Sunday, May 21, 2017

Pentingnya Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Pentingnya Mengkonsumsi Buah dan Sayuran - Hidup sehat dimulai dari apa yang kita pikirkan dan apa yang kita makan. Jika pikiran sehat, segar, perbanyak berpikir positif dan tenang, kesehatan akan mengikuti kita. Begitupun dengan makanan. Kesehatan akan mengikuti jika makanan yang kita konsumsi adalah manakan segar dan mengandung enzim hidup serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pentingnya Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Makanan dikategorikan sebagai makanan sehat jika ia memiliki berbagai unsure gizi di dalamanya. Contoh makanan sehat yang pasti kita semua tahu adalah sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang segar. Semakin sedikit sayur dan buah mengalami proses dimasak, semakin baik dan utuh kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita.

Setiap orang, berapapun usianya pasti membutuhkan manfaat yang dimiliki oleh sayur dan buah – buahan. Sesungguhnya seberapa penting mengkonsumsi sayuran dan buah bagi kehidupan? Mari kita bahasa bersama-sama.

Pentingnya Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

  • Sayur dan buah merupakan makanan yang kaya serat. Tiualah mengapa penting untuk tidak lupa untuk menambahkan sayu dan buah dalam menu asupan sehari-hari kita. Kandungan serat yang dimiliki dapat mengurai smebelit yang terjadi di dalam usus sehingga proses Buang Air Besar dan pencernaan berjalan lancer tanpa hambatan.
  • Kaya akan anti oksidan. Hal ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dalam tubuh kita, baik itu timbulnya keriput, memberikan nutrisi bagi kulit kering sehingga lebih lembut dan halus dan juga meregenerasi sel sel tubuh kita.
  • Sayur dan buah dipercaya secara turun temurun dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit jika dikonsumsi secara tepat dan konsisten.
  • Sebaiknya sayur yang dikonsumsi diusahakan seminimal mungkin melewati proses dimasak. Karena semakin lama sayur dimasak, semakin berkurang kandungan enzim hidup serta nutrisinya.
  • Sementara kekhawatiran akan adanya kandungan pestisida di kulit buah ataupun sayur yang mentah sebenarnya dapat diminimalisir dan diatasi dengan proses pembersihan yang tepat, yaitu:
  • Cucilah sayur dan buah mentah di bawah air mengalir
  • Rendam sayur dan buah di dalam air yang dicampur dengan cuka apel
  • Selain berfungsi sebagai zat pelepas pestisida dan bakteri pada sayu dan buah mentah, cuka apel juga berfungsi untuk merendam apel yang berlapis lilin. Lilinnya dapat lepas dari kulit apel setelah direndam.
  • Seusai direndam di dalam cuka apel, bilas kembali di bawah air mengalir
  • Untuk meminimalisir efek negatif pestisida, kupaslah buah atau sayur yang hendak kita makan.

Cara konsumsi buah dan sayur adalah jangan memakan keduanya dalam waku yang bersamaan. Mengapa demikian?

Karena serat yang terkandung di dalam buah tidak sekeras serat yang terkandung di dalam sayuran. Hal ini akan dirasa mengganggu terutama bagi orang-orang yang system pencernaanya sensitif.

Semoga setelah anda membaca artikel Iumari ini, anda semakin menyadari untuk tidak lagi bermusuhan dengan buah dan sayuran, karena itu jelas nyata manfaatnya.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.