Saturday, September 30, 2017

Karya Anak Bangsa yang Mendunia dan Diakui Dunia

Indonesia sebagai negara besar ternyata memiliki sumber daya yang andal. Ragam karya anak bangsa mulai dari pesawat, teknologi di bidang militer hingga infrastruktur sukses dibuat dan mendapat pengakuan luas dunia internasional. Apa saja karya anak bangsa tersebut? Yuk, disimak bersama.

Karya Anak Bangsa yang Mendunia dan Diakui Dunia

1. Pesawat NC212 dan Pesawat CN 235


Pesawat NC212 dan Pesawat CN 235

Tahun 2015 lalu, dua jenis pesawat NC212 dan CN 235 telah diekspor sebanyak 40 unit ke beberapa negara, seperti Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Pakistan, Filipina, dan Uni Emirat Arab. Pemesanan terus berlanjut di tahun berikutnya oleh Vietnam dan Senegal, terutama untuk tipe pesawat CN 235.

Performa pesawat terbang bermesin baling-baling tersebut memang sangat handal dalam kelasnya sehingga memberikan kepuasan kepada para pembelinya. Hal ini senada dengan penuturan Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo, “ Tidak ada yang pernah komplain mengenai realibility dan perormance pesawat terbang kami,” jelasnya. Sejauh ini, total pengiriman pesawat buatan PTDI sebanyak 134 unit ke pasar lokal maupun internasional, dan terus akan berjalan.

2. Gerbong Kereta Tipe Metric Gauge dan Broad Gauge


Gerbong Kereta Tipe Metric Gauge dan Broad Gauge

Sejatinya, PT. Industri Kereta Api (INKA) telah memenangi tender pembuatan gerbong kereta tipe Meter Gauge (MG) dan Broad Gauge (BG) untuk di ekspor ke negara Bangladesh. Penandatanganan dilakukan di Railway Bhaban, Dhaka – Bangladesh pada tanggal 14 September 2017 lalu. Gerbong-gerbong kereta rencananya akan dioperasikan di koridor timur dan barat oleh Bangladesh Railway.

“Produk kami sangat diacungi jempol di sana. Selain jarang rusak, kami juga menempatkan personil untuk kenyamanan dan kalau sewaktu-waktu ada gangguan,” terang Senior Manager, Secretary, dan CSR PT. Industri Kereta Api (INKA) Cholik Mochammad Zam Zam . Tak mengherankan jika kualitas produksi milik perusahaan asal Madiun tersebut menarik minat negara Tanzania untuk ikut memesan.

3. Kapal Perang


Kapal Perang

Kapal perang berjenis Strategic Sealift Vessel (SSV) telah selesai dibangun dan dilepas langsung ke negara Filipina sebanyak 2 unit. Adalah PT. PAL Indonesia sebagai perakit dan perancang kapal perang tersebut.

Dengan kemampuan tampung hingga 621 penumpang, SSV memiliki panjang 123 meter dan lebar 21 meter. Kapal ini memiliki bobot maksimal 7200 ton, berkecepatan 16 knot dan mampu bertahan di lautan selama 30 hari. Hasil karya anak bangsa tersebut jelas menjadi salah satu kebanggaan bagi Indonesia.

4. Jalan Tol Trans Sumatera


Jalan Tol Trans Sumatera

Pembangunan infrastruktur ini dinahkodai oleh PT. Hutama Karya (Persero) yang dikenal sebagai perusahaan konstruksi terbesar milik negara.

Pembangunan koneksi jalan sepanjang 2.770 kilometer ini mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan ruas tol yang dibangun akan menghubungkan beberapa kota di antaranya : Medan-Binjai, Palembang-Simpang Indralaya, Bakauheni-Terbangi Besar, dan Pekanbaru-Dumai.

Proyek ini jelas akan makin memotong jarak dan waktu perjalanan antara kota-kota yang terkoneksi, serta memberikan dampak yang menguntungkan bagi aktivitas penduduk, ekonomi dan lain sebagainya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.