Wednesday, May 3, 2017

Peluang Usaha di Tahun 2017

Tahun 2017 sudah di depan mata. Sobat Info Arlina Ada baiknya kita berbenah diri untuk menghadapi tahun 2017 dimana pada tahun ini pasar bebas ASEAN mulai berlaku. Jika anda mencari tahu peluang usaha apa yang menjanjikan di Google, maka anda akan menemukan banyak sekali informasi peluang usaha seperti kuliner, kerajinan tangan, franchise, dll.

Peluang Usaha di Tahun 2017

Mungkin jika dilihat sekilas, informasi peluang usaha yang ditawarkan tidak ada bedanya dengan peluang usaha yang juga di tawarkan di tahun 2015. Hampir semua informasi peluang usaha 2015 sama dengan Peluang Usaha di Tahun 2017. Sebenarnya ini tidaklah salah, karena informasi yang ditawarkan sangatlah umum.

Seperti misalnya usaha kuliner. Usaha kuliner memang sangat menjanjikan dari waktu ke waktu. Karena sejatinya manusia selalu membutuhkan makan setiap harinya. Namun usaha kuliner apakah yang benar-benar menjanjikan di tahun 2017? Karena usaha kuliner ada banyak sekali macamnya.

Apa saja peluang usaha yang menjanjikan?


Seseorang yang pakar di bidang bisnis sekalipun tidak akan bisa menjawab pertanyaan anda. Karena jika ia tahu, pastinya ia akan menggarapnya sendiri. Kecuali ia adalah saudara anda yang memang ingin membantu anda. So, daripada anda bertanya-tanya usaha apa yang menjanjikan di tahun 2017, ada baiknya anda mencari tahu sendiri dengan melakukan riset secara mendalam.

Riset peluang usaha


Di era informasi ini, tidaklah sulit untuk meriset kira-kira peluang usaha apa yang sangat menjanjikan di tahun 2017 nanti. Dengan memanfaatkan beberapa tools di internet, anda akan bisa mengetahui apakah peluang usaha yang akan anda geluti memiliki prospek yang sangat menjanjikan? Berikut 3 tahap cara melakukan riset terhadap suatu peluang usaha:

Tentukan bidang


Pertama, silahkan tentukan dulu bidang usaha apa yang ingin anda geluti secara spesifik. Jika misalnya anda ingin menggeluti kuliner, makanan seperti apa yang akan anda jual nanti? Ada baiknya anda menggeluti bidang yang sesuai dengan hobby anda. Karena biasanya usaha yang dilandaskan dengan hobby akan lebih mudah terealisasi. Namun jika ternyata bidang usaha yang berdasarkan hobby anda tidak mendapatkan hasil yang bagus setelah riset, ini juga tidak bagus dan sebaiknya jangan dipaksakan.

Mengukur pasar


Setelah menentukan bidang usaha apa yang ingin anda geluti, dan produk apa yang ingin anda jual, selanjutnya anda harus mengukur pasarnya. Apakah produk yang akan anda jual sudah memiliki pasar? Seberapa besar pasarnya? Apakah pasar terus berkembang? Berikut cara meriset pasar di internet:

Riset pasar dengan Google keyword planner


Ini merupakan sebuah tools milik google yang bisa memberikan kita data pencarian apa saja yang dilakukan orang di search engine google. Dengan mengetikkan sebuah keyword disana, kita akan tahu seberapa banyak orang yang mengetikkan keyword tersebut di Google. Dari sini kita akan bisa mengukur seberapa besar pasar yang akan anda garap nantinya. Untuk menggunakan tools ini sebaiknya anda harus memiliki akun google terlebih dahulu.

Silakan daftar di sini https://adwords.google.com/ko/KeywordPlanner

Lihat trend pasar dengan Google trends


Lagi-lagi menggunakan tools milik google yang bernama Google Trends. Dengan ini kita bisa mengetahui apakah produk yang akan anda jual memiliki trend yang naik turun, selalu naik, atau malah selalu turun. Ini sangat penting diketahui agar anda tahu apakah usaha anda nantinya dapat bertahan lama atau tidak. Selain itu kita juga bisa tahu di kota mana yang paling tinggi trendnya.

Kunjungi forum-forum besar


Kunjungi forum-forum besar seperti Kaskus untuk mengetahui apakah produk yang akan anda jual ramai diperbincagkan disana? Seberapa besarkah minat mereka kepada produk tersebut?

Mengukur Kompetitor


Jika ternyata bagus dari segi pasar, ukur dulu seberapa besar competitornya. Apakah akan sesuai dengan kapasitas anda? Apakah kira-kira anda mampu untuk berkompetisi dengan mereka? Ukur dengan mencari kompetitor anda di google. Perhatikan website mereka. Apakah ada banyak website yang menjual produk yang sama dengan yang anda jual? Dan apakah banyak iklan yang muncul ketika anda mengetikkannya? Jika ada banyak iklan yang muncul, itu tandanya competitor untuk produk ini sangat besar dan tentunya butuh modal yang lebih besar jika anda tetap ingin bersaing.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.