Tuesday, May 2, 2017

Pesona Taman Purbakala Pugung Raharjo

Pesona Taman Purbakala Pugung Raharjo - Jika kita tahu dimesir memiliki piramida yang begitu terkenal, di indonesia juga tidak mau kalah, di indonesia juga memiliki piramida yang tidak kalah terkenal, tepatnya berada di Lampung. Berbicara mengenai Lampung tentu bagi para traveler Lampung sudah menjadi salah satu list kunjungan yang wajib, seperti yang kita ketahui Lampung memiliki banyak sekali keindahan alam yang mempesona.

Pesona Taman Purbakala Pugung Raharjo

Traveler sejati sudah dipastikan terlebih dahulu mengenal seperti Taman Way Kambas, Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Pantai Tanjung Setia, akan tetapi bukan berarti semua tahu akan keberadaan Taman Purbakala Pugung Raharjo yang juga dikenal sebagai Mesirnya Indonesia, pasalnya taman ini juga memiliki piramida yang menyerupai piramida yang berada di Mesir.

Jika dilihat dari peta Taman Purbakala Pugung Raharjo terletak di Desa Pugungraharjo tepatnya di kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur. Apabila anda menempuh jarak mulai dari kota Bandar Lampung anda bisa sampai disana kurang lebih 2 jam perjalanan.

Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo


Jauh sebelum menjadi Taman Purbakala Pugung dengan adanya pundukan menyerupai piramida, dulunya masih hutan belantara, dan pada sekitar tahun 1967 ketika para transmigran datang, mereka mulai menemukan peningalan purbakala seperti misalnya batu bermotif, patung dan juga arca.

Tak hanya sampai disitu para pendatang juga menemukan gundukan berundak yang sekarang menyerupai piramida. Setelah itu pemerintah Lampung langsung menutupnya dan kemudian diberi nama Situs Pugung Raharjo. Mulai tahun 1968 pemeritah mulai melakukan penilitian lebih jauh mengenai peninggalan sejarah tersebut seperti pencatatan dan pembuatan dokumentasi.

Para peneliti pun dibuat terkejut pasalnya banyak sekali ditemukan peninggalan zaman megalitik, sampai dengan peninggalan islam, beberapa artefak, kapak, mata tombak, pisau, manik-manik, menhir, dolmen, perunggu dan lainnya bisa ditemukan disana.

Peninggalan


Disamping banyaknya temuan manik-manik dan lainnya masih ada pula peninggalan yang tidak kalah menarik yaitu peninggalan yang melambangkan tempat. Salah satunya adalah Benteng Pugungraharjo berupa gundukan tanah dan komplek yang dikenal sebagai batu mayat.

Setidaknya ada 13 Piramida juga ditemukan disana, dan juga terdapat satu piramida yang berundak dengan memiliki tiga undakan (tingkatan). Piramida tersebut juga terdiri dari bebatuan yang sudah tersusun rapi yang berfungsi untuk tangga dan juga pembatas pada sisi piramida.

Tidak ketinggalan, yaitu adanya situs kolam air yang dipercaya tidak pernah kering, yang airnya berasal dari mata air dibawah pohon besar. Pada kola tersebut ditemukan pula batu berlubang yang dulunya diduga digunakan untuk menumbuk sesuatu. Lanjut pada punden selanjutnya ditemukan arca putri yang diduga dari jaman hindu budha, itu artinya umurnya lebih daripada batu yang sudah ditemukan sebelumnya.

Sampai dengan detik ini masih menjadi misteri, piramida tersebut dulunya digunakan sebagai mediasi menyembah berhala ataukah dijadikan tempat ritual-ritual pada saat upacara tertentu. Wallahu a’lam. Nah untuk para traveler tidak ada salahnya untuk datang langsung dan menikmati indahnya piramida yang ada disana, jika ingin melihat lebih jauh mengenai temuan-temuan disana sudah lengkap dan dapat anda temui dengan mudah.

Lebih jauh mengenai keberadaan Taman Purbakala Pugung Raharjo, silahkan lihat Google Maps dibawah ini.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.