Wednesday, May 24, 2017

Perbedaan Glukosa dan ATP

Perbedaan Glukosa dan ATP - Glukosa dan ATP adalah senyawa organik yang terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Selain ketiga unsur ini, ATP mengandung Fosfor dan Nitrogen. Respirasi sel memacah glukosa menjadi air dan karbon dioksida menghasilkan 38 molekul ATP bersih.

Perbedaan Glukosa dan ATP

ATP adalah energi yang mengandung nukleotida dalam sel sementara energi yang ditemukan pada glukosa digunakan untuk membuat ATP. Perbedaan utama antara glukosa dan ATP adalah komposisi dua molekul ini.

Apa itu Glukosa?


Glukosa adalah gula sederhana yang banyak digunakan dalam organisme hidup. Rumus kimia dari glukosa adalah C6H12O6. Glukosa adalah monosakarida yang berfungsi sebagai prekursor untuk banyak karbohidrat yang ditemukan dalam organisme. Pada tumbuhan, glukosa diproduksi oleh fotosintesis dan digunakan sebagai substrat untuk produksi energi. Pada hewan, glukosa adalah sumber energi utama. Pada prokariota, glukosa terlibat baik dalam respirasi aerobik, respirasi anaerobik, atau fermentasi dan mengkonversi menjadi molekul energi. Oleh karena itu, glukosa dapat dianggap sebagai salah satu sumber energi primer dari organisme hidup.

Glukosa dipecah sepenuhnya menjadi air dan karbon dioksida oleh respirasi aerobik. Dimulai dengan glikolisis dan bergerak melalui siklus Krebs dan rantai transpor elektron. Pada akhirnya, itu mengubah energi dalam nutrisi glukosa ke 38 ATP dan produk dua limbah lainnya. Respirasi anaerob menghasilkan jumlah ATP yang lebih sedikit dari molekul glukosa karena glukosa menjalani pembakaran tidak sempurna. Beberapa mikroorganisme memfermentasi laktosa menjadi asam laktat atau alkohol menghasilkan energi dalam kondisi anoxic. Semua proses ini menggunakan glukosa sebagai substrat awal untuk produksi ATP.

Tingginya permintaan energi oleh otak membutuhkan sumber energi untuk memasok energi terus-menerus. Glukosa berfungsi sebagai sumber energi bahan bakar otak pada manusia. Juga, ia bertindak sebagai sumber energi untuk otot dan jaringan lainnya juga. Terlepas dari produksi energi, glukosa terlibat dalam pembuatan molekul struktural dalam tubuh manusia. Glukosa diangkut dalam tubuh melalui darah. Konsentrasi glukosa dalam darah harus diatur secara ketat untuk mencegah tingkat abnormal menyebabkan komplikasi kesehatan seperti hipoglikemia, diabetes, berat badan, dll.

Apa itu ATP?


Adenosin trifosfat (ATP) adalah mata uang energi dalam sel-sel hidup. ATP adalah nukleotida yang terdiri dari tiga komponen utama; yaitu, gula ribosa, kelompok trifosfat, dan basis adenin. Molekul ATP menanggung energi tinggi dalam molekul. Setelah permintaan energi untuk pertumbuhan dan metabolisme, yang menghidrolisis ATP dan melepaskan energi untuk kebutuhan seluler. Tiga gugus fosfat bertanggung jawab untuk fungsi molekul ATP karena energi yang tersimpan dalam molekul ATP dalam ikatan phospho-anhydride antara gugus fosfat. Gugus fosfat paling umum yang menghidrolisis molekul ATP adalah kelompok fosfat terjauh (Gamma-fosfat) dari gula ribosa.

Molekul ATP memiliki energi yang tinggi di dalamnya. Oleh karena itu, molekul ini berada dalam keadaan tidak stabil. Hidrolisis ATP selalu layak melalui reaksi eksergonik. Gugus fosfat terminal dihilangkan dari molekul ATP dan mengkonversi menjadi Adenosine diphosphate (ADP) ketika ada air. Konversi ini melepaskan 30,6 energi kJ / mol ke sel. ADP dikonversi kembali ke ATP segera dalam mitokondria oleh ATP sintase selama respirasi seluler.

Apa perbedaan antara Glukosa dan ATP?


Glukosa vs ATP
Glukosa adalah gula sederhana yang digunakan dalam organisme hidup ATP adalah energi yang mengandung nukleotida dalam sel
Komposisi
Terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen Terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan fosfor
Kategori
Monosakarida (gula sederhana) Nukleotida
Fungsi
Bertindak sebagai sumber energi primer (nutrisi) Bertindak sebagai mata uang energi sel
Bentuk energi
Mengandung energi yang tinggi, tetapi tidak tersedia mudah untuk digunakan langsung Mengandung energi dalam bentuk bentuk tersedia untuk kebutuhan seluler

Ringkasan Glukosa vs ATP


Glukosa merupakan salah satu sumber energi utama yang ditemukan dalam organisme hidup. Energi glukosa diubah menjadi molekul ATP oleh proses yang berbeda dari sel seperti respirasi aerobik, respirasi anaerobik dan fermentasi. ATP adalah nukleotida yang melepaskan dan menyimpan energi dalam sel. Ini bertindak sebagai mata uang energi dari organisme hidup. Molekul ATP mengandung energi tinggi yang awalnya ditemukan dalam molekul glukosa. Satu molekul glukosa menghasilkan 38 molekul ATP bersih selama respirasi aerobik. Energi dari satu molekul glukosa disimpan dalam 38 molekul ATP dalam sel.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.