Thursday, June 1, 2017

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan - Menjalankan bisnis rumahan merupakan pilihan tersendiri bagi sebagian orang. Terkadang kesibukan kerja di kantor memotivasi seseorang untuk memiliki bisnis sampingan yang bisa dikerjakan di rumah dengan harapan bisnis sampingan tadi dapat berubah menjadi bisnis besar dan mendapatkan keuntungan yang mampu mencukupi kebutuhan keluarga.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan

Merencanakan sebuah bisnis rumahan memang mudah tapi untuk merealisasikannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak sedikit bisnis rumahan yang akhirnya gulung tikar, ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah bisnis tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Nah, buat anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan, berikut ada 5 tips sukses menjalankan bisnis rumahan agar bisnis anda dapat berjalan sesuai harapan.

1. Ukur kemampuan diri

Sebelum memutuskan menjalankan sebuah bisnis rumahan, sebaiknya ukur dulu kemampuan diri sendiri. Jangan pernah memaksakan diri menjalankan sebuah usaha dimana anda tidak punya kemampuan untuk menjalankannya. Jika dipaksakan maka akan menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnis yang anda jalankan.

2. Rencanakan bisnis dengan matang

Menjalankan sebuah bisnis rumahan tidak boleh asal-asalan. Yang namanya bisnis ya tetap bisnis, harus dijalankan dengan perencanaan yang matang. Lakukan survey sederhana untuk menentukan produk atau jasa apa yang akan anda jual, berapa modal yang dibutuhkan, siapa target pasar anda dan bagaimana tingkat persaingannya.

Setelah semua informasi terkumpul dengan lengkap barulah anda bisa menentukan cara promosi yang ideal untuk memperkenalkan usaha anda pada masyarakat.

3. Siapkan Anggaran

Bisnis yang sehat membutuhkan anggaran yang sehat pula, ketika anggaran tidak mencukupi maka bisnis akan berjalan tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu hitunglah anggaran bisnis apa saja yang perlu disiapkan meskipun baru sekedar estimasi atau perkiraan saja. Masukkan juga dana cadangan kedalam anggaran sebagai antisipasi untuk hal-hal yang diluar prediksi. Dengan demikian anda dapat mengetahui kapan bisnis rumahan anda siap dijalankan.

4. Lengkapi legalitas usaha

Kita tentunya ingin usaha sampingan yang kita jalankan dapat berkembang menjadi bisnis yang besar. Oleh karena itu siapkan legalitas usaha sedini mungkin seperti NPWP, SIUP, ijin HO dan beberapa legalitas usaha lainnya.

5. Onlinekan Bisnis Anda

Meskipun bisnis rumahan anda dijalankan secara offline, ada baiknya anda tetap menggunakan internet sebagai media untuk mempromosikan bisnis rumahan anda. Sudah tidak terhitung banyaknya usaha yang menjadi sukses setelah go online, dan andapun mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa sukses dengan cara yang sama.

Artikel Terkait

If it's just a game, at least be brave enough to run towards the guns and die