Friday, June 2, 2017

Tips Menjadi Karyawan yang Produktif

Tips Menjadi Karyawan yang Produktif – Produktivitas karyawan menjadi faktor penentu pencapaian bisnis sebuah perusahaan. Produktivitas merupakan kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan input yang digunakan. Seorang karyawan dapat dikatakan produktif bila mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai yang diharapkan dalam waktu singkat atau tepat sesuai dengan target.

Tips Menjadi Karyawan yang Produktif

Produktivitas dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pendidikan dan keterampilan, motivasi dan etos kerja, serta gizi dan kesehatan karyawan. Faktor ketiga inilah yang cenderung dilupakan oleh seorang karyawan [terkadang juga dilupakan oleh pimpinan maupun perusahaan], sebagai salah satu upaya yang harus dijaga untuk meningkatkan produktivitas kerjanya. Karyawan cenderung difokuskan pada peningkatan keterampilan [hard competencies] dan pemeliharaan etos kerja [soft competencies] saja. Pemeliharaan kesehatan dengan memperhatikan asupan gizi seimbang diabaikan, termasuk melalaikan upaya menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, serta melupakan usaha-usaha penyeimbang kehidupan seperti menjalani hobi dan kegemaran. Padahal, semua hal ini layak dan idealnya dilakukan dengan tujuan memelihara kesehatan dan meningkatkan kebugaran, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas.

Melihat kehidupan pekerja kantor kota besar, tampak bahwa bekerja sampai malam hari sudah menjadi semacam gaya hidup. Kita sering melihat ada sebagian karyawan yang rela bekerja menyelesaikan tugas dengan tidak memperdulikan kehidupan sosialnya. Padahal bekerja sampai larut malam membuat kita kehilangan momen atau peristiwa yang menyenangkan untuk disyukuri bersama keluarga dan teman.

Perlu diketahui bahwa ternyata kebanyakan orang dapat sukses dalam karier justru didorong oleh kemampuan untuk dapat menyeimbangkan antara kehidupan sosial dan pekerjaannya. Dari berbagai sumber, disimpulkan ada lima langkah mudah agar kita memiliki kehidupan yang seimbang untuk menjadi orang yang sukses:

Membuat skala prioritas


Untuk memperoleh kehidupan yang seimbang, kita perlu membuat skala prioritas, hal penting manakah yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Jika kita bisa mengatur waktu dengan baik dan dapat menyelesaikan semua pekerjaan tepat pada jadwalnya, niscaya kita akan dapat memanfaatkan waktu untuk merasakan berbagai sisi kehidupan selain dunia kerja. Cobalah atur agenda kerja Anda menit demi menit, dari mulai yang termudah hingga tersulit, lalu mulai kerjanya satu per satu. Batasi waktu kerja dalam sehari. Selesai atau tidak, kecuali memang adan yang urgen dilakukan, segera kuatkan niat untuk pulang ke rumah dan teruskan esok hari.

Pekerja keras tidak harus bekerja sampai larut malam


Banyak orang menyelesaikan tugas kantor sampai larut malam, hampir setiap hari. Dan jika kita beranggapan bahwa hal ini adalah bagian dari usaha bekerja keras maka kita perlu berpikir kembali. Sebenarnya banyak atasan [manager] yang melihat orang bekerja sampai larut malam adalah pekerja yang dianggap tidak mempunyai kemampuan mengelola waktu kerja. Karyawan perlu belajar berusaha menyelesaikan semua pekerjaan pada waktu jam kerja normal agar memperoleh pola kehidupan yang seimbang. Kerjakan yang terpenting lebih dahulu, dan selalu usahakan pulang pada waktunya.

Ambil waktu berlibur


Waktu akhir pekan atau hari libur adalah saat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga atau handai taulan. Tunda segala macam pekerjaan dan ambil kesempatan berlibur untu istirahat dan refreshing. Untuk itulah karyawan mendapatan cuti. Atur agenda libur dan cuti Anda agar waktu tidak terbuang sia-sia dan malah mendatangkan kelesuan serta harus dapat dinikmati dan disyukuri.

Konsultasi dengan atasan Anda


Jika Anda merasa menerima beban pekerjaan yang terlalu berat atau terlalu padat, maka cobalah segera berkonsultasi dengan atasan. Berhati-hatilah saat menyampaikan alasannya agar atasan dapat mengerti dan melakukan penyesuaian. Setelah itu, berkomitmenlah untuk melakukan dan menyelesaikan semua pekerjaan yang ditugaskan dengan baik dan tepat waktu.

Pola hidup yang seimbang


Kita perlu belajar bahwa pola hidup yang seimbang itu penting dan menyenangkan. Banyak orang membuktikan bahwa kesuksesan dan kebahagiaan tidak hanya datang dari sebuah prestasi atau karier di kantor, tetapi juga dari pencapaian-pencapaian di kehidupan bersaman dengan orang-orang yang kita cintai. Keluarga adalah sumber energi yang luar biasa bagi kesuksesan seseorang.

Demikianlah beberapa tips menjadi karyawan yang produktif, sehat, bugar, dan seimbang antara kehidupan kantor dan kehidupan sosialnya.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.