Wednesday, June 7, 2017

Hidangan yang Tepat Untuk Berbuka Puasa

Hidangan yang Tepat Untuk Berbuka Puasa - Ketika adzan maghrib berkumandang, umat muslim yang sedang berpuasa tentunya akan berbuka puasa. Lalu apa yang disantap pertama kali saat buka puasanya?

Hidangan yang Tepat Untuk Berbuka Puasa

Air putih, minuman yang manis, atau aneka gorengan? Dikutip dari Jpost.com, mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa, seperti roti, gorengan, dan daging akan membuat akan membuat perut Anda menjadi sakit. Maukah Anda mengalami hal tersebut? Sebaiknya, berbuka puasa itu dilakukan dengan cara yang sehat. Anda disarankan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan yang terlalu berat atau mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Ada beberapa jenis makanan yang sangat baik disantap sebagai menu buka puasa. Makanan apa saja? Inilah 4 jenis hidangan yang paling baik disantap untuk buka puasa:

1. Aneka buah-buahan

Makanan lain yang baik Anda santap untuk berbuka puasa yaitu aneka buah-buahan yang mengandng banyak air, seperti semangka, anggur, dan melon. Buah dengan kadar air tinggi bisa dengan mudah dicerna oleh pencernaan sehingga tubuh kembali segar. Segala jenis buah-buahan tersebut juga bisa Anda temukan di dalam sop buah.

2. Sup hangat

Sup hangat juga merupakan salah satu hidangan yang tepat untuk dijadikan menu buka puasa Anda. Selain sehat, sup tidak berbahaya untuk perut dan mudah dicerna. Sup yang berisi aneka sayuran sangat diperlukan tubuh setelah Anda berpuasa.

3. Ubi rebus

Ketika perut sudah mulai beradaptasi dengan makanan dan minuman, kini waktunya Anda menyantap makanan yang mengandung karbohidrat. Tapi, karbohidrat yang boleh dimakan bukan sembarang karbohidrat. Anda disarankan untuk mengonsumsi ubi. Jadikanlah ubi sebagai kolak yang sangat nikmat disantap untuk buka puasa. Ubi mengandung beta karotin, vitamin C, dan potassium yang sangat cocok dikonsumsi saat buka puasa. Baca juga: Cara buat kolak biji salak untuk buka puasa.

4. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makana yang baik dikonsumsi saat buka puasa. Selain mudah dicerna, telur merupakan cara termudah untuk mengembalikan protein dalam tubuh. Satu telur menyediakan 6 gram protein berkualitas dan 9 jenis amino acid penting.

Itulah hidangan yang tepat untuk berbuka puasa. Sebelum melahap hidangan tersebut, Anda disarankan meminum segelas air putih dahulu. Air putih penting untuk menghapus rasa lelah bekerja dan mengembalikan energi dalam tubuh. Selain itu, perlu diingat juga untuk tidak berbuka puasa dalam porsi secukupnya saja. Jika sudah mulai merasa kenyang, maka berhentilah untuk makan.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.