Monday, May 1, 2017

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Tips Menghadapi Ujian Nasional - Belajar adalah proses untuk mengetahui sesuatu,menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan. belajar dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja , bukan hanya disekolah.

Dewasa ini, kita lebih banyak menyia-nyiakan banyak hal sehingga kadang tiba suatu masa datangnya penyesalan dalam diri kita,Terutama dikalangan para pelajar. Apa yang ada dalam pikiran kamu saat memiliki nilai yang buruk pada ujian sekolah? Itu tentu akan menjadi pukulan yang berat, apalagi bila orangtua kamu tahu tentang hasil ujian kamu yang buruk, pasti akan tambah berat lagi.

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Beberapa Tips Menghadapi Ujian Nasional


Untuk menghindari hal tersebut, mulai dari sekarang kita sebagai remaja harus memiliki manajemen waktu belajar yang tertata baik. Tidak semua hal yang tertata itu merepotkan, tidak semua hal yang tertata itu adalah beban, dan tidak semua hal yang tertata itu membuat jenuh, karena justru apa yang kita tata dan susun itu akan sangat membantu kita. Berikut adalah beberapa hal yang harus diterapkan saat ujian sekolah datang.

1. Mempunyai waktu belajar khusus di rumah


Kamu harus menetapkan suatu waktu bahwa, pada jam sekian, waktu sekian, dan pukul sekian kamu harus belajar sendiri di rumah. Seperti membaca buku pelajaran sekolah, mengulangi pelajaran sekolah, ataupun mencari soal prediksi ujian sekolah di internet lalu mengerjakannya sendiri atau kamu juga dapat membeli beberapa buku yang kamu butuhkan untuk ujianmu, dan apabila ada hal yang tidak kamu pahami, tidak ada salahnya apabila kamu menanyakannya pada guru mata pelajaran, atau teman kamu yang lebih paham.

2. Mengurangi penggunaan gadget


Tidak dapat di pungkiri gadget yang kamu punya adalah salah satu hal yang dapat menyita waktu belajar kamu. Pagi, siang, sore, malam kamu tidak dapat terlepas dari itu. Saat ujian sekolah, kamu harus dapat mengurangi penggunaan gadget tersebut. Dan harus menata waktu penggunaanya, misalnya, hanya bisa kamu gunakan saat pagi, dan sore saja. Karena pada waktu siang dan malam itu adalah waktu belajar yang baik untuk kamu. Cukup ingatkan teman-teman dalam bentuk status di facebook, twitter, BBM, whatsApp, ataupun situs jejaring sosial yang lainnya yang kamu miliki untuk tidak menghubungimu saat waktu belajarmu tiba. Ingat!! Teman yang baik adalah teman yang ingin melihatmu sukses, dan tidak menghalangimu untuk mewujudkan impianmu. Selalu mendukungmu belajar, bukan malah mengganggumu.

3. Menghentikan Hobby Nge-Games


Buat kamu para gamers, yang kadang-kadang kalau ngegames bisa seharian full, bisa dari malam sampai pagi. Bukan hanya waktu belajar yang dilupakan. Bahkan waktu makan dan mandiin saja kadang tidak ada. mengentikan kebiasaan kamu ini memang susah, tapi tidak lama, cukup sampai ujian sekolahmu berakhir. Mulai sekarang, coba tantang dirimu untuk mulai mencoba hobby baru seperti membaca buku, dan mengerjakan soal-soal.

4. Belajar bersama teman


Undanglah seseorang teman yang pintar di kelas, tentunya dia adalah salah satu orang yang mendapat peringkat tinggi di kelasmu, Cari tempat yang baik, seperti di rumahmu atau di tempat yang kamu sukai dan membuatmu nyaman. Dan untuk menghilangkan rasa jenuh belajar, jangan lupa undang juga beberapa teman sekelas kamu yang lainnya, jadikanlah suasana belajarmu menjadi moment yang menyangkan. belajar bareng itu bukan hanya sekali , kalau bisa ya setiap hari, ujian sekolahnya juga kan setiap hari kadang selama seminggu.

5. Sadar diri


Percaya saja, Cara 1, 2 ,3 dan 4 Tidak akan pernah efektif bila kamu tidak pernah sadar diri betapa pentingnya ujian sekolah ini buat kamu. Pasti akan muncul rasa bangga dalam diri kamu apabila kamu dapat mengerjakan soal ujianmu sendiri. Jangan selalu mengharapkan contekan dari temanmu saat ujian, karena belum tentu pengawas yang mengawas dikelasmu saat ujian itu baik. Namanya juga pelajar, ya tentu tugasnya belajar.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu terapkan saat ujian sekolah kamu tiba. Dan akan lebih baik lagi bila kamu bukan hanya menerapkanya pada saat ujian saja, tapi dalam kehidupan sehari-hari kamu, karena kadang beberapa guru mata pelajaran mengadakan ujian sekolah mendadak tanpa memberi tahukan kepada siswanya. Setiap saran dan komentar kamu sangat diperlukan untuk artikel ini dan untuk artikel sejanjutnya yang saya buat. Terimakasih telah membaca.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.