Friday, September 8, 2017

Pengertian Dari Kata Injury Time

Pengertian injury time adalah waktu ekstra bermain yang ditambahkan untuk mengkompensasi waktu yang dihabiskan pemain yang cedera selama pertandingan.

Pengertian Dari Kata Injury Time

Dalam dunia sepakbola, waktu bisa diperpanjangkan. Kok bisa? Ya, khusus untuk dunia olahraga satu inilah waktu bisa diperpanjang atau disebut injury time. Apa sebenarnya pengertian injury time dalam sepak bola?

Pengertian injury time adalah penambahan waktu beberapa menit dalam pertandingan sepak bola entah pada babak pertama atau babak kedua pertandingan. Hal itu dilakukan karena pada saat jalannya pertandingan telah terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti adanya pemain yang terluka, pelanggaran, dan sebagainya.

Kalau kita sering menonton sepak bola di televisi, pasti sudah tidak asing dengan kejadian pemain yang terluka sehingga butuh pertolongan serius, pertengkaran antar pemain, dan pelanggaran. Hal tersebut tentu membuat pertandingan berhenti sesaat. Nah biasanya ketika kita menonton sepak bola di TV, masa injury time akan ditampilan di layar pada bagian samping skor dan biasanya ada orang yang mengangkat papan LED bertuliskan angka berupa menit, dan itulah yang dinamakan injury time.

Injury time ini hampir selalu terjadi pada setiap pertandingan sepak bola. Lalu apa saja kejadian yang bisa mengakibatkan injury time?

  • Pergantian pemain.
  • Diskusi masalah strategi.
  • Pemain cedera.
  • Pemain yang mendapat luka serius sehingga harus keluar lapangan.

Keputusan berapa lama masa injury time sangat bergantung pada wasit. Jadi wasitlah yang paling menentukan segalanya. Terkadang para pemain sepak bola akan tergugah semangatnya ketika sampai detik-detik terakhir kelompok mereka belum mencetak bola.

Tanpa memperhatikan jumlah waktu injury time yang diberikan oleh wasit, para pemain terkadang dengan penuh semangat mengejar bola untuk dimasukkan ke gawang. Inilah hal umum yang sering kita lihat, kelompok yang saat awal pertandingan terlihat lemah tiba-tiba mengerahkan seluruh kekuatannya di detik-detik terakhir. Sementara kelompok yang unggul lebih memilih santai dan tidak menghiraukan injury time sehingga lengah dan gawangnya dapat tertembus lawan.

Rekor injury time terlama diberikan oleh wasit asal Ekuador, Byron Moreno. Saat pertandingan antara Liga de Quito dengan Barcelona Guayaquil. Dia memerintahkan asisten wasit untuk memberikan injury time selama 6 menit, tetapi pada prakteknya injury time tersebut berlangsung selama 13 menit. Wow! Hal tersebut membuat de Quito dapat mencetak dua gol di menit terakhir.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.