Saturday, May 20, 2017

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

Semakin meningkatnya pengguna internet maka kegiatan berbelanja online pun semakin banyak dilakukan, termasuk oleh pengguna internet di Indonesia.

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman seolah tumbuh menjadi sebuah lifestyle baru yang bikin orang ketagihan, disamping kemudahan, hemat waktu dan tenaga.

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

Namun belanja online juga perlu dilakukan dengan sangat hati-hati, banyak aspek yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu secara online.

Berikut ini beberapa tips belanja online dari Iumari untuk Anda yang senang berbelanja di internet.

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

1. Tentukan barang yang ingin dibeli


Pastikan Anda mengetahui benar apa yang Anda ingin beli, dan biasanya ini terkait dengan kebutuhan, jadi cari tau apa yang sebenarnya Anda butuhkan, agar Anda bisa mencari produk dengan tepat dan tiadk melenceng dan malah membeli barang-barang lainnya. Ada baiknya sebelum mengakses internet, Anda buat dulu daftar barang yang ingin dibeli.

2. Buka situs belanja online yang resmi


Ada banyak website toko online di Internet, namun tidak semua aman, terkadang ada saja penjual yang menipu atau walaupun tidak menipu namun kurang profesional dalam hal pelayanan. Pastikan Anda membeli di website yang memiliki kredibilitas bagus, Anda bisa melihat testimoni orang yang pernah membeli disana, bahkan jika perlu, sebelum melakukan transaksi pastikan apakah websitenya dilengkapi dengan https agar lebih aman.

3. Perhatikan detail info produk


Sering kali orang yang belanja online mengalami kekecewaan ketika barangnya sampai dirumah, ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut bisa terjadi jika Anda kurang membaca dengan teliti info dari produk yang Anda beli, kebanyakan orang hanya melihat gambar tanpa melihat info detail.

4. Pastikan koneksi intenet lancar


Ketika Anda ingin membeli secara online, maka pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan lancar dan tidak sedang putus nyambung, karena hal tersebut tentu bisa menghambat dan bahkan menyebabkan transaksi gagal. Bisa jadi Anda yang merasa sudah membayar malah dianggap belum bayar, atau sebaliknya.

5. Ada garansi atau tidak


Pastikan barang yang Anda beli dilengkapi dengan garansi, kalau beli handphone misalnya, pastikan ada garansi merk dagang ponsel, dan bukan sekedar garansi dari toko. Begitu juga dengan belanja barang lain, ada garansi maka akan lebih baik.

6. Pastikan barang yang dibeli tidak cacat


Pastikan bahwa barang yang Anda beli tidak mengalami kerusakan, cari tau juga apakah yang Anda beli itu barang baru atau bekas. Membeli handphone misalnya, pastikan handphone tersebut tidak lecet.

7. Perhatikan system tracking


Lihat berapa lama waktu pengiriman produk yang Anda beli hingga sampai di tempat Anda, akan lebih baik apabila website tersebut menyediakan system tracking agar Anda bisa mengetahui sudah sampai mana barang yang Anda beli.

8. Catat kontak penjual


Ada baiknya Anda mencatat kontak yang bisa Anda hubungi dari penjual online tempat Anda membeli, hal ini penting ketika Anda membeli produk dari situs seperti Kaskus dimana penjualnya tidak bisa diketahui secara detail.

9. Simpan bukti transaksi


Ketika Anda sudah melakukan transaksi, catat semua bukti transaksi, jika perlu ambil screenshot dari setiap tahap pembelian yang Anda lakukan.

Demikian sedikit Tips Belanja Online Aman dan Nyaman. Selamat berbelanja.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.