Friday, May 12, 2017

Tips Cara Menghilangkan Jerawat

Tips Cara Menghilangkan Jerawat - Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat mari kita baca apa sih jerawat itu? Jerawat atau yang biasa disebut dalam istilah medis sebagai: acne vulgaris merupakan penyakit kulit yang umum terjadi dan mempengaruhi 85-100% orang pada suatu saat selama hidupnya. Jerawat mempengaruhi daerah kulit yang mempunyai banyak kelenjar minyak seperti wajah, dada bagian atas, dan punggung. Jerawat umumnya paling banyak muncul pada masa pubertas/remaja, dan sering berlanjut hingga dewasa.

Tips Cara Menghilangkan Jerawat

Pada artikel ini ada 3 poin yang akan dibahas, yaitu :

  1. Apa Penyebat Jerawat itu muncul?
  2. Tips Cara Menghilangkan Jerawat
  3. Menjaga kebersihan kulit untuk menghindari timbul nya jerawat

1. Penyebab munculnya jerawat


Penyebab jerawat masih belum diketahui secara pasti, tetapi para dokter memiliki keyakinan bahwa jerawat adalah hasil dari banyak faktor yang saling terkait. Diketahui ada 4 faktor yang berperan dalam timbulnya jerawat, yakni produksi minyak yang berlebih(sebum), pengelupasan sel kulit mati yang tidak teratur sehingga dapat mengiritasi folikel di kulit, adanya bakteri dan peradangan atau inflamasi.

Penyebab jerawat

Salah satu faktor penting tersebut adalah meningkatnya jumlah hormon. Hormon ini dinamakan hormon androgen, yang jumlahnya meningkat pada anak-anak lelaki maupun perempuan selama masa puber dan bisa menyebabkan kelenjar keringat membesar serta memproduksi lebih banyak keringat.

Adapun penyebab lainnya bisa dikarenakan kontak langsung dengan produk untuk rambut atau kosmetik yang mengandung minyak, riwayat keluarga berjerawat dimana jika orang tua berjerawat maka anak mungkin akan berjerawat juga; serta bisa diakibatkan karena adanya gesekan atau tekanan pada kulit disebabkan hal tertentu seperti telepon selular, helm, kerah baju yang ketat, dan ransel. Penggunaan pil KB dan stress juga dapat memperbesar kemungkinan jerawat dikemudian hari.

Menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan kulit dengan sabun atau bahan kimia yang berpotensi mengiritasi kulit dapat membuat jerawat bertambah parah. Jika anda wanita dan tiba-tiba terserang jerawat saat dewasa, anda mungkin perlu memeriksa perlengkapan kosmetik yang anda gunakan, termasuk pembersih dan pelembab kulit, dan produk-produk perawatan rambut. Beberapa produk tertentu, terutama yang berbahan dasar minyak, bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan dampak di dalam folikel.

Dokter ahli kulit mungkin meyarankan anda untuk menghindari produk-produk yang mengandung minyak, dan menyarankan anda untuk menggunakan kosmetik yang berlabel "Noncomedegonic". Namun demikian, anda tetap harus berhati-hati sebab produk-produk noncomedogenic jugabisa memicu reaksi jerawat pada orang dengan kulit sensitif. Berbagai kosmetik, karena campuran bahan kimia di dalamnya, memiliki kaitan langsung terhadap timbulnya jerawat.

Bahkan faktanya, jerawat kosmetika, atau jerawat yang disebabkan oleh produk kosmetik adalah bentuk jerawat ringan yang umum. Karena munculnya disebabkan oleh zat kimia dari luar, maka jerawat kosmetik relatif mudah untuk dihilangkan dengan menghentikan penggunaan kosmetik yang memicu munculnya jerawat, maka jerawat akan hilang dengan sendirinya.

2. Tips Cara Menghilangkan Jerawat


kita akan melihat beberapa daftar ramuan alami yang cukup manjur untuk mengobati / menghilangkan jerawat:

  • Sebagai resep yang paling sederhana namun teruji, cobalah balurkan parutan mentimun pada area yang terkena jerawat. Mentimun adalah bagan pendingin alami; ini akan mengurangi rasa panas di wajah dan membantu menghilangkannya dengan cepat. Kemudian kenakan adonan tomat segar pada area yang terkena jerawat. Lakukan secara rutin tiga kali sehari.
  • Campurkan madu, putih telur, dan jus lemon serta sedikit tanah liat untuk membuat pasta yang lebih halus. Pasta ini harus dibalurkan ke seluruh permukaan kulit dan dibilas setelah 20 menit.
  • Kuning telur dikenal sebagai produk alami yang baik untuk membantu menghilangkan kilau berminyak pada kulit. Balurkan kuning telur pada area berjerawat dan biarkan bereaksi selama kira-kira 15 menit. Kemudian dibilas dengan air sampai bersih.
  • Bubur pepaya mentah membantu menghilangkan kulit mati dan sebagai facial alami untuk membantu membersihkan kulit dan membuka pori-pori.
  • Gosoklah area kulit yang terkena jerawat dengan beberapa siung bawang putih beberapa kali setiap hari. Namun mungkin baunya cukup menyengat.

3. Menjaga kebersihan kulit untuk menghindari timbulnya jerawat


a. Selalu bersihkan kulit wajah sebelum tidur

Kulit wajah akan mengalami aktifitas pada saat kita tidur, yaitu mengikuti proses metabolisme tubuh dimana sari makanan akan diangkut ke seluruh tubuh. Apabila wajah anda kotor pada saat terlelap, ini akan membuat proses peremajaan kulit terganggu dan menimbulkan jerawat. Karena itu usahakan untuk mencuci wajah sebelum tidur dengan sabun yang PHnya cocok untuk kulit anda.

Satu hal yang perlu diingat setelah membersihkan wajah ialah mengeringkannya dengan handuk, karena bakteri yang memicu berbagi penyakit kulit sangat suka tumbuh pada tempat yang lembab.

b. Memakai kosmetik yang tepat

Kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit anda juga dapat memicu timbulnya jerawat. Jika kulit anda berminyak, pakailah kosmetik khusus kulit berminyak, sebaliknya kika kulit anda kering pakailah kosmetik untuk kulit kering. Salah memakai kosmetik biasanya akan membuat kulit lembab dan penyumbatan pori pori sehingga memicu jerawat.

Selain itu, penying juga untuk memperhatikan agar memaki kosmetik yang berbahan dasar air, dan tidak banyak mengandung lemak. Kosmetik semacam ini sudah banyak beredar sebagai repon terhadap senditifnya kulit wajah terhadap jerawat.

c. Istirahat yang cukup dan atur pola makan

Istirahat merupakan salah satu elemen penting untuk kesehatan kulit. Kurangnnya istirahat dapat membuat tubuh stress dan memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu disarankan agar anda meluangkan waktu untuk bersantai dan menambah jam tidur jikalau kurang. Tidur yang cukup dan lelap juga akan membuat pembuangan zat toksin dan racun lebih baik sehingga kecilnya kemungkinan jerawat tumbuh di wajah anda.

Menjaga pola makan juga sangat perlu untuk perawatan kulit wajah. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu cukupkan asupan air putih untuk tubuh anda agar metabolisme tubuh jadi lebih baik.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.