Wednesday, September 27, 2017

Perbedaan Game Full Version, Rip, Alpha, Demo, dan Beta

Pernahkah kamu mendengar kata-kata full version, RIP, atau Portabel pada saat membeli atau download game? Mungkin kamu pernah mendengarnya, dan banyak yang menganggapnya sama, padahal berbeda loh. Istilah-istilah di atas adalah istilah macam-macam pengemasan game yang dilakukan oleh developer atau uploader yang menaungi game tersebut.

Perbedaan Game Full Version, Rip, Alpha, Demo, dan Beta

Seperti misalnya Full Version, itu tidak sama dengan rip version, di mana kalau full version adalah versi dan pengemasan ori langsung dari developernya. Sementara rip version adalah sebuah versi yang sudah dicampurtangani oleh para uploader atau repacker. Jadi, karena itu akan dijelaskan perbedaan game full version, rip, alpha, demo, dan beta berikut ini.

1. Full Version


Full Version merupakan versi penuh yang langsung dikeluarkan developer atau publisher. Jadi dalam Full Version ini, kamu akan merasakan versi asli dari sebuah game tanpa pengurangan dan penambahan fitur yang ada. Dan bisanya game full version ini bisa kamu dapatkan melalui pengamanan, seperti serial number atau bisa langsung aktif bagi kamu yang memakai kaset untuk installer.

2. Rip


Bertolak belakang dengan Full Version, versi Rip atau Ripped ini adalah sebuah versi yang telah melalui tahap pengompresan atau pengecilan ukuran melalui pengurangan fitur di segala bidang, seperti audio, fitur, tekstur, sinema, atau kualitas sebuah game. Biasanya pengemasan ini banyak disukai oleh gamer yang memiliki modal dikit untuk men-download atau membeli sebuah game.

3. Alpha


Alpha adalah sebuah istilah bagi game yang masih tahap uji coba untuk pertama kalinya. Jadi bagi kamu yang pernah mencoba game Alpha, mungkin akan menemui banyak ketidaksinkronan fitur dalam game ini, dan hal ini memang biasa terjadi pada game alpha.

4. Demo


Game demo, merupakan pengemasan yang dilakukan oleh publisher untuk pre-liris sebuah game, yang biasanya digunakan untuk testing game yang dilakukan oleh pihak publisher kepada game tester atau langsung khalayak ramai. Biasanya game seperti ini masih banyak memiliki bugs dan setengah jadi.

5. Beta


Kalau versi ini biasanya ada pada saat game akan dirilis, bisa dibilang uji cobanya dan beta ini juga terbagi pada beberapa tahap. Yaitu OBT (Open Beta Test) yang mana pada saat ini sebuah game sudah siap untuk di uji coba kan oleh khalayak ramai. Kedua adalah CBT (Close Beta Test), yang menjadi tahap penutupan dari beta test dan siap untuk peluncuran full version.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.