Friday, May 19, 2017

Tips Kesehatan Hadapi Bulan Puasa

Tips Kesehatan Hadapi Bulan Puasa - Tidak terasa beberapa hari lagi sudah memasuki bulan ramadhan. Dalam bulan ramadhan, seluruh umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh. Tubuh harus dipaksa untuk menahan lapar dan haus.

Tips Kesehatan Hadapi Bulan Puasa

Tentu itu bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika udara diuar terasa panas. Belum lagi selama puasa segala aktifitas tetap berjalan seperti biasa.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, Desy Nur Arista seorang Ahli Gizi dan Nutrisi, menyarankan agar sebelum menjalani ibadah puasa cobalah untuk mengkondisikan tubuh terlebih dahulu. dalam kata lain, kita harus mempersiapkan tubuh kita sebelum melakukan puasa selama 1 bulan penuh.

Desy mengatakan, bahwa jika tubuh kita siap makan nanti akan terbiasa menahan lapar selama 12 jam. “Tujuannya agar kita nanti terbiasa menahan lapar di jam-jam tertentu,” ujar Desy saat berbincang dengan media dalam acara talkshow ‘Puasa Sehat 2017′.

Tips Kesehatan Hadapi Bulan Puasa

Melansir dari vemale.com, Desy membagi tips bagaimana mempersiapkan tubuh menjelang ramdhan. Simak ulasannya dibawah ini :

1. Mulailah melatih tubuh satu minggu atau bisa dilakukan dua minggu sebelum masuk bulan ramadhan. Jika dalam sunnah rosul, ada puasa sebelum ramadhan.

2. Meningkatkan durasi tidak makan serta tidak minum. Namun tetap memenuhi asupan makanan dan minuman sesuai kebutuhan.

3. Cobalah, untuk menahan diri untuk tidak ngemil atau snacking.

4. Menibukkan diri dengan kegiatan positif “Dengan cara ini otak kita juga tidak akan fokus pada rasa lapar yang kita rasakan,” papar Desy

5. Memenuhi asupan gizi yang seimbang, seperti variasi buah dan sayur agar stamina tetap terjaga.

Lima langkah diatas dirasa cukup mudah, memang awal menjalani puasa teramat berat. Namun lama-lama menjalani ibadah puasa dengan hati yang ikhlas akan terasa lebih nikmat.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.