Sunday, May 21, 2017

Tips Merawat Rambut Wanita Hijab

Tips Merawat Rambut Wanita Hijab - Tips merawat rambut wanita hijab adalah tips yang wajib Anda ketahui karena mengenakan hijab seharian bisa membuat rambut Anda rusak. Wanita berhijab memang tidak perlu repot-repot menata rambut dengan berbagai gaya menggunakan macam-macam peralatan seperti catok atau pengeriting.

Tips Merawat Rambut Wanita Hijab

Tetapi rambut yang ditutup sepanjang hari, apalagi banyak terkena sinar matahari akan mudah lepek, bau, kotor, dan akhirnya rambut menjadi tidak sehat lagi. Memakai hijab untuk menjadi wanita muslimah bukan berarti Anda harus mengabaikan kesehatan rambut bukan? Karena kesehatan rambut merupakan cermin dari kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Simak tips merawat rambut wanita hijab berikut ini tanpa Anda harus menghabiskan banyak waktu dan uang untuk ke salon.

Tips Merawat Rambut Wanita Hijab

Jangan keramas terlalu sering


Hijab yang Anda kenakan akan melindungi rambut dari debu dan polusi di udara bebas. Ia juga akan memberikan perlindungan dari sinar UV yang bisa merusak rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu tidak perlu keramas setiap hari bagi wanita berhijab. Cukup satu sampai 3 kali seminggu tergantung dari kondisi rambut Anda. Terlalu sering keramas padahal rambut tidak mengalami kerusakan berarti akan meninggalkan terlalu banyak zat kimia pada rambut dan kulit kepala. Ini justru bisa membuat rambut Anda menjadi tidak sehat.

Biarkan terurai


Tips merawat rambut wanita hijab yang kedua adalah dengan membiarkannya terurai dan bebas ketika Anda sedang di rumah. Di dalam rumah ketika tidak mengenakan hijab, sisir rambut Anda dengan lembut untuk menghaluskan rambut yang kusut. Rambut yang basah sebaiknya biarkan kering dengan alami atau menggunakan hair dryer dengan tingkat panas paling rendah. Rambut yang dibebaskan setelah seharian diikat dan ditutup hijab akan bernafas dan juga darah bisa mengalir ke kulit kepala dengan lebih lancar.

Tunggu sampai rambut kering sempurna


Wanita yang mengenakan hijab untuk beraktivitas di luar rumah memang harus meluangkan waktu yang lebih lama sebelum bisa keluar rumah. Rambut yang basah tidak boleh langsung dikenakan hijab meski nantinya memang bisa kering sendiri. Rambut basah yang langsung ditutup akan menyebabkan kulit kepala menjadi lembab dan membuat rambut menjadi bau. Ketombe akan lebih mudah muncul pada kulit kepala yang lembab dan menimbulkan rasa gatal. Rambut yang basah juga tidak boleh diikat karena bisa membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Berikan nutrisi


Tips merawat rambut wanita hijab selanjutnya adalah dengan memberikan nutrisi yang berguna untuk rambut dan kulit kepala. Sama seperti rambut yang banyak dicat atau diluruskan dan dikeriting, rambut yang ditutup hijab juga perlu perawatan agar tetap sehat. Nutrisi untuk rambut bisa berupa hair tonic yang digunakan setelah keramas. Atau dengan melakukan hair spa/hair mask yang bisa Anda lakukan di salon atau di rumah sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau kemiri.

Jangan ikat terlalu kencang


Agar rambut tidak ke mana-mana selama mengenakan hijab, biasanya adalah dengan mengikatnya. Bagi yang berambut panjang, rambut biasanya diikat ponytail atau dibuat cepol. Gaya rambut seperti ini memang praktis, tetapi hindari mengikat rambut terlalu kencang karena bisa menimbulkan stress bagi batang rambut dan kulit kepala. Tips merawat rambut wanita hijab ketika rambut diikat adalah dengan mengganti posisinya dari waktu ke waktu. Misalnya hari ini rambut dikuncir tinggi di atas kepala, besoknya turunkan posisinya. Atau hari ini dibuat cepol, besok bisa dikepang saja.

Pilih hijab yang pas


Saat menghadiri acara formal seperti undangan makan malam atau pesta pernikahan, menggunakan hijab dengan bahan yang halus dan berkilau memang bisa memberikan sentuhan glamor dan elegan. Tetapi untuk dipakai sehari-hari apalagi Anda yang banyak beraktivitas sebaiknya menggunakan hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun atau bahan kaos. Setelah dipakaipun hijab sebaiknya dijemur di ruangan yang terbuka agar bakteri dan kuman yang menempel pada keringat di hijab bisa mati. Hindari juga mengenakan hijab yang berwarna gelap karena warna gelap akan lebih mudah menyerap panas dan membuat kulit kepala menjadi lembab. Warna hitam adalah warna yang dapat menyerap panas paling baik.

Diet yang sehat


Seperti telah disebutkan sebelumnya, kesehatan rambut mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka tips merawat rambut wanita hijab selanjutnya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh sendiri dengan baik. Caranya mudah saja, hanya dengan menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi hanya makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Unsur gizi yang paling baik untuk rambut adalah zat besi dan protein yang banyak terdapat pada sayuran bayam, salmon, walnut, dan telur. Mengkonsumsi makanan tersebut ditambah dengan perawatan rambut yang tepat akan membuat rambut Anda tetap sehat meski ditutup seharian. Demikian adalah beberapa tips merawat rambut wanita hijab.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.