Tuesday, August 1, 2017

Cara Reset Ink Level EPSON L100, L200, L800

Printer EPSON L100, L200, dan L800 adalah printer infus resmi dari perusahaan EPSON. Dengan membeli ketiga printer ini maka Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat infus. Karena printer sudah diinfus resmi dari vendor EPSON maka tampilannya lebih rapi dan kita hanya tinggal pakai saja.

Cara Reset Ink Level EPSON L100, L200, L800

Ketika pertama kali menggunakan printer EPSON L100, L200, dan L800 maka akan dituntut untuk memasukkan Serial Number ID tinta. Hal ini dilakukan ketika selesai mengisi tinta pada tabung infus. Tanpa memasukkan SN ID tinta maka printer EPSON L100, L200, dan L800 tidak bisa digunakan. Serial Number ini dapat kita temukan pada masing-masing botol tinta EPSON original.

Memasukkan Serial Number ID tinta ini bukan hanya dilakukan pada pertama kali mengisi tinta saja. Selanjutnya jika stok tinta pada tabung infus sudah habis dan kita mengisi ulang tinta pada tabung maka kita diperintah untuk memasukkan lagi SN ID tinta yang tertera pada botol.

Jika kita tidak memasukkan SN ID tinta maka Ink Level printer EPSON L100, L200, dan L800 menunjukkan pada posisi kosong (empty). Padahal sebenarnya tinta pada tabung infus sudah penuh. Tentu saja jika hal ini dibiarkan maka printer EPSON L100, L200, dan L800 tidak bisa digunakan.

Kondisi seperti ini ketika kita memberikan printah print yang tampil kotak pesan warning ink level empty disertai tanda seru warna kuning pada masing-masing tinta.

Kuncinya kita meski memasukkan lagi SN ID tinta yang sudah tertera pada masing-masing botol tinta.

Cara Reset Ink Level Printer EPSON L100, L200, L800 Tanpa SN ID Tinta


Jika Anda tidak mau merasa repot dengan hal ini maka Anda sebenarnya bisa saja melakukan reset ink level tersebut tanpa menggunakan SN ID tinta. Namun untuk melakukan reset printer EPSON L100, L200, dan L800 tanpa SN ID tinta ini Anda memerlukan aplikasi lagi.

Anda bisa menggunakan software WIC Reset Utility untuk mereset ink level printer EPSON L100, L200, dan L800.


Setelah Anda sukses download software WIC Reset, silakan ekstrak dan installkan aplikasi di komputer. Saya rasa untuk menginstall WIC Reset ini tergolong mudah, maka tidak perlu saya jelaskan lagi disini.

Kemudian nyalakan printer EPSON yang akan direset ink levelnya dan jalankan WIC Reset yang sebelumnya sudah Anda install. Pastikan kalau printer EPSON sudah terdeteksi dengan benar oleh WIC Reset. Jika belum, silakan klik Refresh detected printers list.

Jika sudah kedeteksi dengan benar, klik Reset ink levels > Continue > Yes > Done. Kemudian restart printer EPSON atau matikan printer dan nyalakan lagi.

Kini printer EPSON L100, L200, dan L800 Anda tintanya sudah kedeteksi penuh (full). Sekarang ink level printer sudah tidak menunjukkan empty lagi. Itu artinya printer EPSON L100, L200, dan L800 sudah bisa digunakan lagi dengan normal.

Sebetulnya WIC Reset ini bukan hanya untuk reset ink level printer EPSON L100, L200, dan L800 saja. Anda bisa melihatnya pada tab Supported models untuk mengetahui printer apa saja yang mendukung selain printer EPSON L100, L200, dan L800. Bahkan WIC Reset bisa digunakan untuk reset ink level printer Canon.

Bagaimana mudah bukan? Kini Anda tidak perlu lagi untuk memasukkan Serial Number ID tinta ketika ink level printer menujukkan empty. Semoga artikel Cara Reset Ink Level Printer EPSON L100, L200, L800 ada manfaatnya. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.