Friday, May 5, 2017

Penyebab Stres Pada Mahasiswa

Penyebab Stres Pada Mahasiswa - Apa sih penyebab stres pada mahasiswa? Pertanyaan tersebut sering muncul kan. Ya, kebanyakan mahasiswa disibukkan dengan berbagai hal selain urusan kuliahnya. Sehingga hal-hal itu akhirnya menimbulkan stres pada mereka.

Penyebab Stres Pada Mahasiswa

Simak berbagai penyebab stres lainnya pada mahasiswa seperti yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini.

1. Prioritas


Bagi mahasiswa yang tinggal di luar kota dan jauh dari orang tua, mereka agak sulit menentukan prioritas. Akhirnya semuanya terlihat berantakan dan membuat mahasiswa terserang stres.

2. Makan


Kebiasaan makan mahasiswa cenderung berantakan. Selain itu, mereka juga sering tidak memenuhi aturan pemenuhan gizi karena terlalu sibuk. Pola makan buruk akhirnya membuat mahasiswa mudah stres.

3. Kompetisi


Jika kompetisi antar siswa di sekolah bisa dibilang termasuk skala kecil, mahasiswa dihadapkan pada skala kompetisi yang lebih besar. Misalnya urusan nilai sampai dengan masalah kelulusan.

4. Tugas Kuliah


Salah satu penyebab stres yang pasti dihadapi oleh setiap mahasiswa adalah adanya tugas yang tak akan ada habisnya. Pengalaman yang sebelumnya tidak dirasakan di bangku sekolah akhirnya membuat mahasiswa stres.

5. Organisasi


Jika mahasiswa memiliki terlalu banyak aktivitas di luar urusan akademik, misalnya organisasi, kesibukan akan semakin meningkat dan mereka juga semakin tertekan. Bukan berarti mahasiswa tidak sebaiknya bergabung dalam organisasi, namun butuh kemampuan keras untuk menyeimbangkan keduanya.

6. Keuangan


Biaya kuliah bisa dibilang mahal. Terutama mahasiswa yang berasal dari luar kota. Usaha untuk memenuhi kebutuhan itu pun terkadang mengharuskan mahasiswa menjalani pekerjaan sampingan sembari kuliah.

7. Waktu


Terakhir, kesulitan mengatur waktu juga menjadi penyebab stres pada mahasiswa. Terutama jika jadwal berantakan dan jatah tidur berkurang, mahasiswa akan semakin mudah merasa stres.

Itulah berbagai penyebab stres pada mahasiswa. Bagaimana dengan pengalamanmu ketika menjadi mahasiswa?

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.