Saturday, June 3, 2017

Misteri Peradaban Kota yang Hilang

Misteri Peradaban Kota yang Hilang - Pada zaman dahulu, ternyata tidak sedikit beberapa wilayah yang sebagian besar tergolong maju dan kemudian pada suatu waktu, wilayah tersebut lenyap. Ada beberapa penyebab lenyapnya kota-kota tersebut. Berikut ini, saya akan mengulasnya.

Misteri Peradaban Kota yang Hilang

1. Mesir Kuno


Mesir Kuno

Mesir Kuno merupakan suatu peradaban kuno di bagian timur laut Afrika yang mencapai kejayaannya sekitar abad ke-2 SM. Peradaban tersebut berkembang selama kurang lebih 3 1/5 abad dan dikenal sebagai masa kerajaan baru. Selanjutnya, peradaban tersebut mulai mengalami kemunduran akibat telah ditaklukkan oleh kekuatan-kekuatan asing pada periode akhir.

Dengan demikian, kekuasaan Fir'aun pun secara resmi dianggap berakhir pada sekitar abad 31 SM, ketika Kekaisaran Romawi menaklukkan dan menjadikannya sebagai bagian dari Provinsi Romawi. Meskipun hal ini bukanlah pendudukan asing pertama di Mesir, namun periode ini menimbulkan suatu perubahan politik dan agama secara bertahap di lembah Sungai Nil. Hal itu, secara efektif juga menandai berkahirnya peradaban di Mesir.

2. Kota Kuno di Bawah Laut



Kota kuno di dasar laut tersebut ditemukan di Teluk Khambhat, Semenanjung Gujarat. Artefak yang ditemukan oleh anggota riset di dasar samudra meliputi gigi manusia yang sudah tidak lengkap lagi, tulang hewan, serta potongan peninggalan dari kayu dan keramik. Selain itu, juga terdapat tangga, kamar mandiin dan pura.

Adapun, mineral karbon yang ada menunjukkan bahwa artefak tersebut diperkirakan telah ada sejak 9.000 tahun yang lalu.

3. Lemuria


Lemuria

Lemuria atau Mu diduga terletak di Samudra Pasifik dan merupakan peradaban kuno yang muncul terlebih dahulu sebelum Peradaban Atlantis. Yaitu, muncul sekitar periode 75.000-11.000 SM.

Di samping itu, keadaan Lemuria digambarkan sangat mirip dengan Peradaban Atlantis. Sebab, keduanya sama-sama memiliki tanah subur, masyarakat makmur, dan penguasaan terhadap beberapa cabang ilmu pengetahuan yang mendalam. Akan tetapi, akhirnya sebuah bencana gempa bumi dan air bah dahsyat meluluhlantahkan dan menenggelamkan peradaban maju masa silam tersebut.

4. Angkor Wat


Angkor Wat

Angkor Wat adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di Kota Angkor, Kamboja. Kuil tersebut dianggap sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Ia dibangun oleh Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12.

Pada zaman dahulu, Angkor Wat merupakan sebuah kota pra-industri terbesar dan kuil terkenal di dunia. Kini, karena letaknya ada di sekitar hutan dan ladang dekat Siem Reap, sebagian puing kuil pun akhirnya ditumbuhi pepohonan besar dan akar-akar.

Saat ini, Angkor Wat merupakan merupakan salah satu warisan dunia UNESCO yang dipadati pengunjung sekitar satu juta orang per tahun.

5. Petra


Petra

Petra merupakan istana yang dipahat di sebuah bukit batu di Yordania. Kota tersebut diperkirakan dihuni sejak abad ke-2 M. Ia didirikan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter. Dengan begitu, kota tersebut sulit ditembus oleh musuh dan aman dari bencana alam, seperti badai pasir.

Terdapat sebuah bangunan yang disebut El-Deir yang oleh arkeolog diperkirakan sebagai kuil pemujaan. Pada tahun 1985, Petra termasuk salah sati situs warisan dunia UNESCO.

6. El Dorado


 El Dorado

Kota tersebut diperkirakan terletak di pedalaman Amerika Selatan dan menjadi salah satu kota paling terkenal dari semua legendaris di Kolombia. Satu-satunya bukti tentang keberadaan kota tersebut adalah legenda suku Chibcha yang hidup 500 tahun lalu. Suku Chibcha adalah sub suku Indian di Amerika Selatan yang memuja Dewa Matahari.

Kabarnya, kota tersebut adalah sebuah kerajaan mistis yang dipimpin oleh seorang raja yang tangguh dan memiliki emas berlimpah.

7. Palmyra


Palmyra

Kota Palmyra atau yang disebut Tadmor tersebut berada di tengah-tengah antara Laut Mediterania dan Sungai Eufrat. Dahulu, kota tersebut termasuk kota dagang yang sibuk selama kurang lebih 1.000 tahun. Karena lokasinya yang strategis, kota yang makmur pada abad ke-2 SM tersebut akhirnya menjadi jajahan bangsa Romawi.

8. Palenque


Palenque

Inilah kota besar bangsa Indian Maya yang pertama. Kota tersebut terletak di tengah hutan lebat di tenggara Meksiko, berbatasan dengan Guatemala.

Diperkirakan oleh para ahli bahwa Palenque telah ditempati oleh bangsa Maya sejak 3000 tahun yang lalu. Kota bersejarah tersebut tidak terlalu besar, tetapi bangunan di dalamnya memiliki arsitektur yang indah dengan patung dan ukiran yang megah.

Selain itu, bangsa Maya juga membangun kota besar lainnya, seperti Tikal yang menjadi kota kosmopolitan pada masanya.

9. Mohenjo Daro


Mohenjo Daro

Kota tersebut dibangun pada sekitar 26.000 SM dan menjadi salah satu pemukiman kota pertama di dunia. Pada puncak kejayaannya, kota tersebut didiami sekitar 35.000 orang. Bangunan-bangunan yang ada di sana sangat maju dengan struktur-struktur yang terdiri atas batu-bata yang terbuat dari lumpur. Namun, tanpa sebab yang jelas, peradaban kota lenyap tanpa jejak hingga ditemukan kembali pada 1920-an.

10. Tanis


Tanis

Kota yang pernah menjadi ibukota Mesir Kuno tersebut termasuk salah satu kota paling misterius di dunia. Di kota inilah mumi keluarga Kerajaan Mesir ditemukan. Situs bersejarah yang masih terkubur di perut bumi itu terdeteksi lewat bantuan pengindraan infra merah satelit NASA di Birmingham (Inggris). Para arkeolog memperkirakan ada 1.000 makam dan 3.000 pemukiman purba di sekitar area piramida.

Artikel Terkait

If it's just a game, at least be brave enough to run towards the guns and die