Monday, May 1, 2017

Penerapan Budaya Demokrasi

Penerapan Budaya Demokrasi - Budaya demokrasi dalam masyarakat dapat diwujudkan dengan berbagai tindakan, antara lain.

Penerapan Budaya Demokrasi

a. bersikap adil;
b. menghormati hak-hak orang lain;
c. suka memberikan pertolongan kepada orang lain;
d. kebebasan yang disertai tanggung jawab;
e. tidak melakukan tindakan yang merugikan kepentingan umum;
f. bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Budaya demokratis juga dapat diwujudkan oleh seluruh anggota masyarakat dalam menyusun dan melaksanakan peraturan. Segala keputusan yang menyangkut kepentingan masyarakat harus dimusyawarah kan bersama. Semuanya harus berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, artinya masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa memandang kedudukan dan status sosialnya.

Segala upaya untuk kemajuan dan pengembangan masyarakat seharusnya melibatkan masyarakat. Budaya gotong royong dan saling menyayangi merupakan budaya yang baik untuk dipertahankan karena dengan budaya tersebut akan meningkatkan kehidupan demokratis dan tumbuhnya keadilan dalam masyarakat. Sifat masyarakat yang anarkis dan ingin menang sendiri harus dibuang jauh-jauh karena akan membuat bertambahnya masalah dan menimbulkan perpecahan dalam masyarakat. Oleh karena itu, nilai-nilai yang selama ini hidup dan berkembang dalam masyarakat wajib kita pelihara dan kita kembangkan.

Itulah pembahasan kita seputar penerapan budaya demokrasi pada lingkungan masyarakat, silahkan jadikan artikel ini sebagai referensi kalian untuk mengerjakan tugas (PPT/PR) ataupun keperluan lainnya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.