Monday, June 5, 2017

Keunikan Tentang Kota Yogyakarta

Keunikan Tentang Kota Yogyakarta - Ingin berkunjung ke Yogyakarta atau bahkan sedang berada di Yogyakarta mungkin catatan singkat ini bisa membantu teman-teman semua saat berada di Yogyakarta. Yogyakarta menurut saya memang unik di banding dengan kota-kota lain di Indonesia, Kota Pelajar tentu sudah pada tahu semua kalau di Jogja itu memang sebagai kota pelajar karena banyak pelajar maupun mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang bersekolah di kota ini.

Keunikan Tentang Kota Yogyakarta

Yogyakarta juga sebagai kota budaya karena di Jogja masih secara rutin mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan budaya tradisional adat jawanya.

Tapi apa sich yang menarik dari Jogja selain itu, nah berikut ini saya coba membagi beberapa tempat atau kegiatan-kegiatan yang wajib kita kunjungin saat berada di Yogyakarta dan di jamin tidak mengecewakan lho.

1. FKY (Festival Kesenian Yogyakarta)

Festival Kesenian Yogyakarta

Festival Kesenian Yogyakarta atau lebih familier sebutannya dengan FKY adalah event seni-budaya tahunan yang ada di Provinsi D I Yogyakarta, diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi D I Yogyakarta berlokasi di BVY (Benteng Vederberg Yogyakarta) atau di Titik Nol Kilometer Jogja. Pelaksanaan Festival ini biasanya diadakan saat libut panjang sekolah antara bulan Juni-Juli setiap tahunnya, sesuai dengan namanya Festival ini manimpilkan kegiatan-kegiatan kesenian di Yogyakarta serta pernak-pernik kerajinan tangan dan hasil karya seni lainnya,dipadukan dengan suasana benteng peninggalan Belanda tentu akan menjadi kenangan tersendiri bagi yang berkunjung. Saran saya kalau mengunjungi FKY lebih baik pada saat malam hari karena lebih banyak kegiatan kesenian yang diadakan.

2. Malioboro

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah nama jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta yang terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi dan Jalan Jend. A. Yani, Jalan ini merupakan poros Garis Imaginer Kraton Yogyakarta.

Terdapat beberapa obyek bersejarah di jalan ini antara lain Tugu Kraton, Stasiun Tugu, Gedung Istana Negara, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Jalan ini sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para Seniman-seniman-seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim dan lain-lain disepanjang jalan ini.

3. Candi Yogyakarta

Candi Yogyakarta

Bagi yang senang dengan wisata purbakala di Jogja juga banyak terdapat candi-candi yang wajib dikunjungi yaitu : Candi Ijo yang eksotis di puncak Ijo, Candi Boko yang dipake banyak iklan di TV itu loh, salah satunya iklan Nasional Demokrat, Candi Sambisari yang letaknya dibawah permukaan tanah, Candi Plaosan, Candi persembahan dari Rakai Pikatanuntuk Istrinya Pramodawardhan dan masih banyak lagi.

4. Panorama Alam

Panorama Alam Yogyakarta

Suka berwisata sambil melihat panorama alam, jogja juga punya banyak wisata alam yang menarik diantaranya Pantai Siung, tempat orang orang melakukan panjat tebing sembari menyaksikan pantai pasir putih nan elok, pantai sepanjang, tempat bertelunya para penyu, Pantai Baron,Krakal dan kukup di Gunung Kidul, Pantai Glagah di Kulon Progo. Wisata Pegunungan juga ada tapi untuk sekarang setelah G.Merapi meletus menjadi sangat tandus dan sedang dalam tahap Rehabilitasi, seperti Kaliurang dan Kali Kuning.

5. Keraton Ngayogyakarta

Keraton Ngayogyakarta

Nah kalau ini wajib banget nih dikunjungi, belum lengkap rasanya kalau ke Jogja ga masuk kekeraton ini.

6. Pasar Rakyat Sekaten

Pasar Rakyat Sekaten

Sebuah perayaan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai pestanya rakyat Yogyakarta.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.