Wednesday, September 20, 2017

Cara Menghitung Zakat Maal dan Syarat Wajibnya

Zakat dalam Islam dikenal mempunyai dua jenis yaitu zakat fitrah dan juga zakat mal. Zakat mal adalah zakat harta yang didapatkan dari banyak bidang seperti dari penghasilan dari pekerjaan, dari ternak, dari emas yang dipunyai, dan berbagai hal lainnya. Dari harta yang dipunyai tersebut, seseorang harus mengeluarkan zakat karena di dalam harta yang dipunyai tersebut ada hak orang lain. Sehingga hal tersebut juga dapat digunakan untuk mencuci harta yang dipunyai sehingga bersih dan banyak keuntungan lainnya dari mengeluarkan zakat harta ini.

Cara Menghitung Zakat Maal dan Syarat Wajibnya

Untuk cara menghitung zakat mall sendiri juga cukup sederhana karena dapat disesuaikan dari nishab dan juga dari jenis harta yang dipunyai dan akan dikeluarkan. Karena dari emas, penghasilan, dan jenis harta lainnya akan mempunyai hitungan yang berbeda. Ketika akan mengeluarkan zakat mall ini, ada beberapa syarat wajib terlebih dahulu yang harus dipenuhi sehingga seseorang bisa untuk mengeluarkan zakat mall dan dianggap syah zakatnya seperti:

1. Islam


Merupakan syarat pertama yang merupakan dasar dari berbagai ajaran untuk pengeluaran zakat ini. Bagi seorang yang mengaku muslim harus memenuhi tuntutan untuk mengeluarkan zakat ini, selain itu juga untuk mengeluarkan zakat ini juga harus didasari dari perintah Allah sebagai seorang muslim. Bagi ajaran Islam mengeluarkan zakat ini sendiri mempunyai banyak keuntungan karena dapat menentramkan hati, membersihkan harta, membersihkan hati, dan berbagai keuntungan lainnya.

2. Merdeka


Syarat lainnya untuk mengeluarkan zakat mall ini adalah seorang yang merdeka sehingga mempunyai hak atas hidupnya. Bagi seorang budak yang tidak mempunyai harta tentu saja tidak perlu untuk memberatkan dirinya dan tidak wajib mengeluarkan harta yang dipunyai. Oleh karena itulah syarat yang kedua mengeluarkan harta tersebut adalah seseorang yang merdeka.

3. Baligh dan berakal


Syarat wajib bagi seorang muslim lainnya ketika akan mengeluarkan zakat mall adalah dari seorang yang sudah baligh. Usia baligh ini adalah ditandai dengan seorang yang sudah melewati masa pubertasnya sehingga bisa untuk mengeluarkan zakat mall ini. Selain itu juga berakal yang mempunyai kuasa dan pikiran untuk mengeluarkan zakat dari harta yang didapatkan.

4. Memiliki nishab


Dan syarat wajib yang terakhir untuk mengeluarkan zakat mall adalah mempunyai nishab yang berarti ukuran dan juga waktu harta tersebut disimpan. Dari beberapa jenis zakat mall ini misalnya mempunyai ukuran waktu 1 tahun sebelum akan mengeluarkannya. Tentunya dengan tiga syarat lainnya sudah dipenuhi sehingga dapat untuk mengeluarkan zakat mal ini. Selain itu nishab ini juga mempunyai banyak syarat lainnya yang harus dipenuhi sebelum seseorang mengeluarkan zakat mallnya. Dari tidak mengganggu kebutuhan, memenuhi pendapatan minimal yang telah ditentukan, dan juga telah berjalan satu tahun atau haul.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.