Wednesday, September 27, 2017

Atlet Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar menyimpan ribuan talenta emas dalam bidang olahraga. Banyak atlet Indonesia yang meraih prestasi di level internasional, bahkan hingga meraih medali emas.

Atlet Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Diantara banyaknya atlet tersebut, tentunya ada sebagian atlet, yang meraih banyak prestasi tertinggi, hingga layak disebut sebagai atlet terbaik sepanjang masa. Berikut ini kelima atlet Indonesia terbaik sepanjang masa.

1. Bambang pamungkas


Atlet Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Walaupun belum menyumbang trofi untuk tim nasional Indonesia, Bepe disebut sebagai legenda karena rekor penampilan bersama tim nasional yang mencapai 85 kali penampilan dan 37 gol. Baru-baru ini, Bepe juga dinobatkan sebagai ikon sepakbola Asia oleh AFC. Bepe juga aktif sebagai pendiri dan pengurus Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI).

2. Suryo agung wibowo


Atlet Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Suryo Agung Wibowo adalah salah satu sprinter kebanggaan Indonesia. Pria kelahiran Solo ini tercatat masih memegang rekor lari 100 meter putra SEA Games dengan catatan waktu terbaik 10,17 detik. Rekor ini mengalahkan rekor atas dirinya sendiri yang diukir pada SEA Games 2007 dengan catatan waktu 10,25.

3. Richard sam bera


Atlet Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Berikutnya ada atlet renang Richard Sam Bera. Richard mengawali karir renangnya saat belajar di Amerika Serikat. Debutnya untuk timnas renang berawal pada saat SEA Games 1989. Sejak saat itu Richard terus meraih medali emas SEA Games 7 kali berturut-turut hingga tahun 2005. Total Richard mengumpulkan 23 medali emas SEA Games dari berbagai nomor. Selain itu dia juga meraih medali perak untuk kejuaraan renang dunia dan medali perunggu pada Asian Games.

4. Chris John


Atlet Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Atlet tinju yang satu ini dikenal sebagai petinju tersukses dalam sejarah tinju Indonesia. Pasalnya Chris John tercatat berhasil mempertahankan gelar Juara Dunia Kelas Bulu Versi WBA hingga 10 tahun berturut-turut sejak tahun 2003 hingga 2013. Petinju berjuluk The Dragon itu memutuskan pensiun setelah kalah dari Simpiwe Vetyeka asal Afrika Selatan. Selama karirnya Chris John memegang rekor 52 bermain, 48 menang, 1 kalah dan 3 kali imbang.

5. Rudy Hartono


Atlet Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Lahir di Surabaya 68 tahun lalu, Rudy boleh dikatakan sebagai spesialis kejuaraan All England. Hal ini bukan berlebihan, sebab dari 11 kali partisipasinya, Rudy telah menjadi juara sebanyak 8 kali. Pada tahun 1982, Guiness Book of World Records menganugerahkan penghargaan kepada Rudy atas prestasinya di ajang tersebut. Museum Maddam Tussauds pun membuat patung lilin dirinya sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan dedikasinya bagi Indonesia.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.