Saturday, May 20, 2017

Seperti Apa Jodoh yang Cocok Bagimu

Seperti Apa Jodoh yang Cocok Bagimu - Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Maka sulit untuk menentukan apakah diri kita cocok dengan orang lain. Untungnya, dua psikolog Amerika yang jenius, Costa dan McRay, berhasil membuat lima kategori besar manusia. Di antaranya yaitu openness, conscientiosness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism. Melalui kategori itu, kamu bisa mengetahui kepribadianmu dan orang yang cocok menjadi pasanganmu.

Seperti Apa Jodoh yang Cocok Bagimu

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menjawab lima pertanyaan di bawah ini. Untuk setiap pertanyaan, pilihlah satu jawaban yang paling menceminkan kepribadianmu. Selamat mencoba!

Kategori 1: Openness


Apa yang ingin kamu lakukan saat liburan?

A. Mencoba hal-hal yang belum pernah dicoba! Diving, melukis, hmm apalagi ya?

B. Seperti liburan tahun sebelumnya, sepertinya mengunjungi rumah nenek menyenangkan

Jawaban

– Jika memilih A, maka kemungkinan kamu menyukai pengalaman baru, imajinatif, cepat bosan, punya rasa ingin tahu dan imajinasi yang luas. Kamu mencari pasangan yang bisa mengimbangimu untuk terus mendapatkan kesenangan.

– Jika memilih B, kamu cenderung konvensional dan tradisional sehingga pasanganmu harus menyukai kegiatan rutinitas dan terencana dengan baik.

Kategori 2: Conscientiosness


Seperti apa keadaan kamarmu?

A. Rapi, barang-barang diletakkan pada tempatnya

B. Berantakan

Jawaban

– Jika memiliki kamar A, kemungkinan kamu adalah orang yang disiplin, ambisius, memiliki perencanaan yang baik dan juga pekerja keras. Kamu juga membutuhkan pasangan yang dapat memfasilitasi dan memotivasi untuk meraih target-target hidupmu.

– Sedangkan jika memiliki kamar B, kamu adalah orang yang santai, penuh dengan tindakan impulsif dan fleksibel. Kamu akan senang jika memiliki pasangan yang tidak mudah panik dan juga tidak mudah marah.

Kategori 3: Extraversion


Ketika putus dengan pacar, apa hal pertama yang kamu lakukan?

A. Curhat, baik dengan keluarga maupun sahabat

B. Mengurung diri di kamar dan menangis semalaman

Jawaban

– Jika memilih A, kamu lebih suka berada dengan orang lain dibanding sendirian. Kamu butuh pasangan yang selalu ada untuk mendengarkan keluh kesahmu.

– Sebaliknya, jika memilih B, kamu cukup bahagia untuk menjalani segala sesuatunya seorang diri. Kamu butuh pasangan yang membutuhkanmu tetapi tidak mengekangmu untuk memiliki me time.

Kategori 4: Agreeableness


Pendekatan chef (baca: tukang masak) mana yang lebih kamu sukai?

A. Tukang masak yang mengerti kalau tidak semua orang bisa masak > Kecenderungan: Sabar & mudah kompromi (bayangkan Chef Arnold)

B. Tukang masak yang suka mengkritik keras untuk memotivasi > Kecenderungan: Galak & sulit kompromi (bayangkan Chef Juna)

Jawaban

– Jika memilih A, kamu adalah orang yang tidak pamrih dalam menolong orang lain, mau berkompromi jika ada perbedaan pendapat, serta cenderung positif dalam memandang suatu masalah.

– Kebalikannya, jika memilih B kemungkinan kamu cenderung hati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang lain.

Kategori 5: Neuroticism


Dalam tujuh hari terakhir, berapa kali kamu merasa cemas ataupun tertekan?

A. Lebih dari tiga kali. Saya mudah panik sih.

B. Kurang dari tiga kali. Saya bisa dengan tenang menghadapi masalah.

Jawaban

– Jika memilih A, kamu adalah tipe orang yang mudah stres, panikan, dan mudah paranoid. Kamu membutuhkan pasangan yang bisa menenangkan emosimu untuk bisa berpikir jernih.

– Sebaliknya, jika memilih B, kamu adalah tipe orang yang mungkin panik pada awal masalah, tetapi mendahulukan logika dibandingkan rasa panik tersebut. Kamu membutuhkan pasangan yang bisa diajak diskusi untuk memecahkan masalah.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.