Sunday, May 21, 2017

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Tips Meningkatkan Daya Ingat - Mempunyai daya ingat yang kuat tentu selalu diidamkan setiap orang. Akan tetapi di sisilain, ada sebagian dari kita yang sering mengalami lupa. Biasanya faktor usia merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab Anda sering lupa.

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Banyak juga yang menyebut sebagai gejala kepikunan. Apakah Anda pernah lupa dengan beberapa hal, atau justru sering mengalaminya?

Sebenanarnya merupakan hal yang wajar karena daya otak manusia mengalami penurunan setiap hari akibat dari faktor usia yang semakin bertambah.

Tentu Anda juga dapat melihat sendiri pada orang tua yang lanjut usia sering mengatakan hal yang sama berkali-kali tanpa disadarinya. Akan tetapi tak jarang pula Anda yang masih relative muda juga mengalami hal yang sama yaitu sering lupa.

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Untuk itu ada baiknya Anda mengetahui tips agar tidak menjadi pelupa. Apa saja? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak mudah lupa:

1. Senam otak

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala pikun adalah dengan melakukan senam otak.Senam otak ini dapat Anda lakukan yaitu dengan cara melatih otak untuk mengingat sesuatu.

Seperti misal menyebut 10 nama teman sekolah Anda yang sangat dekat., menyebut 10 judul lagu yang Anda senangi saat ini, atau mengingat hal-hal lainnya yang bisa Anda tentukan sendiri. Yang terpenting adalah berusaha mengingat sesuatu yang telah Anda ketahui sebelumnya.

2. Mengonsumsi makanan otak

Siapa bilang otak tidak membutuhkan makanan. Selain tubuh Anda, bagian tubuh yang juga penting adalah otak. Mulailah mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang dapat menambah nutrisi otak.

Makanan tersebut diantaranya yaitu bawang merah, buah bit, blueberry, pisang dan brokoli. Kesemua makanan tersebut sangat baik dalam menambah nutrisi otak Anda untuk menghindari gejala pikun.

3. Cukup air putih

Salah satu hal yang mungkin sering Anda abaikan adalah konsumsi air putih. Air putih sangat penting dalam menunjang setiap komponen tubuh Anda agar tetap stabil. Minumlah air putih setidaknya 6-8 gelas per harinya.

Karena dengan mengonsumsi air putih yang cukup maka akan dapat membantu tubuh Anda bekerja dengan lebih optimal. Hal ini juga dapat berpengaruh dalam fungsi otak menjadi lebih baik.

4. Istirahatkan otak

Tidak hanya itu saja, kebutuhan otak lainnya yang juga harus terpenuhi adalah porsi istirahat yang cukup.Tidur dapat berfungsi untuk mengistirahatkan dan meregenerasi otak. Sehingga pada saat Anda bangun, otak Anda akan merasa fresh dan lebih segar untuk kembali memulai aktivitas.

5. Mengasah otak

Tips yang terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan permainan untuk mengasah otak. Permainan untuk mengasah otak disini yang bisa Anda lakukan yaitu seperti mengisi teka-teki silang yang bisaAnda dapatkan dengan mudah di toko buku atau surat kabar koran.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.