Thursday, August 10, 2017

Arti Tanda Centang Pada WhatsApp

Arti Tanda Centang Pada WhatsApp - WhatsApp versi terbaru membawa perubahan kecil tapi berguna, yaitu fitur pesan telah dibaca oleh penerima. Namun ternyata banyak orang ternyata belum mengetahui fitur-fitur ini. Dan sebaliknya, bagi yang sudah tahu, terkadang justru tidak ingin ada fitur tanda bahwa pesan sudah dibaca.

Arti Tanda Centang Pada WhatsApp

Oleh karena itu, Iumari kali ini akan mengungkap beberapa hal yang jarang sekali diketahui oleh pengguna mengenai tanda status pesan whatsapp. Oke, langsung menuju pokok bahasan. Sekarang ini ada 3 tanda pada pesan whatsapp.

Arti Tanda Centang Pada Whatsapp


Arti tanda centang di sebelah pesan whatsapp :
  1. pesan sukses terkirim (ke server Whatsapp     Tanda satu centang berarti pesan sukses terkirim (ke server Whatsapp).
  2. pesan sampai di ponsel penerima  Tanda 2 centang berarti pesan secara sukses diterima di ponsel penerima.
  3. penerima sudah membaca pesan  Tanda 2 centang biru berarti penerima sudah membaca pesan.

Info Status Pesan Whatsapp


Sebenarnya fitur ini saja sudah cukup bagi sebagian besar orang. Tapi terkadang kita masih penasaran, apa benar tanda yang ditunjukkan itu?

Arti Tanda Centang Pada WhatsApp

Nah, untuk memastikan status pesan, sobat bisa lakukan dengan menekan lama pada pesan, dan kemudian tekan i yang dilingkari, nantinya akan tampil status waktu pesan terkirim dan waktu pesan dibaca.

Sebab 1 Centang Terus Menerus pada 1 kontak


Kalau sobat hanya melihat satu tanda centang di samping pesan, mungkin tidak ada yang salah dengan aplikasi WhatsApp atau hape sobat. Berikut ini beberapa alasan mengapa pesan terkirim ke server, tapi belum diterima oleh perangkat lawan chat :

  • Ponsel teman sobat mungkin dimatikan.
  • Mungkin juga sedang tidur, terutama jika tinggal di zona waktu yang berbeda.
  • Teman sobat mungkin mengalami gangguan koneksi ke jaringan.
  • Mereka mungkin telah melihat pemberitahuan pada layar, namun belum membuka aplikasi(sangat umum terjadi pada penerima yang menggunakan iPhone dan Android 5.0 Lollipop).
  • Mereka mungkin menerapkan Cara Mematikan / Menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca Whatsapp.
  • Mungkin sobat sudah diblokir. (baca cara mengetahui WhatsApp diblokir).

Cara Menonaktifkan Tanda Centang WhatsApp


Adapun cara untuk menonaktifkan tanda centang pada WhatsApp sebagai berikut :

1. Instal aplikasi Snowball Beta

Snowball Beta adalah aplikasi android yang bisa digunakan untuk beberapa aplikasi chatting, termasuk whatsapp. Dengan menggunakan aplikasi ini maka fitur centang biru (notifikasi pesan terbaca kepada pengirim) tidak akan muncul, karena memang tidak tersedia :p. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan kita untuk chat karena bisa untuk beberapa aplikasi chat.

2. Menggunakan Notifikasi Pop-up

Pada trik kedua ini sobat tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi. Sobat hanya perlu melakukan pengaturan agar muncul notifikasi pop up ketika mendapatkan pesan di whatsapp. Caranya, masuk ke pengaturan whatsapp --> Pemberitahuan --> Pop-Up Notifikasi --> Hanya ketika layar off.

Ketika muncul notifikasi pesan baru, sobat jangan menekan “lihat” atau “tutup”, tapi tekan home. Dengan begitu sobat bisa baca pesan whatsapp tanpa tanpa diketahui pengirim.

Tapi trik ini cuma berlaku kalau layar smartphone sobat dalam keadaan mati. Nah, untuk dalam keadaan menyala, sobat harus melakukan trik berikut.

3. Memasang Widget WhatsApp

Dengan menambahkan widget whatsapp pada home screen, sobat bisa membaca pesan dari whatsapp tanpa harus membukanya. Dengan catatan bahwa sobat tidak membuka pesan tersebut, pengirim tidak akan mengetahui bahwa pesan sudah dibaca.

4. Instal Notifikasi Lock Screen (layar kunci)

Pada smartphone terbaru (versi android 4.4 Kitkat dan setelahnya), sobat bisa mengaktifkan notifikasi lockscreen (layar kunci) untuk membaca semua semua pesan yang masuk tanpa harus membukanya. Namun pada android sebelum kitkat, sobat harus menginstal lockscreen dari playstore yang menyediakan fitur notifikasi lockscreen.

5. Menggunakan Airplane Mode (Mode Pesawat Terbang)

Dengan mengaktifkan mode pesawat terbang, tentu pesan yang dibaca tidak akan membuat penerima mendapat notifikasi karena memang tidak ada koneksi internetnya. Tapi setelah sobat menonaktifkannya, akan terkirim notifikasi ke pengirim. Jadi sebenarnya langkah ini cuma "menunda" saja tanda centang biru sampai ke pengirim pesan,

6. Menggunakan Titanium Backup (Pada android rooted)

Seperti pada trik membaca BBM tanpa muncul tanda R(Read), centang biru pada whatsapp juga bisa dihindari dengan menggunakan Titanium Backup.

Caranya adalah, sebelum membuka pesan, backup dulu whatsapp dengan titanium backup (jangan lupa aktifkan backup data+aplikasi pada Titanium Backup). Setelah itu sobat aktifkan mode pesawat terbang, dan sobat baca pesan itu. Setelah dibaca, sobat restore via Titanium Backup, baru setelah selesai prosesnya sobat matikan mode pesawat terbang. Dengan begitu pengirim tidak pernah tahu pesannya sebenarnya sudah dibaca.

Demikian tulisan Iumari tentang Arti Tanda Centang Pada WhatsApp. Kalau sobat punya pendapat atau masukan, silahkan ketik pada kolom komentar dibawah. Jangan sungkan juga untuk berbagi dengan menggunakan tombol share ke media sosial. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.