Saturday, June 10, 2017

Purel Itu Apa Sih

Purel adalah singkatan dari public relation, yang mempunyai arti hubungan masyarakat/humas. Namun dalam dunia malam istilah purel juga dipakai untuk menyebut Pemandu Lagu (PL) ditempat-tempat karaoke atau Pemandu Tamu ditempat-tempat hiburan.

Purel Itu Apa Sih

Entah mulai kapan dan dari mana istilah Purel disalah artikan menjadi sebutan wanita malam. Padahal purel dalam makna sebenarnya hubungan masyarakat mempunyai tugas yang sangat luas. Mungkin karena sama-sama hubungannya dengan masyarakat cuma beda jumlah, model dan bentuk hubungannya saja sehingga istilah purel serasa pas dilekatkan ke seorang pemandu lagu.

Tugas Purel sesungguhnya:

Melaksanakan Hubungan ke dalam, yaitu pemberian pengertian tentang segala hal mengenai Perusahaan“Internal Public” yaitu para karyawan.

Melakukan hubungan ke luar, yaitu pemberian informasi tentang segala hal mengenai perusahaan terhadap “External Public” yaitu masyarakat pada umumnya.

Melakukan pembinaan serta bimbingan untuk mengembangkan Kehumasan sebagai medium penerangan.

Meyelenggarakan Koordinasi Integrasi dan Sinkronisasi serta kerjasama kegiatan Hubungan Masyarakat untuk penyempurnaan pelayanan penerangan terhadap umum.

Bandingkan dengan tugas Purel abal-abal:

Melayani tamu (mengambilkan makan, minum, rokok dll)

Menemani Karaoke

Ngobrol dan bersenda gurau dengan tamu

Memuaskan tamu (negatif dan positif) ambil yang positif saja.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.