Wednesday, June 7, 2017

Fungsi Sisi Biru dari Penghapus Pensil

Fungsi Sisi Biru dari Penghapus Pensil - Di zaman bersekolah dulu, setidaknya kita semua pernah punya satu penghapus legendaris ini. Berbentuk batangan sebesar kelingking dengan dua warna yang mencolok. Satu sisi berwarna merah dan di sisi lainnya berwarna biru.

Fungsi Sisi Biru dari Penghapus Pensil

Sisi merah jelas untuk menghapus tulisan pensil. Dan sudah terbukti ampuh.

Tapi apa fungsi sisi biru itu?


Kakak kelas atau siapa pun yang duduk lebih dulu di bangku sekolah, memberi tahu kita bahwa sisi biru untuk menghapus tinta pulpen. Padahal bukan. Akibatnya, sering kita mengalami buku sampai bolong-bolong karena digerus. Kita tertipu!

Dan kini, setelah puluhan tahun, ada cahaya terang mengenai apa sesungguhnya fungsi sisi biru pada penghapus itu.

Ternyata, menurut todayupfeed.com, bagian penghapus warna biru itu adalah untuk menghapus tulisan pensil pada kertas yang lebih tebal atau bertekstur kasar, misalnya kertas kartu atau kertas buram. Itu agar tidak perlu menggunakan banyak tenaga seperti bila menggunakan bagian penghapus warna merah.

Pada beberapa penghapus jenis ini yang diproduksi oleh Faber Castle, memang ada semacam simbol pena, tapi sesungguhnya itu bukan untuk menghapus tinta pulpen seperti yang sering kita gunakan, melainkan tinta pulpen khusus yang tidak menyerap pada kertas.

Ayo, teruskan informasi ini kepada anak-anak kita agar mereka tidak tersesat seperti kita!

Tetapi, sekarang masih ada gak sih anak sekolah yang pakai penghapus seperti ini?

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.