Thursday, June 1, 2017

Kebiasaan Buruk yang Menguras Stamina Tubuh

Kebiasaan Buruk yang Menguras Stamina Tubuh – Sebagian kita mungkin pernah mengalami rasa kantuk yang sering datang, kerja baru tiga jam tetapi lelah menderita, makan cukup dan minum cukup tetapi konsentrasi pada tugas mudah buyar. Apabila hal ini terjadi secara berulang, maka produktivitas pun akan berkurang. Ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan sebagian orang dan tanpa disadari akan menguras energi atau stamina tubuh.

Kebiasaan Buruk yang Menguras Stamina Tubuh

Pertama, bergadang. Kebiasan tidur larut malam telah lama dikenal bisa berimbas pada masalah kesehatan. Tubuh lemas, emosi mudah bergejolak, dan susah konsentrasi. Idealnya waktu istirahat untuk orang dewasa adalah 6-8 jam per hari, sedangkan tidur paling baik adalah pukul 21.00 atau 22.00. Namun, karena alasan pekerjaan atau aktivitas lain, banyak orang mempunyai jam tidur kurang dari 6 jam atau tidur setelah larut malam.

Kedua, minim aktivitas fisik atau berolahraga. Kurang olahraga tidak hanya membuat tubuh mudah lemas atau berat badan cepat meningkat akibat penumpukan kalori terus-menerus. Minim aktivitas fisik juga bisa memicu berkurangnya daya tahan tubuh dan membuat tubuh mudah lelah akibat tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik.

Ketiga, terlalu banyak berolahraga. Minim aktivitas berdampak negatif, tetapi terlalu banyak berolahraga juga bisa berdampak buruk bagi tubuh. Paling baik, olahraga dilakukan selama 30 menit per hari, 3 kali dalam seminggu. Namun, banyak orang yang memilih berolahraga hanya saat akhir pekan dalam durasi waktu yang lama. Ternyata hal ini jusrtu menimbulkan semacam stres fisik. Dengan kata lain tubuh yang tidak beraktivitas berat akan terlalu kelelahan. Ini sebenarnya perlu “dibayar” dengan waktu istirahat yang cukup karena tubuh perlu memulihkan kondisi usai berolahraga. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengabaikan hal ini. Kondisi tubuh yang kelelahan akibat aktivitas fisik yang tidak terbayar dengan istirahat cukup justru memicu daya tahan tubuh yang menurun.

Keempat, gadget juga bisa mengganggu waktu istirahat. Kebiasaan memainkan gadget seperti smartphone sebelum tidur tanpa disadari bisa membuat seseorang sulit tidur. Efek ponsel pintar ini seperti efek yang terjadi ketika seseorang tidur dengan televisi atau radio yang menyala. Ini mengakibatkan waktu tidur menjadi tidak berkualitas. Akibatnya, saat bekerja, tubuh terasa lebih lelah dankurang konsentrasi.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.