Wednesday, September 20, 2017

Hal Penting Dalam Membangun Bisnis Ecommerce

Penggunaan internet saat ini semakin maju yang mana banyak dimanfaatin sebagai media untuk mengembangkan bisnis ecommerce.

Hal Penting Dalam Membangun Bisnis Ecommerce

Bisnis ecommerce merupakan bisnis jual beli secara online dimana dilakukan melalui perantara alat elektronik. Dapat dilihat saat ini dengan hadirnya berbagai Ecommerce Indonesia yang menawarkan beragam produk dan layanan berbeda dimana situs marketplace tersebut digunakan untuk menjangkau kebutuhan pasar dan menarik banyak konsumen.

Jika anda ingin memulai bisnis ecommerce, sebaiknya perhatikan 3 hal berikut agar tidak menghambat berkembangnya bisnis anda.

Pemilihan Jenis Produk


Jenis produk tentunya menjadi poin utama anda dalam mengembangkan bisnis ecommerce namun jenis produk seringkali menjadi tantangan dalam bisnis ecommerce.

Anda harus merancang jenis produk apa yang tepat dan banyak dibutuhkan oleh pasar serta berapa banyak yang mampu anda sediakan.

Selain itu dalam bisnis ecommerce anda harus memperhatikan up to date jenis produk apakah masih dapat dijual dan laku dipasaran atau harus diganti dengan yang baru. Intinya jenis produk yang ditawarkan harus anda sesuaikan dengan permintaan pasar.

Koneksi Pembeli dan Penjual


Perlu anda ketahui tantangan lain dalam bisnis ecommerce adalah koneksi pembeli dan penjual apakah relevan atau tidak dalam melakukan proses jual beli secara online.

Sebagai pembeli akan mencari kemudahan dalam pemilihan produk, koneksi dengan penjual, dan metode pembayaran. Hal tersebut penting diperhatikan untuk mempertahankan loyalty customer.

Anda juga harus menentukan target pasar anda apakah secara global atau domestik karena hal tersebut mempengaruhi koneksi antara pembeli dan penjual.

Penggunaan Teknologi


Tantangan berikut adalah penggunaan teknologi dalam menjalankan bisnis ecommerce dimana hal tersebut sangat dibutuhkan dalam menentukan cara konsumen berinteraksi dengan online retailer. Misalkan dengan membuat mobile apps yang sesuai dengan bisnis anda untuk memudahkan konsumen terhubung dengan online retailer.

Menurut Alfons, Marketing Manager dalam perusahaan Digital Agency Indonesia mengatakan bahwa “Tantangan utama dalam bisnis ecommerce adalah harus dapat menjaga brand bisnis dan value bisnis yang anda jalankan. Selain itu, anda juga harus mengevaluasi setiap kesalahan dalam bisnis anda dan menemukan solusi tepat untuk mengatasinya karena roda bisnis ecommerce pada umumnya akan selalu berputar dan tantangan anda adalah membuat bisnis tersebut terus berkembang agar tidak stuck dan failure”.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.