Friday, September 1, 2017

Cara Memutihkan Gigi Kuning

Gigi kuning seringkali bikin nggak pede. Karena kalau senyum atau selfie, berasa bikin nggak lepas. Maunya senyum lebar, tapi malu. Padahal “ngampet senyuman” alias menahan senyuman itu kadang-kadang sulit. Apalagi kalau sedang bahagia banget.

Cara Memutihkan Gigi Kuning

Gigi putih nggak cuma harus milik artis dan pramugari. Kita pun berhak memilikinya dan sebaiknya memang memilikinya. Karena ketika gigi nampak putih, seolah-olah mengalami kenaikan kasta alam sistem sosial.

Aura seseorang akan sangat memikat. Karismanya memancar kuat. Karena kalau lagi bicara, tampaklah gigi-geliginya yang seputih susu. Apakah kamu ingin punya gigi macam ini?

Adakah cara memutihkan gigi? Tentu saja ada. Mau pilih cara kimiawi maupun alami. Semuanya ada. Namun sebelum itu, ketahuilah dulu berbagai penyebab gigi kuning di bawah ini. Apa sih yang bikin gigi jadi kuning? Ternyata ini loh :

1. Penyebab Gigi Kuning karena Sering Minum Kopi dan Teh


Baik cowok maupun cewek, dari remaja sampai tua. Ada yang hobi banget ngopi dan ngeteh. Padahal kalau dilakukannya tiap hari dan nggak bisa merawat giginya. Maka yang ada gigi jadi kuning. Awalnya nggak bakal sadar, tapi nanti lama-lama kekuningan itu akan terakumulasi jadi banyak dan jelas sekali.

Kopi dan teh memang punya kemampuan buat mengikis gigi dan mengubah warna gigi jadi coklat, kuning, bahkan hitam. Kekusaman pada gigi karena 2 minuman ini biasanya bersifat permanen. Kecuali kalau dilakukan tindakan penanganan dengan cara bleaching, scaling, atau penggunaan pasta gigi whitening secara intensif.

Buat para pecinta teh dan kopi. Sebaiknya kalau habis ngopi dan ngeteh segeralah gosok gigi. Dan cobalah buat mengurangi tingkat “ke-ndatuk-annya” alias “kecanduan dan ketergantungannya”. Sebenarnya minum air putih itu lebih baik loh daripada teh dan kopi. Sehingga gigi nggak kuning lagi.

2. Penyebab Gigi Kuning karena Kesalahan Menyikat Gigi


Jika kita sudah rajin menggosok gigi, tapi ternyata gigi masih kuning. Ini bisa jadi karena kesalahan menyikat gigi. Sadarlah bahwa gosok gigi itu ada caranya. Nggak bisa sembarangan.

Menyikat gigi yang baik agar gigi nggak kuning itu caranya adalah dengan gerakan vertikal memutar di semua sisi gigi. Gosok giginya nggak perlu keras-keras. Karena kalau keras banget pun malah jadi bikin gigi ngilu doang karena lapisan email terkikis.

Jadi gosoklah gigi pelan-pelan secara vertikal (atas-bawah) dengan gerakan memutar bulu sikatnya. Pasta gigi sebaiknya sebesar biji jagung saja. Namun pasta gigi ini dioleskan dulu saja ke gigi. Baru kemudian disikat secara menyeluruh.

3. Penyebab Gigi Kuning karena Tidak Flossing


Tahukah kamu apa itu flossing? Ini adalah teknik membersihkan gigi dengan benang gigi. Ternyata, sikat gigi aja nggak cukup loh buat mengangkat sisa-sisa makanan. Apalagi yang ada di sela-sela gigi. Makanya kita butuh dental floss alias benang gigi.

Alat tipis berupa benang ini akan digunakan untuk membersihkan permukaan dan sela-sela gigi. Caranya dengan menyelipkan di antara gigi, kemudian menggesek-nggesekkan benangnya agar kotoran terangkat.

Flossing Gigi sangat dianjurkan dilakukan tiap hari. Efeknya sangat baik buat mencegah gigi kuning dan berlubang. Selain itu, gigi juga terhindar dari penumpukkan plak dan karang. Nafas lebih segar dan gigi benar-benar tampil lebih prima. Kamu bisa dapatkan benang gigi di apotek atau klinik gigi.

Kadang-kadang gigi kuning juga disebabkan karena karies dan kerusakan jaringan gusi dan gigi itu sendiri. Putihnya gigi bisa menjadi tanda bahwa gigi itu mendapatkan suplai vitamin yang cukup. Artinya struktur gigi masih baik-baik saja, dari akar hingga pulpa dan dentinnya.

Kalau gigi kuning itu bisa jadi menjadi tanda dari karies alias bolongnya gigi karena bakteri dan kerusakan syaraf. Makanya kalau gigi kuning, apalagi kalau cuma satu gigi, itu sebaiknya segera periksa ke dokter dan dirontgen. Supaya tahu penyebabnya.

Kalau memang kekuningannya karena karies atau kerusakan jaringan. Maka tindakan yang tepat adalah Root Canal Treatment alias Perawatan Saluran Akar, untuk tujuan mengangkat syaraf gigi dan pulpa. Agar nantinya ruang pulpa bisa disterilkan dan diisi dengan gutta perca dan bahan tambalan.

