Thursday, June 1, 2017

Nama Lain Untuk Menyebutkan Negara Indonesia

Nama Lain Untuk Menyebutkan Negara Indonesia - Dari sejarah penamaan Negara kita, disebutkan penamaan Indonesia berasal dari bahasa yunani yaitu dari kata “Indo” dan “Nesie” yang jika diterjemahkan menjadi Kepulauan Hindia, Kata Indonesia dulu mulai dipergunakan pada tahun 1869 oleh James Richardson Logan, seorang Pengacara dan etnolog yang berasal dari Inggris.

Nama Lain Untuk Menyebutkan Negara Indonesia

Diduga awal berkembangnya nama Indonesia karena Logan mencantumkan Nama tersebut dalam buku yang berjudul “The Indian Archipelago and Eastern Asia” yang ditulis dalam Jurnal Asiatic Society of Bengal yang mulai diterbitkan pada tahun 1849 lalu.

Sebelum dikenalnya nama Indonesia, dulu Negara kita punya 5 Nama berbeda, apa saja itu? Berikut Nama Lain Untuk Menyebutkan Negara Indonesia.

1. Hindia

Nama Hindia sepertinya nama awal yang dicetuskan sebemul dikenalnya Indonesia, Hindia dipakai mulai tahun 425 SM yang dicetuskan oleh Herodotus, seorang Pakar Sejarah kebangsaan yang berasal dari Yunani.

2. Naderlandsch Oost-Indie atau Nederlandsch Indie

Cukup panjang bukan? pengenalan nama “Naderlandsch Oost-Indie atau Nederlandsch Indie” dipakai pada tahun 1596. Nama ini diperkenalkan oleh Cornelis de Houtman saat masuk ke Indonesia dengan membawa pasukanya untuk pertama kali.

3. Insulinde

“Insulinde” Nama lain yang digunakan untuk menyebutkan Indonesia dengan pelogatan Belanda Kata Insulinde berasal dari dua suku kata yaitu Insula dan Indus yang berarti Kepulauan Hindia, diperkenalkan oleh Eduard Douwes Dekker atau Multatuli seperti yang dituliskan dalam bukunya yang berjudul Max Havelar yang populer pada tahun 1860-an.

4. The Malay Archipelago

Di tahun 1869, Alfred Russel Wallace sempat singgah di Indonesia dan sempat memberikan nama “The Malay Archipelago” yang secara garis besar diartikan sebagai “Pemerintah melayu Untuk Pulau dan Laut” selain itu orang yang dikenal sebagai ahli Biologi Evolusi ini juga terkenal akan Garis Wallacenya yang membagi pengelompokan Fauna Indonesia Barat dan Timur.

5. Nusantara

Penggunaan nama Nusantara sebenarnya bahkan hingga kini masih sering diucapkan, dari segi bahasa Nusantara dapat diartikan sebagai Negara Kepulauan, atau adapula yang mengartikan dengan Pulau yang berada diantara samudra. Bahkan nama Nusantara juga dituliskan dalam kitab Negarakertagama yang digunakan untuk menyebutkan Pulau kecil diluar Jawa.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.