Saturday, May 6, 2017

Tips Agar Cepat Tidur

Tips Agar Cepat Tidur - Apakah anda termasuk orang yang kesulitan tidur dan cenderung insomnia? Mungkin anda sudah melakukan banyak cara untuk mengubah kebiasaan tidur untuk menjadi lebih baik, tapi belum ada yang bisa menyesaikan gangguan tidur anda itu. Kekurangan tidur dapatan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama fungsi kognitif. Fungsi kognitif mencakup daya ingat, konsentrasi, pembelajaran dan lainnya yang berhubungan dengan sistem otak.

Tips Agar Cepat Tidur

Tubuh membutuhkan waktu tidur yang nyenyak sekitar 7-8 jam sehari. Jika kurang dari itu, bisa membawa efek buruk bagi kesehatan nantinya. Kebanyakan orang mengalahkan waktu tidurnya untuk bekerja. Dan jika sudah menjadi kebiasaan, pasti membuat sulit untuk tidur. Inilah beberapa tips untuk memudahkan dan mempercepat rasa kantuk.

Mengurangi stres


Stres yang berlebihan bisa mencegah produksi hormon melatonin yaitu hormon pembuat rasa kantuk. Sebisa mungkin, kurangi stres dalam dirimu dengan cara meditasi di sore hari. Sehingga, dapat memperlancar produksi hormon melatonin dan mempercepat datangnya rasa kantuk.

Menghindari TV atau Gadget


Ketika hendak tidur sebaiknya matikan TV atau gadget anda agar tidak mempengaruhi tidur anda. Riset membuktikan bahwa melihat layar TV, laptop, dan gadget sebelum tidur akan membuat otak terjaga dan tetap aktif. Maka, sebaiknya matikan alat tersebut satu jam sebelum tidur.

Mengurangi kafein


Kafein bisa membuat sistem tubuh aktif selama 7 jam setelah mengkonsumsinya. Usahakan untuk mengkonsumsi kopi 8 jam sebelum tidur agar tidak berpengaruh pada waktu tidur. Atau lebih baik minum kopi ketika pagi atau siang hari agar aktivitas lancar.

Matikan lampu kamar


Lampu bisa menyebabkan tubuh mengenali keadaan secara alami. Oleh karena itu jika lampu tetap menyala ketika tidur akan mempersulit anda untuk tidur karena tubuh mengira bahwa suasana masih terang. Apabila lampu redup, maka tubuh akan mengenali bahwa ini sudah larut waktunya untuk tidur.

Membaca buku sebelum tidur


Sebagian orang berpendapat bahwa dengan membaca buku akan membuat orang cepat tertidur. Mereka biasanya meluangkan 10 hingga 30 menit sebelum tidur untuk membaca buku. Hal ini akan membuat pikiran menjadi rileks dan nyaman sehingga mudah tertidur.

Makan malam pada sore hari


Riset menunjukkan bahwa mereka yang makan malam pada sore hari minimal 3 jam sebelum waktu tidurnya, mempunyai tidur yang jauh lebih baik daripada mereka yang makan setelah jam 8 malam. Menu makanan seperti, telur, daging ayam, dan ikan akan membuat tubuh memproduksi hormon melatonin secara maksimal.

Itulah cara efektif agar mempercepat rasa kantuk yang membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Ingin tubuh sehat, maka perhatikan waktu istirahatnya dengan baik. Tidak bisa kita mempekerjakan tubuh secara terus-menerus.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.