Monday, May 1, 2017

Meningkatkan Kualitas Suara Vokal Kamu

Meningkatkan Kualitas Suara Vokal Kamu - Bagi kamu yang bercita-cita menjadi penyanyi, memiliki suara yang bagus, merdu, dan enak di dengar menjadi syarat wajib buat kamu. Hal ini tak menjadi masalah apabila kamu sudah memiliki itu semua sejak lahir. Namun bagi kamu yang tidak memiliki suara yang bagus, maka kamu harus melatihnya secara sungguh-sungguh.

Meningkatkan Kualitas Suara Vokal Kamu

Pertanyaan pun muncul, bagaimana cara membuat suara menjadi bagus? Berikut ulasannya.

Suara bagus adalah 'aset' sesungguhnya bagi seorang penyanyi. Bagi kamu yang tidak memiliki suara yang bagus, ada beberapa cara yang tentu bisa membantu kamu. Kamu bisa mempraktekkan cara-cara ini ketika sedang tidak sibuk. Semakin sering kamu melatihnya, maka semakin cepat kamu menghasilkan suara yang bagus.

Lantas bagaimana caranya?

Meningkatkan Kualitas Suara Vokal Kamu

Berikut ini 4 cara membuat suara bagus, antara lain :

1. Latihan dasar vokal untuk mengenali nada


Latihan ini ditujukan agar kamu mengenali nada, yakni Do re mi fa so la si do dengan baik. Lakukanlah pemanasan dengan cara melatih vokalmu berdasarkan nada di atas. Gunakan bunyi-bunyian seperti 'ha' -- yang diucapkan dengan nada Do re mi fa so la si do sesering mungkin. Kemudian gunakan nada vokal dari yang rendah sampai yang tinggi, sampai batas kemampuan oktaf yang kamu bisa.

2. Mengintensifkan latihan vokal


Lakukanlah latihan pada poin pertama sesering mungkin. Tujuannya agar nada pada pita vokal kamu cepat terbiasa. Kamu bisa melatih vokal dasar tersebut di sela-sela waktu kerja, atau saat di kamar mandi, maupun saat kegiatan-kegiatan lainnya di saat kamu seorang diri.

3. Latihan dengan menyanyikan lagu favorit


Setelah kamu terbiasa dengan latihan dasar vokal dan sudah menguasai nada Do re mi fa so la si do, tiba saatnya untuk kamu menyanyikan lagu-lagu favorit kamu. Cobalah melakukan dan mengulangi latihan tersebut sesering mungkin, dengan menyanyikan lagu-lagu dengan nada yang tinggi. Apabila kamu rutin melakukannya, maka hal itu juga akan membiasakan vokal kamu menjadi semakin merdu.

4. Menyanyikan lagu favorit dengan oktaf yang berbeda-beda


Kelanjutan dari langkah ketiga, nyanyikanlah lagu-lagu favorit kamu, namun dengan perubahan tinggi nada. Mulailah menyanyikan lagu dengan vokal terendah, sampai batas vokal tertinggi yang kamu bisa (oktaf maksimal). Dengan cara ini, kemampuan suara kamu akan menjadi maksimal dan tentunya akan semakin terasah dengan baik.

Hal-hal yang harus dihindari agar suara kamu tetap terjaga

Apalah artinya apabila kamu sudah susah-payah melatih suara bagusmu, namun kamu tak menjaga 'aset' kamu tersebut dengan baik. Maka semua usahamu akan sia-sia.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus kamu hindari -- agar suara bagusmu tetap terjaga. Adapun hal-hal yang dimaksud diantaranya:

  1. Hindari merokok.
  2. Hindari berteriak-teriak secara berlebihan hingga membuat suara kamu menjadi serak.
  3. Hindari mengonsumsi minuman yang terlalu dingin (es).
  4. Hidari mengonsumsi makanan berlemak dan makanan pedas.
  5. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan susu, karena ini akan membuat pita suara menjadi tegang.

Itulah dia penjelasan singkat mengenai Meningkatkan Kualitas Suara Vokal Kamu. Tentunya cara-cara di atas harus kamu lakukan secara konsisten, agar suara kamu menjadi bagus, dan kamu berpeluang menjadi seorang penyanyi.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.