Tuesday, September 19, 2017

Cara Mengoreksi Salah Ketik dengan Typo Online

Cara Mengoreksi Salah Ketik dengan Typo Online - Kesalahan ketika melakukan pengetikan itu bukan hal yang aneh. Tidak perduli orang tersebut masih tergolong awam atau mahir dalam pengetikan. Kesalahan disini bukan berarti penulis tidak tahu pada kata yang dia ketik. Namun kesalahan disini adalah kesalahan disebabkan slip jari atau kegagalan mekanis. Kesalahan pengetikan seperti itu sering kita kenal dengan sebutan “typo”.

Cara Mengoreksi Salah Ketik dengan Typo Online

Apa itu Typo? Sebetulnya “Typo” itu berasal dari bahasa Inggris yaitu Typography. Typo sendiri dapat diartikan kesalahan yang dibuat ketika proses mengetik. Namun perlu digarisbawahi kalau typo itu bukan kesalahan karena didasari oleh ketidaktahuan penulis terhadap kata tersebut. Bisa disebut typo kalau kesalahan mengetik karena slip tangan atau ada unsur ketidaksengajaan dan karena kegalalan mekanis.

Contoh kecil, kita ingin mengetik kata “smartphone” dan kita tahu bahwa penulisan yang benar smartphone itu adalah seperti itu. Namun karena ketika mengetik terlalu cepat maka penulisannya jadi “smatpone”. Nah itu bisa dikatakan typo.

Ketika kita selesai mengetik di Microsoft Office Word misalnya, maka untuk memastikan apakah pengetikan kita itu benar atau tidak sering kita baca lagi secara manual dari awal. Apalagi pengetikan penting seperti untuk Skripsi biasanya dituntut harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurkan (EYD). Bahkan jika Anda seorang blogger tentunya sudah bukan hal aneh lagi yaitu dituntut harus bisa menulis artikel. Penulisan artikel disinipun sebaiknya menggunakan kata yang benar dan jauh dari typo.

Jika pengetikan jumlahnya sedikit tentunya bukan hal sulit untuk mengoreksi salah ketik secara manual. Bagaimana jika yang harus dicek itu jumlahnya banyak, seperti cek laporan ilmiah, skripsi, tesis, dan sebagainya? Apakah itu tidak akan melelahkan? Hal ini akan banyak menghabiskan waktu secara percuma.

Ini jaman sudah canggih. Untuk sekedar mengoreksi salah ketik atau typo bisa kita lakukan secara otomatis. Hanya sedikit bermodal koneksi internet, maka kita bisa mengecek typo ketikan secara online.

Cara Mengoreksi Salah Ketik Secara Online


Cara Mengoreksi Salah Ketik dengan Typo Online

Emang bisa cek typo secara online dan dilakukan secara cepat? Tentu saja jawabannya bisa! Untuk mengecek salah ketik yang jumlahnya banyak, Anda bisa memanfaatkan situs Typo Online. Ini adalah situs asli dibuat oleh anak bangsa.

Di situs Typo Online kita bisa mengecek salah ketik dalam sekejap. Anda tidak perlu lagi cek kesalahan ketik satu persatu yang hanya akan membuang waktu secara percuma. Typo Online adalah situs KBBI Online yang dapat memudahkan proses pengecekan kata yang tidak sesuai dengan KBBI.

Terdapat tiga pilihan untuk cek typo di Typo Online, yaitu pengecekan dengan upload file, text, dan website. Selengkapnya yaitu :

1. Cek Typo Dengan Upload File


Disini yang Anda perlukan hanya sebuah file dokumen format .doc atau .docx. File-file ini biasa dihasilkan dari pengetikan yang dibuat di Microsoft Office Word. Anda cukup mengupload file ketikan format .doc atau .docx dan tunggu beberapa saat untuk mengetahui hasilnya. Setelah situs Typo Online selesai melakukan pengecekan, maka Anda akan mengetahui mana yang tidak sesuai KBBI atau typo.

etiap kata yang dikategorikan typo maka berubah warnanya menjadi warna merah. Tidak percaya? Silakan coba sendiri.

Kemudian untuk membenarkan setiap kata typo (kesalahan eja) atau kata merah, disini bisa Anda lakukan secara otomatis. Caranya Anda klik kata typo dan nanti akan ditemukan kata pilihan yang benar. Selesai koreksi kata typo, silakan Anda Unduh hasilnya atau bisa Cek Ulang dan Simpan.

Bahkan pada fitur Text Checker Anda bisa melakukan copy paste dari Microsoft Office Word, halaman blog, dan sebagainya. Anda copy kata atau kalimat yang akan diperiksa dari Office Word misalnya kemudian paste pada textarea halaman Type Online. Selanjutnya untuk mengoreksi dan membenarkan setiap kata typo, pada fitur Text Checker caranya masih sama dengan cek typo upload file.

3. Cek Typo Dengan Fitur Website Checker


Selain bisa mengoreksi salah ketik atau typo dengan kedua cara diatas, di Typo Online kita juga bisa cek typo dengan memanfaatkan fitur website checker. Artinya jika kita ingin menggunakan fitur ini yang kita butuhkan adalah hanya URL website saja.

Silakan Anda ketik atau copy paste URL website yang akan kita cek kebenaran tulisannya. Jika kita ingin cek postingan tertentu, maka URL yang kita tempel adalah tentunya URL postingan saja.

Bagaimana hebat bukan? Dengan menggunakan situs online seperti Typo Online maka tentunya bisa menghemat waktu ketika kita ingin mengoreksi salah ketik. Kita percayakan saja kepada situs Typo Online untuk memeriksa kesalahan eja dan buang jauh-jauh kebiasaan cek typo secara manual.

Situs Typo Online selain bisa kita gunakan untuk mengecek kesalahan pada ketikan (typo), situs ini juga dilengkapi dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Mulai saat ini Anda tidak perlu membuka kamus bentuk hardcopy (buku) lagi. Tentunya dengan cara seperti itu bisa menghabiskan waktu yang lama juga. Berapa menit yang Anda butuhkan untuk sekedar mengecek arti satu kata saja misalnya? Anda meski membuka satu persatu halaman kamus secara manual.

Namun jika kita cek arti kata di Typo Online hanya menghabiskan waktu beberapa detik saja. Langsung saja Anda klik situs KBBI Online untuk membuktikan sendiri kehebatannya.

Ketik kata apa saja yang ingin Anda ketahui artinya berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kemudian klik Cari. Beberapa detik kemudian maka Anda akan melihat hasilnya.

Sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba kecanggihan situs Typo Online apalagi jika Anda sekarang seorang pelajar atau mahasiswa. Situs Typo Online sangat direkomendasikan untuk mengoreksi salah ketik dan mengetahui arti kata berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.