypophobia ini, diantaranya adalah :

  • Terapi perilaku, terani ini dilakukan untuk mengatasi karakter atau sikap bagi penderitanya mengenai suatu hal yang tidak di inginkan sehingga penderitanya akan belajar untuk tiak takut terhadap benda-benda atau gambar-gambar yang berlubang.
  • Cognitive Behavior Therapy, terapi ini dilakukan dengan tujuan untuk membiasakan penderitanya melihat hal-hal yang membuatnya merasa takut sehingga lama-kelamaan akan menjadi terbiasa dan rasa takutnya akan hilang.
  • Neuro Linguistic Programming, terapi ini bertujuan untuk mengurangi rasa takut. Terapi ini cukup efektif untuk mengatasi penyakit trypophobia.
  • Terapi Kognitif, terapi ini bertujuan untuk mengubah mindset penderitanya agar tidak merasa takut ketika melihat benda-benda yang berlubang. Jadi penderita akan belajar memisahkan suatu yang nyata dan tidak nyata.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Trypophobia


Trypophobia hanyalah gangguan psikologis yang tidak terlalu berbahaya, gangguan ini bisa disembuhkan. Seperti penyakit phobia pada umumnya, trypophobia dapat diatasi dengan berbagai cara seperti yang sudah kita sampaikan diatas.

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit trypophobia ini adalah dengan sering melihat gambar atau benda-benda yang berlubang, sehingga penderitanya menjadi terbiasa dan tidak peka lagi terhadap pola lubang tertentu yang berulang.

Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus, maka phobia tersebut akan hilang dengan sendirinya. Kalau kamu adalah salah satu penderita penyakit trypophobia ini, cobalah untuk membiasakan diri kamu untuk melihat gambar atau objek-objek yang berlubang. Cara tersebut adalah cara yang cukup ampuh dan sangat mudah untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengobati penyakit trypophobia :


  1. Memahami terlebih dahulu apa itu trypophobia. Dengan begitu kamu akan yakin bahwa kondisi seperti ini tidaklah wajar. Tidak seharus kamu panik atau khawatir dengan lubang yang terdapat dalam objek tertentu.
  2. Cobalah untuk menemukan penyebab ketakutan. Apakah rasa takut tersebut disebabkan oleh pengalaman yang buruk, atau bahkan hanya jijik saja. Dengan demikian kamu bisa lebih leluasa untuk mengendalikan diri kamu.
  3. Hadapi rasa takutmu. Pada reaksi pertama kamu melihat lubang yang jumlahnya sangat banyak, mungkin kamu akan segera menjauhinya atau bahkan menutup manatamu dan mencoba memikirkan hal yang lainnya. Padahal hal ini akan memperparah rasa takutmu. Cobalah untuk lebih berani lagi.
  4. Mencari bantuan psikologi. Jika penyakit trypophobia ini sampai mengganggu kemampuan kamu untuk melakukan kegiatan normal pada umumnya, maka segeralah untuk meminta bantuan dari seorang terapis kesehatan mental.

Apakah Penyakit Trypophobia Menyebabkan Anggota Tubuh Berlubang?


Hal ini yang sering diperlihatkan dan bahkan viral di sosial media. Padahal yang kita tahu penyakit trypophobia adalah penyakit ketakutan yang berlebihan terhadap sebuah gambar atau objek yang memiliki banyak lubang. Jadi enggak sampai tubuh bisa berlubang. Itu adalah HOAX.

Jadi bagi kamu yang masih percaya penyakit trypophobia dapat menyebabkan lubang di bagian tubuh khususnya di tangan, maka itu hanyalah editan saja atau rekayasa belaka. Penyakit ini sama seperti penyakit phobia pada umumnya.

Ada orang yang phobia terhadap debu, ada pula orang yang phobia terhadap ketinggian. Begitu pula dengan penyakit trypophobia ini. Penyakit ini hanya phobia dengan gambar atau objek yang memiliki banyak lubang sehingga terlihat sangat menjijikan.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.