Thursday, June 8, 2017

Sifat Positif Hewan yang Perlu dicontoh Manusia

Sifat Positif Hewan yang Perlu dicontoh Manusia - Manusia dan hewan adalah sama-sama ciptaan Tuhan yang menghuni planet kita ini. Jika dilihat dari derajatnya, pasti manusia lebih tinggi daripada hewan. Sebab Tuhan memberikan akal pikiran kepada Manusia. Sedangkan hal akal pikiran tak dimiliki hewan karena mereka berpikir dengan menggunakan naluri atau insting.

Sifat Positif Hewan yang Perlu dicontoh Manusia

Namun bukan berarti Tuhan menciptakan hewan tanpa alasan. Ya, meski tak dianugerahi akal pikiran, tetapi binatang masih bisa berpikir bahkan memiliki sifat baik. Nah, sifat baik dari binatang inilah yang seharusnya di contoh oleh manusia agar menjadi manusia yang sebenarnya. Nah sahabat di sini kami memiliki beberapa daftar sifat positif pada hewan yang perlu kita contoh.

1. Sifat setia Anjing perlu dicontoh manusia

Pasti kalian sudah tahu bahwa Anjing merupakan hewan paling setia kepada majikannya. Makanya tak mengherankan apabila banyak orang yang suka memelihara binatang ini. Dari sini kita bisa mengambil pelajaran berharga dari sifat Anjing tersebut.

Sifat setia memang tak banyak orang memilikinya. Sebagai contoh sederhana adalah pasangan kekasih. Sudah berapa ratus orang yang berkhianat kepada pasangannya sendiri. Itu membuktikan bahwa sifat setia yang ada pada diri manusia sangat tipis. Contohlah seekor Anjing yang tetap setia baik kepada pasangannya maupun majikannya.

2. Jiwa sosial yang ada pada diri Semut

Banyak orang menganggap bahwa Semut termasuk hewan lemah, kecil, dan (nyaris) tak berguna. Jika kamu juga berpikir demikian, segera tarik kembali ucapanmu. Sebab meski berbadan kecil, tetapi masih ada sifat baik yang bisa teladani dari binatang yang nyaris ada dimana saja ini.

Jiwa sosial dan gotong royong pada diri Semut memang tak bisa dibantah lagi. Mereka akan saling membantu apabila ada satu Semut yang kesusahan. Begitu pula ketika dapat makanan. Pasukan Semut akan berbaris rapi membawa makanan untuk dimakan atau disimpan.

Belum lagi ketika kamu berpikir ada Semut sering bertabrakan. Sebenarnya mereka tidak sedang bertabrakan. Yang benar adalah mereka saling menyapa ketika bertemu. Lalu bagaimana jiwa sosial yang ada pada diri manusia saat ini? Silahkan renungkan dan lihatlah diri anda sendiri.

3. Gajah yang memiliki sifat saling memaafkan

Jika di nomor dua adalah hewan kecil, maka yang satu ini adalah hewan besar. Dengan berat badannya yang di atas rata-rata, Gajah memang identik dengan kelemotan dalam berjalan, belalai panjang, dan telinga besarnya. Tapi apakah tidak ada sifat yang bisa kita tiru dari hewan besar ini?

Ada dan pastinya sangat berguna bagi umat manusia. Hewan bertubuh gemuk ini memang cukup pintar dan tidak terlalu sulit untuk menjinakkannya. Belum lagi Gajah juga termasuk hewan yang mudah akrab dengan manusia meskipun manusia itu sendiri telah membunuh anggota keluarganya.

Hal ini mencerminkan bahwa Gajah memiliki sifat memaafkan. Salah satu sifat yang sepertinya jarang dimiliki manusia karena memang tak mudah untuk memaafkan sesuatu.

4. Singa dengan keberanian dan kekuatannya

Salah satu sifat buruk manusia adalah ragu-ragu dan terlalu takut dalam mengambil keputusan. Padahal jiwa seperti itu melambangkan pengecut yang tak mau menerima resikonya. Sebaiknya contohlah si raja hutan ini. Jangan dilihat dari sisi negatifnya yang sering memangsa hewan tak bersalah. Tapi ambil pelajaran dari sifat baiknya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Singa memiliki kekuatan dan keberanian yang membuatnya ditakuti semua hewan. Hal seperti inilah yang harusnya ada pada diri manusia. Kita harus memiliki keberanian untuk segera mengambil keputusan, dan kekuatan untuk menghadapi resiko yang telah kita pilih.

5. Semua sifat Lebah

Jika kamu diberi pertanyaan tentang apa hewan terbaik yang pernah diciptakan Tuhan? Jawabannya bukan Kucing maupun Anjing, tetapi Lebah. Mengapa demikian? Sebab hampir semua yang dilakukan hewan ini selalu baik. Biar gampang menjelaskannya, inilah sifat baik dari seekor Lebah :

  • Lebah hanya memakan makanan yang baik, yakni madu pada bunga.
  • Setelah menghisap madu, Lebah akan meninggalkan sesuatu yang bermanfaat, yaitu ikut membantu penyerbukan pada bunga tersebut.
  • Salah satu fakta mencengangkan dari hewan ini adalah Lebah tak pernah merusak bunga yang ia hinggapi. Bahkan konon hingga saat ini belum pernah ada satu pun daun yang jatuh karena ulah lebah.
  • Lebah hanya menyengat apabila diganggu.
  • Lebah memiliki satu Ratu Lebah dan selalu patuh kepada sang ratu.
  • Serangga kecil ini memproduksi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi manusia, yakni madu.

Dengan begitu banyaknya sifat baik Lebah, tak mengherankan apabila nama hewan ini dituliskan dalam kita suci Al Qur’an. Itu menandakan bahwa Tuhan menciptakan Lebah supaya manusia mencontoh perilakunya.

Well, setelah kamu membaca artikel ini, semoga kalian lebih menghargai dan mencontoh sifat baik binatang yang sebelumnya tak pernah kamu pikirkan.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.