Monday, July 10, 2017

Fakta Menarik Tentang Suku Aztec

Suku Aztec selama ini dikenal sebagai suku yang barbar, haus darah dan rela melakukan apapun demi anggapan mereka untuk memuaskan para dewa.

Fakta Menarik Tentang Suku Aztec

Dan teori yang sangat populer saat orang hendak membahas tentang suku ini biasanya adalah teori pengorbanan manusia yang rutin mereka lakukan setiap tahunnya, tidak tanggung–tanggung, jumlah manusia yang dikorbankan berkisar 20.000 orang!

Suku Aztec sendiri mulai dikenal ketika pasukan penjajah spanyol mendarat di amerika pada abad ke 16, tepatnya di daerah yang sekarang masuk wilayah negara Meksiko.

Walaupun terlanjur populer sebagai suku yang kejam, berikut beberapa fakta lain dari suku Aztec yang mungkin belum anda ketahui.

Penamaan Suku


Dalam pengertian bahasa suku Aztec, kata ‘Aztec’ berarti orang–orang yang berasal dari Aztlán, dan nama Aztec sendiri bukanlah nama asli suku tersebut karena mereka menamai diri mereka dengan sebutan Mehika, Meshika atau Mexica. Pasukan spanyol-lah yang menamai mereka dengan sebutan Aztec

Jenis Alat Tukar


Jenis alat tukar yang digunakan suku Aztec ada dua macam, untuk pembelian kecil dilakukan dengan biji kakao atau biji cokelat, sedangkan pembelian dalam jumlah besar menggunakan semacam kain katun yang disebut quachtli

Pendidikan Dini


Salah satu penyebab yang menyebabkan suku ini begitu populer adalah, mereka sudah mewajibkan anak untuk sekolah, walaupun ada jenjang antara anak kelas bangsawan dengan anak para pekerja. Anak – anak dari kelas bangsawan akan diajarkan tentang tanggung–jawab, kewarganegaraan, dan ketrampilan hidup. Mereka menghadiri kelas yang disebut calmecac.

Sedangkan untuk anak para pekerja dan buruh, mereka menghadiri kelas telpochcalli, di sana anak – anak tersebut akan diajarkan tentang ketrampilan bekerja, perang, sejarah, kewarganegaraan yang baik dan agama, namun untuk anak perempuan hanya diajarkan untuk menikah.

Makanan


Jagung adalah sumber makanan utama suku Aztec, selain itu mereka juga mengonsumsi alpukat, tomat, tamale (hidangan khas meksiko berupa parutan daging babi dan lain lain), tortilla, sayuran, daging, cabai, dan cokelat.

Mainan Anak–Anak


Anak–anak suku Aztec biasa memainkan permainan yang disebut dengan tlachtli, yaitu permainan yang lebih mirip basket dikombinasikan dengan sepakbola. Selain itu mereka juga memainkan permainan judi dengan menggunakan kacang kering dan kerikil, permainan ini biasa dinamakan patolli.

Hukum Yang Berlaku


Dalam penerapan hukum di masyarakat, Kepala suku atau Raja suku Aztec berkuasa penuh sebagai penentu benar atau salah dalam suatu kasus, yang berarti kepala suku adalah hakim dan rakyat sebagai juri.

Mengenal Tulisan


Suku Aztec mengenal tulisan dalam bentuk gambar gambar tertentu yang disebut dengan Nuhuatl, dan di sini hanya beberapa orang saja yang bisa serta memang punya hak untuk menulis, salah satunya adalah para pendeta.

Perang


Perang adalah hal yang sangat diagung–agungkan oleh suku Aztec, bahkan semua anak–anak dilatih untuk bertempur.

Kalender


Keunikan lain dari suku Aztec adalah mereka memiliki dua kalender yang berbeda. Satu untuk menemtukan waktu, hari tanggal, tahun. Dan satunya lagi digunakan untuk menentukan hari festival keagamaan.

Kedudukan Agama


Agama memiliki kedudukan yang tinggi dalam kehidupan suku Aztec. Dan musik begitu mendominasi pada setiap festival keagamaan yang digelar. Mereka biasa menggunakan instrumen dari kerang, tanduk, lonceng dan drum.

Dalam kehidupan suku yang begitu barbar pun masih ada hal positif yang dapat diambil dari mereka, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.