Monday, June 5, 2017

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Baik pria dan wanita pastinya menginginkan rambut yang sehat. Apalagi bagi wanita, rambut merupakan mahkota yang berharga. Perbedaan rambut patah dan rambut rontok. Rambut patah ditandai dengan kondisi patahnya rambut pada bagian batang rambut sedangkan rambut rontok ditandai dengan kondisi tercabutnya rambut dari bagian akar. Itu adalah perbedaan yang sederhananya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab kerontokan rambut :

  • Hairstyling atau perlakuan pada rambut
  • Infeksi oleh jamur
  • Peradangan/eksim atau ketombe pada kulit kepala
  • Karena obat-obatan yang dikonsumsi misalnya obat jantung
  • Karena chemotheraphy dan radiasi
  • Diet berlebihan sehingga kekurangan nutrisi

Rontok berarti rambut yang jatuh itu lebih dari jumlah normal karena lepas rambut tiap hari itu termasuk normal. Rambut lepas sebanyak 50-100 helai perhari itu masih masuk dalam hitungan normal. Yang disebut rontok itu jika lepas rambut perharinya melebihi jumlah normal. Dikatakan rambut rontok itu apabila lebih dari 120 helai rambut lepas perhari.

Sebenarnya siklus rambut itu sama dengan siklus kulit, ada yang lepas dan ada yang tumbuh lagi. Jadi kalau fase tumbuh lagi untuk dikulit itu namanya fase anagen. Fase anagen adalah fase pertumbuhan yaitu selama 2-8 tahun. Kemudian selanjutnya yaitu fase katagen.Fase katagen adalah masa berhentinya pertumbuhan rambut. Lalu beralih pada fase talagen.Fase talagen adalah fase pelepasan rambut. Jumlahnya adalah satu persen perhari. Setelah lepas lalu mulai tumbuh fase yang baru yaitu fase anagen lagi tetapi kalau terjadi gangguan pada fase anagen ini maka kerontokan akan terjadi.

Cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir rambut rontok adalah dengan kelapa hijau. Campurkan 1 sendok teh garam dalam air kelapa, aduk hingga merata. Kemudian embunkan ditemat terbuka selama 1 malam. Setelah diembunkan, tuang air kelapanya ke dalam wadah, usapkan pada kapas, lalu diusapkan pada daerah kulit kepala. Berfungsi mengatasi rambut rontok akibat ketombe karena dapat membantu keseimbangan pH kulit kepala. Setelah dioles pada kulit kepala lalu ditutup dengan handuk agar proses peresapannya lebih bagus, setelah itu dilanjut dengan keramas.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.