Tuesday, September 26, 2017

Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Banyak sekali penemuan-penemuan yang terjadi sepanjang sejarah manusia di dunia, ratusan bahkan mungkin ribuan. Namun dari sebagian banyak penemuan ada beberapa penemuan yang sampai sekarang ini manusia tidak bisa lupakan dan semakin hari semakin banyak digunakan.

Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Disini Iumari akan memberikan beberapa penemuan terpenting sepanjang sejarah dari sekian banyaknya penemuan.

1. Telepon


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Pada 7 Maret 1876, Seorang ilmuwan Amerika yang lahir di Skotlandia mendapar hak paten resmi atas penemuan nya, Telepon. Bell, yang saat itu bekerja di sebuah sekolah untuk orang-orang tuli, berusaha untuk membuat sebuah perangkat yang mampu mentransmisikan gelombang suara ditransmisikan melalui listrik. Tiga hari setelah paten teleponn keluar, kalimat pertama yang ditransmisikan oleh Bell adalah, “Mr. Watson, come here; I want you,” yang berusaha memanggil seorang asisten lab bernama, Thomas Watson.

2. Listrik


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Peran penemuan terhadap listrik bisa dialamatkan pada beberapa orang yang berbeda, termasuk William Gilbert, Benjamin Franklin, Alessandro Volta, dan Michael Faraday. Namun demikian, terobosan penting berhasil dibuat oleh penemu Amerika Thomas Alva Edison, yang mengembangkan lampu bohlam kawat pijar pertama pada sekitar 1878. Sekitar tahun yang sama, seorang ilmuwan Inggris Joseph Swan jug berhasil menghasilkan penemuan yang sama di negaranya. Belakangan, keduanya membentuk sebuah perusahaan yang memproduksi lampu bohlam kawat pijar filamen pertama.

3. Pesawat


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Pada 17 Desember 1903 dua kakak beradik Wilbur dan Orville Wright berhasil menemukan pesawat terbang pertama. Wilbur menerbangkannya selama 59 detik pada ketinggian 852 feet atau sekitar 259.6 meter. Kakak beradik ini terus mengembangkan model pesawat, dan padaa akhirnya berhasil membuat sebuah pesawat yang mampu beroperasi dengan baik dua tahun kemudian. Keberhasilan Wrights bersaudara terinspirasi dari desain penerbang asal Jerman bernama Otto Lilienthal yang meninggal dalam percobaan. (Foto) Pesawat The Bleriot yang digunakan oleh Angkatan Udara Inggris.

4. Internet


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Berevolusi setiap saat, Internet merupakan awal kelahiran dari era digital. Awal mulanya dapat ditelusuri sejak era Perang DIngin, saat Amerika Serikat menggunakannya sebagai senjata pemerintah. Khawatir atas serangan Uni Soviet pada jaringan telepon mereka, seorang ilmuwan M.I.T. J.C.R. Licklider menawarkan jaringan komputer yang mereka namakan ‘galactic network’ untuk komunikasi mereka pada 1962. Konsep dari ‘packet switching’ yang dikembangkan pada 1965, kemudian mengawali pembuatan ARPAnet, sebuah jaringan komputer pemerintah. Pesan pertama yang disampaikan di jaringan itu adalah “LOGIN” pada 1969.

5. Komputer


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage seorang pakar matematik pada tahun 1822, namun perkembangan selanjutnya tidak lepas dari jasa para penemu seperti :

Tahun 1822 Charles Babbage, dengan idenya yang cemerlang menciptakan sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science. Dari sinilah cikal bakal komputer diawali.
Tahun 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang.
Tahun 1943 Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
Tahun 1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
Tahun 1945 Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
Tahun 1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai penemu komputer.

6. Radio


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Penemu asal Italia Guglielmo Marconi berjasa mengembangkan dan mentransmisikan sinyal radio transatlantik pertama pada 1901. Sebelumnya, ilmuwan-ilmuwan lainnya seperti Nikola Tesla dan Nathan Stufflefield juga mengembangkan teknologi ini. Faktanya, Tesla kini dikenal sebagai orang pertama yang mematenkan teknologi radio pada 1893. Penemuan radio ini kemudian mengawali kekuatan media massa elektronik. (Foto) Radio transistor pertama Sony, TR-55, yang diproduksi pada 1955.

7. Kompas


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Sangat sulit untuk menentukan asal-usul dari kompas. Kompas sudah digunakan sejak zaman Cina Kunodan peradaban Yunani dipercaya bahwa para saudagar Arab membawa ide kompas magnetik ke Eropa pada sekitar abad ke-10. Keberadaan kompas magnetik tercatat di di daerah Laut Tengah pada abad ke-12.

8. Kertas


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Penemuan penting oleh orang Cina yakni pembuatan kertas, yang dipercaya sudah ada sejak tahun 105 M. Seorang pejabat pemerintahan di pengadilan kekaisaran Han wilayah Timur Ho-Di Ts’ai Lun menemukan bahwa kulit pohon murbei, rami, kain dan jala ikan bisa menghasilkan bubuk yang menghasilkan lembaran untuk menulis. Teknik pembuatan kertas ini secara perlahan menyebar ke Mesir, Afrika dan Eropa.

9. Alfabet


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Sebelum alfabet digunakan, sebuah sistem simbol piktografis yang kompleks untuk menulis informasi. Sistem penulisan alfabet pertama, tulisan Proto Sinaitic dengan konsonan-konsonan, dipercaya sudah mulai dikembangkan antara 1850 dan 1700 SM oleh sekelompok orang berbahasa Semit. Tulisan terdiri dari 22 simbol dan ditulis dari kanan ke kiri.

10. Jam


Penemuan Terpenting Dalam Sejarah

Tidak ada tanggal yang pasti menngenai penciptaan alat pertama untuk menunjukkan waktu. Akan tetapi, diketahui bahwa alat penunjuk waktu sudah ada sejak lima sampai enam ribu tahun yang lalu dengan penduduk yang mendiami Timur tengah dan Afrika Utara. Orang Mesir pada tahun 3500 SM mempunyai cara menunjukkan waktu dalam bentuk obelisk. Obelisk adalah monumen ramping, mempunyai empat sisi, meruncing yang bayang-bayangnya jatuh dipasir dan menunjukkan waktu yang berlalu. Pada waktu yang kira-kira besamaan (3500 SM) jam matahari juga dipergunakan. Jam matahari terdiri dari lempengan bulat dengan tonjolan miring dari pusatnya. Ketika matahari bergerak, bayangan yang jatuh dilempengan itu akan menunjukkan waktu. Jam matahari, tentu saja masih dipakai, sehingga pada tahun 1500 SM orang Mesir menciptakan jam matahari pertama yang mudah dibawa, yang dapat disebut kakek dari arloji pada masa sekarang.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.