Friday, June 9, 2017

Penyebab Banjir Keringat Saat Tidur

Penyebab Banjir Keringat Saat Tidur - Tidur merupakan salah satu kegiatan rutin yang harus kamu lakukan setiap harinya. Saat kamu tidur tubuh melakukan relaksasi dan mengembalikan kondisi tubuh pada kondisi terbaiknya.

Penyebab Banjir Keringat Saat Tidur

Namun pernahkah hal ini terjadi pada kamu, yaitu kamu terbangun dari tidur, dan mendapati kondisi tubuh yang basah akibat keringat. Ya, Jika sekali dua kali, mungkin tidak perlu di khawatirkan. Namun, jika hal ini terjadi secara berulang, dan bahkan hampir tiap bangun tidur, bisa jadi hal ini berhubungan dengan kondisi kesehatanmu.

Ada beberapa hal yang memicu seseorang bisa banjir keringat di kala bangun tidur. Jika ingin mengetahui informasi detailnya, silahkan disimak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Suhu yang hangat

Penyebab mandi keringat saat bangun tidur yang pertama adalah temperatur tubuh yang meningkat. Peningkatan temperatur bukan tanpa asalan, melainkan karena lingkungan sekitar yang bersuhu hangat.

Terlebih jika kamu nekat berselimut tebal saat temperatur sedang meninggi, maka tidak mengejutkan jika tubuhmu akan basah akibat keringatan. Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin untuk mengurangi suhu yang terlalu panas atau hangat tersebut.

2. Kelainan saat tidur

Penyebab banjir keringat saat tidur yang selanjutnya adalah karena adanya kelainan tidur. Hal ini juga disebut dengan gejala sleep apnea, dimana seseorang menjadi sulit bernapas. Alhasil usaha yang kita keluarkan saat bernapas tentu akan lebih berat dari biasanya. Hal ini memicu keluarnya banyak keringat ketika tidur.

3. Gelisah

Terutama pada anak- anak, terlebih mereka yang masih balita, maka kelainan dalam pernapasan sangat mungkin terjadi akibat rasa gelisah. Anak- anak sering terbangun dengan keadaan basah akibat banyaknya keringat yang keluar, ditambah lagi dengan muka yang memerah.

Hal di atas tentu perlu tinjauan lebih lanjut terlebih jika tidurnya disertai dengan mendengkur serta hadirnya kelainan tidur yang lain.

4. Menopause

Penyebab mandi keringat pada wanita, bisa beda lagi alasannya. Pada wanita dengan usia tertentu, bisa terjadi akibat tahap transisi menuju awal menopause. Selain itu, mereka juga bisa beresiko terkena sleep apnea 10 kali lipat saat kehilangan 2 hormon penting dalam tubuh. 2 hormon tersebut adalah hormon estrogen dan progesteron.

5. Alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman yang banyak dihindari karena dampak negatifnya pada kesehatan. Mereka yang sering berkeringat ketika tidur, bisa jadi akibat pengaruh konsumsi alkohol.

Alkohol mengandung relaksan otot yang bisa mempengaruhi saluran napas seseorang di bagian atas. Hal ini, dapat menyebabkan munculnya dengkuran atau sleep apnea. Inilah kenapa mengonsumsi alkohol biasanya dikaitkan dengan gejala sleep apnea serta munculnya keringat saat tidur.

6. Mimpi buruk

Bermimpi buruk dapat meningkatkan kecemasan atau rasa takut yang berlebihan di kala tidur. Meski tidak terjadi secara nyata namun tubuh kita tetap akan meresponnya. Mimpi buruk entah mimpi apapun itu, bisa menimbulkan serangan panik yang berakibat seseorang mengeluarkan keringat ketika tidur.

Saat mengalami mimpi buruk, terlebih ketika dalam kondisi post- traumatic stress disorder (PTSD), sebaiknya lakukan perawatan untuk membantu. Bagi anak- anak, serangan mimpi buruk juga bisa menimbulkan keringat berlebih di kala malam.

Berkeringat saat tidur merupakan hal yang cukup sering terjadi. Bahkan kamu pun pasti pernah mengalaminya. Jangan panik, namun juga perlu perhatikan hal- hal di atas. Terimakasih, dan semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.