4. Penyebab Gigi Kuning karena Antibiotik


Antibiotik adalah jenis obat yang banyak dikonsumsi oleh manusia. Bahkan sejak bayi. Antiobiotik seperti Tetrasiklin dan Amoxicillin kalau digunakan dalam jangka waktu panjang ternyata bisa menyebabkan gigi jadi kuning dan kusam. Bahkan biasanya disertai Fluorosis, yang akan membuat gigi nampak abu-abu dan seperti mengalami pengapuran.

Antibiotik memang kerap dianjurkan dokter untuk dihabiskan. Karena kalau nggak dihabiskan, nanti penyakit bisa kebal. Tapi sayangnya, kalau kita sering sakit dan sering minum antibiotik. Sudahlah pasti gigi kuning.

Penyebab gigi kuning karena antibiotik sangat susah loh diatasi. Hanya ada 1 cara buat memutihkan gigi lagi, yaitu dengan tindakan Bleaching. Jadi pada akhirnya nanti gigi yang kuning atau fluorosis bakalan di-bleaching dengan Hidrogen Peroksida oleh dokter. Kalau kasus kuningnya parah banget, tekniknya adalah internal bleaching. Yaitu bahan aktif bakal dimasukkan ke dalam ruang dentin dan pulpa. Nggak cuma lapisan luarnya aja.

5. Penyebab Gigi Kuning karena Patah


Gigi yang mengalami fraktur atau patah ternyata bisa jadi kuning loh! Jelaslah karena jaringan dentin dan mahkota nggak mendapatkan suplai vitamin lagi. Lama-lama kuning dan kusamnya bakal jadi membiru dan menghitam. Inia artinya gigi harus segera dirawat saluran akarnya.

Kalau kamu mendapati gigimu menguning karena habis patah. Segera saja, nggak perlu pikir panjang. Datang ke dokter gigi dan tanyakan tindakan terbaik. Biasanya dokter akan merujuk buat rontgen dulu dan mengecek secara manual untuk mengetahui vitalitasnya dengan perkusi (mengetuk) atau memberikan rangsangan panas dan dingin.

6. Penyebab Gigi Kuning karena Merokok


Hati-hatilah dengan rokok. Sebab, rokok bisa menyebabkan gigi kuning. Bagaimana tidak kuning? Zat-zat seperti nikotin itu kan memang sifatnya abrasif di gigi. Bisa menggerus lapisan email. Sedangkan gigi yang sudah kehilangan emailnya, tentu bakal lebih kusam.

Orang yang merokok memang cenderung giginya rusak dipenuhi stain. Kudu rajin-rajin scaling alias membersihkan karang gigi. Scaling yang rutin cukup ampuh buat mencegah gigi kuning karena rokok.

Nah, penyebab gigi kuning nampaknya memang hanya ada 7 saja. Itu adalah penyebab yang biasanya memang paling banyak dialami orang. Jadi kuningnya gigi tidaklah mesti disebabkan malas gosok gigi saja. Ada banyak faktor lain.

Untuk memutihkan gigi yang sudah terlanjur kuning. Tentu saja caranya disesuaikan dengan penyebabnya. Seperti ini:

  • Kalau gigi kuning karena kopi dan teh. Maka kurangilah minum itu dan rajinlah gosok gigi.
  • Bila gigi kuning karena kesalahan menyikat gigi. Maka perbaikan cara menyikat giginya.
  • Jika gigi kuning karena tidak flossing. Maka segera beli benang gigi dan lakukannya.
  • Dan kalau gigi kuning karena karies. Segera saja ditambal giginya.
  • Dan bila gigi kuning karena antibiotik. Satu-satunya cara memutihkan adalah dengan bleaching.
  • Dan jika gigi kuning karena patah. Segeralah perawatan saluran akar dan memasang crown.
  • Kemudian yang terakhir, kalau gigi kuning karena rokok. Maka satu-satunya cara adalah dengan berhenti merokok dan rajin scaling. Bisa dipadukan dengan bleaching.
  • Jika semua penyebab dan cara memutihkan gigi di atas sudah dipraktekkan, namun ternyata gigi masih saja kuning. Bisa jadi memang sudah kodratnya, secara genetik memang warna giginya ternyata kuning atau kusam. Nggak bisa putih. Selain itu, biasanya semakin putih kulit seseorang, giginya akan nampak semakin kuning. Sebaliknya, orang dengan kulit hitam, biasanya punya gigi yang putih sekali.

Kamu bisa coba juga buah-buahan yang baik buat memutihkan gigi, seperti di bawah ini:

  • Strawberry
  • Buah Naga
  • Semangka
  • Melon
  • Lemon
  • Jeruk Nipis
  • Jeruk
  • Jambu Biji
  • Pisang
  • Kiwi
  • Pir

Demikianlah penyebab gigi kuning dan cara memutihkannya. Semoga uraian di atas membantu memberikan solusi tentang bagaimana mengatasi masalah gigi ini. Jangan pernah menyerah buat usaha menjadikan gigi sehat dan senyum sempurna! Usaha harus dilakukan dari sekarang juga. Agar esok, benar-benar bisa berhasil.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.