Monday, June 12, 2017

Jenis-jenis Kualitas Film

Jenis-jenis Kualitas Film - Bagi yang menyukai film tentu tahu dengan situs download film gratis yaitu Indo XXI yang cukup terkenal di Indonesia. Nah, disini saya akan memberikan informasi seputar istilah kualitas film yang sering muncul ketika kita akan mendownload sebuah film.

Jenis-jenis Kualitas Film

Jenis-jenis Kualitas Film


Bluray/HD : Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920x1080 atau 1280x720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.

m-HD : mini/micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280x5xx, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.

BRRip : Ripper dari Bluray. Kualitasnya jauh lebih bagus dari DVDRip namun membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi pula . Jika hardware komputer (VGA dan lain-lain) tidak memadai maka film akan terlihat patah-patah.

DVDRip : yaitu merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720x480 atau 720x576.

TC (Telecine) : yaitu metode pengkopian film digital langsung dari pita. Kualitas suara dan gambarnya sudah sangat baik. Namun karena peralatan yang dibutuhkan untuk merekam telecine ini sangat jarang ditemui dan sudah menjadi langka.

DVDScr : yaitu merupakan dupiklat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVDScr akan ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu kita.

R5 : untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi untuk kualitas suara biasanya agak jelek (cempreng), meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.

CAM : kualitas jenis ini merupakan hasil dari rekaman camera digital, langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.

TS (Telesync) : kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM. Namun kualitas gambar dan suara TS sedikit lebih baik dari CAM karena TS merupakan CAM yang telah dilabel ulang.

Workprint : film yang belum diedit efek visulnya secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

VCD : biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / TVrip (analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil.

PPV : Pay Per View, Jadi bayar setiap kali filmnya, semacam TV Kabel, nah ini di RIP jadi kualitasnya hampir VCDRip --> by anonymous

Biasanya urutan keluarnya sebuah film di internet yaitu sebagai berikut, meskipun tidak selalu :

CAM -> TS -> R5 / DVDScr -> DVDRip -> BRRip

BRRIP 720p itu berarti resolusinya 1280x720 pixel p=pixel. bgtu jg 1080p=1920x1080 pixel.

terus kalau mau nonton film yang sudah bluray murni atau bluray rip ya vga nya jangan yang onboard, kecuali vga onboardnya dari nvidia atau ati/amd itu sudah sangat mumpuni untuk nonton film kualitas HD.

Berdasarkan urutan bagusnya kualitas film

CAM->Workprint->TS->TC->R3->R5->VODRip/PPVRip->VCDRip->DVDScr->VHSRip/DVDRip->BDRip->BRRip->mHD->BluRay/HD

Penjelasan Tambahan


R5=R5 adalah DVD yang dirilis khusus untuk region 5 (area bekas Uni Soviet, India, Africa, North Korea & Mongolia). Perbedaan mendasar R5 dengan versi biasa adalah bahwa versi ini diproduksi dgn transfer langsung telecine / TC tanpa adanya proses pengolahan gambar / rendering / encoding. Karena tidak ada standar khusus untuk bajakan R5 biasanya bajakan versi ini dilabeli dengan Telecines (TC), DVD Screeners (DVDscr), atau bahkan DVDrip. beberapa pe-rilis bajakan versi ini seperti DREAMLiGHT, mVs & PUKKA melabeli rilis mereka dengan ekstensi file ".R5". Perbedaan Blu-Ray Rip : BDRip, BRRip, BDRip.XviD, 1080p.Blu-Ray.x264/720p , Blu-Ray.x264,BDR , Blu-Ray, BD5/BD9:

Sama saja dengan DVDrip hanya saja sumber video diambil dari Blu-ray rilis resmi. BD/BR Rip yang dikemas dalam DVD lebih baik dari DVD-Rip meskipun dengan ukuran yang sama karena berasal dari sumber yang lebih bagus. BD Rips biasanya tersedia dalam rilis berukuran DVD-Rip (biasanya 700MB sampai 1.4GB/film) yang di encoding dalam format XviD dan rilis DVD5/DVD9 (biasanya berukuran 4.5gb++) yang di encoding dalam format x.264. Khusus rilis BD5/BD9 juga kompatibel dgn AVCHD ( = Advanced Video Coding High Definition -- format for the recording and playback of high definition video) sehingga dapat di burn sbg DVD dan di-paly di pemutar Blu-Ray yang kompatibel dgn standar AVCHD.

Kalau berdasarkan ukurannya, setelah saya selidiki dengan berbagai contoh adalah:

  • BluRay/HD 1080p = 1GB-1.7GB (Kualitas Atas/Sangat Bagus)
  • mHD/BluRay 720p = 600Mb-900Mb (Kualitas Atas/Sangat Bagus)
  • DVD Rip = 900Mb-Film Barat & 300Mb s/d 800Mb-Film Asia (Kualitas Atas/Bagus)
  • DVDScr = 200Mb-600Mb (Kualitas Menengah)
  • BRRip = 400Mb-650Mb (Kualitas Atas/Sangat Bagus)
  • BDRip = 500Mb-750Mb (Kualitas Atas/Bagus)
  • BDScr = 700Mb (Kualitas Menengah)
  • R5 = 300Mb-702Mb (Kualitas Menengah+Ada yg Dipotong)
  • VHS Rip = 150Mb-400Mb (Kualitas Bawah-Atas, Kebanyakan untuk yg berbau porno)
  • VCD Rip = 189Mb-588Mb (Kualitas Bawah-Atas)
  • VOD&PPV Rip = 400Mb-950Mb (Kualitas Menengah+Ada yg Ditambah-Tambah)
  • R3 = 235Mb-450Mb (Kualitas Rendah)
  • TS = 300Mb-550Mb (Kualitas Parah+Dipotong)
  • TC = - (Tidak Tahu) (Kualitas Menengah)

Nah, sudah tahu kan? Terima kasih sudah mampir di blog ini, Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.