Friday, June 2, 2017

Penggunaan Kata Bahasa Indonesia yang Sering Salah Diucapkan

Penggunaan Kata Bahasa Indonesia yang Sering Salah Diucapkan - Kita hidup dan tinggal di negara Indonesia, maka dari itu kita harus menggunakan bahasa yang telah di pergunakan oleh negara ini. Berbicara tentang bahasa, banyak sekali para menurut ahli mendefinisikannya dengan kata–kata yang berbeda walaupun berbeda kata–kata nya, namun arti dari semuanya bersifat sama dan saling terhubung. Secara sederhana, bahasa sendiri dapat diartikan bahwa bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang ingin kita sampaikan di dalam hati.

Penggunaan Kata Bahasa Indonesia yang Sering Salah Diucapkan

Tetapi, untuk secara umum, bahasa diartikan sebagai alat untuk berkomunikasi antar sesama manusia untuk menyampaikan gagasan, konsep, pikiran dan juga perasaan. Di zaman saat ini, telah banyak penggunaan bahasa oleh negara – negara di dunia. Penggunaan bahasa juga berbeda – beda antar dunia, namun saat ini bahasa umum yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Berada di Indonesia, maka kita pun harus berbicara dan bisa mengucapkan bahasa umum yang dimiliki Indonesia. Namun, walaupun kita yakin bahwa pengucapan bahasa sehari – kita sudah benar ternyata hal itu salah. Terdapat penggunaan kata – kata bahasa Indonesia yang masih kita salah dalam mengucapkan atau menuliskannya. Seperti 20 kata bahasa Indonesia ini.

1. Ramadhan yang benar adalah Ramadan


Ramadhan yang benar adalah Ramadan

Nah, mumpung sebentar lagi mendekati bulan suci, maka kamu jangan sampai salah dalam menyebutkan kata bulan suci Ramadan ini, karena banyak sekali warga Indonesia yang menggunakan kata Ramadhan dalam pengucapan, penulisan dan bahkan iklan dalam tv.

2. Frustasi yang benar adalah Frustrasi


Frustasi yang benar adalah Frustrasi

Jika kamu sedang mengalami frustrasi dan lalu kamu segera membuat status di media sosial seperti ini “Aku lagi Frustasi nih” maka status kamu perlu untuk dirubah! dan buruan ganti kata Frustasi dengan Frustrasi.

3. Alumnus yang benar adalah Alumni


Alumnus yang benar adalah Alumni

Jika kamu adalah seorang Alumni dari sebuah SMA tempatmu bersekolah, maka kamu harus berhati – hati ya dalam pengucapannya, karena banyak siswa – siswi yang berkata “Gue Bekas Alumnus disini.” nahh jangan mengikuti kata yang salah seperti itu yaa.

4. BUS yang benar adalah BIS


BUS yang benar adalah BIS

Kalau kamu sedang pulang kekampung biasanya naik apa? banyak siswa – siswi yang pulang kekampungnya dengan naik mobil BIS. Maka dari itu untuk kamu yang pulang kampungnya naik BIS jangan sampe salah mengucapkan katanya.

5. Jerigen yang benar adalah Jeriken


Jerigen yang benar adalah Jeriken

Ini nih yang paling fatal sekali di Indonesia, Jerigen atau tempat wadah seperti drum ini ternyata salah penggunaan kata jerigennya dalam bahasa Indonesia yang baik. Yang benar adalah Jeriken.

6. Lembab yang benar adalah Lembap


Lembab yang benar adalah Lembap

Kalau ini mungkin sudah banyak yang tau, penggunaan kata Lembab ternyata salah dalam bahasa Indonesia yang benar, dan yang benar adalah Lembap

7. Terlanjur yang benar adalah Telanjur


Terlanjur yang benar adalah Telanjur

Terlanjur mencintaimu.. haha ternyata salah tuh katanya, yang benar adalah Telanjut mencintaimu.

8. Hembus yang benar adalah Embus


Hembus yang benar adalah Embus

Hembusan angin yang kencang ini seperti menusuk jantungku.. Salahhh say, yang benar adalah Embus bukan Hembus.

9. Goa yang benar adalah Gua


Goa yang benar adalah Gua

Pernah melihat Goa? kalau tidak bisa dilihat di google hehe. Ternyata penggunakan kata Goa itu salah dan yang benar adalah Gua, bukan Gua nama lain dari Aku yaa.

Nah, sekarang udah tau kan penggunaan kata bahasa Indonesia yang masih sering diucapkan, jika sudah tau maka share ini keteman-teman kamu agar tidak salah lagi dalam mengucapkan kata bahasa negara kita ini.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.