Saturday, July 8, 2017

Makanan Enak dan Aman Bagi Penderita Diabetes

Makanan Enak dan Aman Bagi Penderita Diabetes - Diabetes adalah penyakit kronis (menahun) yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin.

Makanan Enak dan Aman Bagi Penderita Diabetes

Diabetes biasa ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan tubuh tidak efektif menggunakan insulin atau kekurangan insulin yang relatif dibandingkan kadar gula darah.

Para penderita diabetes biasa mengatasi penyakitnya dengan mengonsumsi obat-obatan hingga ke tahap operasi untuk membantu menekan kadar gula dalam darah dan penurunan berat badan bagi para penderita diabetes.

Selain itu, para penderita diabetes juga biasa melakukan diet rendah karbohidrat yang telah diakui dari sebuah literatur tahun 2012 oleh American Diabetes Association. Jenis diet tersebut memiliki dampak positif pada glukosa darah, sensitivitas insulin dan kadar insulin hingga dapat mengurangi kebutuhan penggunaan obat penurunan glukosa.

Selain mengurangi konsumsi karbohidrat, bagi yang mengalami penyakit diabetes. Ada sejumlah makanan yang telah direkomendasi para ahli untuk membantu menekan tingkat glukosa dalam darah :

1.Cuka Sari Apel


Cuka sari apel dapat bantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Arizona State University, yakni berupa percobaan meminum 20 gram cuka sari apel, 40 gram air, dan satu sendok the sakarin saat setiap kali makan. Dan hasilnya, orang-orang yang menderita resistensi insulin (gejala diabetes tipe-2) yang minum cuka sari apel, memiliki tingkat glukosa postprandial (setelah makan) pada 34 persen lebih rendah dibandingkan dengan penderita yang memilih rutin kontrol insulin.

2.Alpukat


Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan glukosa yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengkonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dalam diet diabetes menjadi hal yang penting dalam mengurangi trigliserida dan dapat membantu memperbaiki fungsi insulin dan glukosa darah.

3. Kacang Kacangan


Kancang-kacangan merupakan makanan yang mengandung banyak protein dan serat. Sebuah penelitian juga telah menunjukkan penderita diabetes tipe-1 yang mengonsumsi tinggi serat dalam diet memiliki kadar glukosa lebih rendah, lalu pada diabetes tipe 2 mungkin memperbaiki kadar gula darah, lipid dan tingkat insulin.

4. Chamomile


Dilansir dari Journal of Agricultural and Food Chemistry (21/5) menunjukkan bahwa teh chamomile dapat menjadi alat yang efektif dalam mengatur gula darah.

Penelitian dari University of Toyama di Jepang juga menunjukkan bahwa ketika tikus diabetes diberi dosis ekstrak chamomile selama tiga minggu. Tubuh menunjukkan penurunan secara keseluruhan dalam kadar glukosa darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

5. Kayu Manis


Kayu manis adalah tumbuhan yang kaya akan kromium yang dapat meningkatkan efek insulin. Jika Anda menambahkan setengah sendok teh kayu manis untuk diet diabetes harian

Kayu manis memiliki kemampuan untuk membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin yang dapat menurunkan gula darah. Hal ini sesuai dengan studi dalam jurnal “Diabetes Care”

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.