Saturday, June 3, 2017

Manfaat Air dalam Kehidupan Manusia

Manfaat Air dalam Kehidupan Manusia - Salah satu kebutuhan krusial makhluk hidup khususnya manusia yang tidak bisa dipisahkan adalah air atau cairan. Sebenarnya tidak hanya bagi manusia saja, air juga penting bagi makhluk hidup lain seperti tumbuhan, hewan, bahkan mikroorganisme yang tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang. Bisa dibilang, tanpa air tak ada kehidupan.

Manfaat Air dalam Kehidupan Manusia

Air memainkan peranan yang sama pentingnya dengan udara dengan kandungan oksigen di dalamnya. Tanpa keduanya, manusia tidak akan bisa bertahan hidup meski hanya 3 menit saja.

Berikut ini beberapa Manfaat Air dalam Kehidupan Manusia.


1. Cairan tubuh manusia

Ingat kan bahwa komposisi tubuh manusia, 73% -nya terdiri atas cairan? Ini menunjukkan cairan (air) menjadi satu komposisi utama yang menyusun tubuh manusia.

Memang, semua komponen harus disatukan sehingga bisa bekerja seperti seharusnya. Namun, menyadari bahwa air memegang peranan penting bahkan pada tubuh manusia—atau kita sendiri—juga merupakan hal yang penting agar kita lebih menghargai ketersediaan air yang ada di sekitar kita.

2. Memenuhi kebutuhan sehari-hari

Air mutlak dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia. Dalam skala rumah tangga misalnya air digunakan untuk memasok cairan ke dalam tubuh (baca: minuman), mencuci, mandi, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Dalam skala umum, air digunakan untuk menunjang kebersihan, pengangkutan air limbah, tempat rekreasi dan lain sebagainya.

Dalam skala ekonomi atau perindustrian, air digunakan untuk segala keperluan pabrik sampai pembangkit tenaga listrik.

Air juga dimanfaatkan dalam bidang perdagangan—seperti restoran dan hotel—peternakan, perkebunan, pertanian, sampai bidang pelayaran.

3. Sarana transportasi massa

Coba Anda bayangkan kapal laut tanpa lautan sebagai tempat berlayarnya, apa jadinya? Mungkin namanya bukan lagi kapal laut ya.

Pulau Kalimantan juga memanfaatkan air sebagai sarana transportasi, bahkan disana air memerankan posisi transportasi vital.

Membahas lautan tanpa air pun rasanya mustahil. Sebab, laut disebut sebagai laut karena merupakan kumpulan air yang melimpah.

4. Manfaat air bagi hewan dan tumbuhan

Meski tidak seperti manusia yang diberi akal oleh Tuhan, namun tumbuhan dan hewan juga merupakan makhluk hidup. Makhluk hidup yang memerlukan air agar bisa tetap hidup.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat air bagi hewan.

  • Bagi hewan, air bermanfaat untuk mencerna makanan yang masuk ke tubuh mereka, menghasilkan susu—seperti pada hewan kambing dan sapi sebagai contohnya—dan mengatur temperatur tubuhnya, contohnya pada Kuda Nil yang sengaja berendam di kolam lumpur untuk menurunkan temperatur badannya.
  • Melepas dahaga, kebutuhan krusial makhluk hidup.
  • Sebagai habitat atau tempat tinggal mereka.
  • Sebagai media pembersih, meski mereka hanyalah hewan, tapi secara alami insting mereka mendorong agar kuman penyakit tidak menjangkiti tubuh mereka.

Sedangkan bagi tumbuhan, air tidak kalah pentingnya, seperti berikut ini.

  • Sebagai habitat atau tempat tinggalnya, contohnya bunga teratai dan eceng gondok.
  • Mengangkut unsur hara sampai ke tubuh tumbuhan.
  • Berperan penting dalam proses fotosintesis.
  • Pelarut bagi sebagian zat hara yang penting bagi tumbuhan. Zat hara tersebut nantinya akan didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan.

Menyadari betapa pentingnya air untuk menunjang kehidupan semua makhluk hidup, maka kita sebagai makhluk hidup yang diberi akal memiliki kewajiban untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan air juga untuk menggunakannya sesuai kebutuhan atau tidak boros terhadap air mengingat tidak semua daerah mendapatkan ketersediaan air yang cukup.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.