Tuesday, May 2, 2017

Cara Mengatasi Instagram yang Tidak Bisa Dibuka lagi

Cara Mengatasi Instagram yang Tidak Bisa Dibuka - Mungkin untuk kamu yang menggunakan Instagram pastinya sudah kenal betul dengan sosial media berbagi foto yang satu ini. Instagram merupakan sosial media yang populer dan banyak digunakan oleh orang dari seluruh dunia. Data juga mencatat bahwa pengguna Instagram semakin hari semakin bertambah banyak.

Cara Mengatasi Instagram yang Tidak Bisa Dibuka

Namun seiring dengan bertambah banyaknya pengguna Instagram menyebabkan banyak keluhan mengenai aplikasi Instagram. Keluhan yang paling sering muncul adalah aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka.

Sebenarnya ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab aplikasi Instagram tidak bisa dibuka. Berikut ada 5 alternatif cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Instagram yang Tidak Bisa Dibuka


1. Masalah pada Smartphone yang Kamu Gunakan

Berdasarkan pengalaman yang paling sering menjadi penyebab aplikasi Instagram tidak bisa dibuka adalah masalah pada smartphone. Masalah pada smartphone misalnya terlalu banyaknya aplikasi yang dibuka dalam waktu bersamaan. Ini menyebabkan kinerja smartphone melambat atau bahkan smartphone bisa mati secara tiba-tiba.

Namun smartphone yang mengalami masalah seperti ini adalah jenis smartphone yang memiliki ukuran RAM yang kecil. Smartphone yang saya miliki termasuk smartphone yang memiliki RAM yang kecil. Untuk mengatasi masalah aplikasi Instagram tidak bisa dibuka caranya dengan mematikan atau menghentikan aplikasi lain yang tidak digunakan.

Misalnya dalam smartphone kamu sedang berjalan aplikasi Facebook, LINE, BBM, UC Browser, Play Store, Game Clash of Clans dan lainnya. Jika ingin memainkan Instagram sebaiknya aplikasi lain selain Instagram dihentikan saja, sehingga smartphone hanya fokus pada Instagram saja. Ini akan mempermudah smartphone dalam menjalankan Instagram.

2. Masalah pada Server Instagram

Sebagaimana website pada umumnya sewaktu-waktu bisa saja down. Instagram dibangun dalam bentuk website. Untuk waktu-waktu tertentu bisa saja Instagram down sehingga tidak bisa dibuka. Ini bisa menjadi penyebab Instagram tidak bisa dibuka. Jika hal ini sudah terjadi kita sebagai pengguna tidak bisa berbuat banyak. Yang bisa kita lakukan adalah menunggu sampai server Instagram pulih kembali.

3. Masalah pada Aplikasi Instagram yang Kamu Gunakan

Untuk smartphone tertentu biasanya ada yang sudah memasukkan aplikasi Instagram bawaan dari smartphone. Biasanya seringkali aplikasi bawaan smartphone tersebut tidak bisa digunakan karena sudah terlalu lama. Untuk mengatasi masalah seperti ini kamu bisa memperbaharui atau mengupdate aplikasi Instagram dengan versi terbaru.

4. Masalah Jaringan Internet

Untuk menggunakan Instagram kamu tentunya harus terhubung dengan jaringan Internet. Jika kamu memiliki koneksi internet yang lambat atau tidak memiliki koneksi internet maka kamu tidak akan bisa mengakses Instagram. Solusi mengatasinya adalah menggunakan jaringan internet yang bagus seperti wifi atau provider dengan kualitas jaringan internet yang bagus.

5. Aplikasi Instagram Kamu Mengandung Banyak Sampah

Untuk aplikasi yang terhubung dengan internet biasanya akan menghasilkan file sampah. File sampah ini sebenarnya berguna untuk waktu tertentu, namun jika file tersebut sudah kadaluarsa maka ini bisa menjadi sampah yang mengganggu. Tak jarang file sampah seperti ini menjadi file yang menyebabkan kita tidak bisa membuka aplikasi Instagram.

Saya sendiri pernah mendapati file sampah dalam aplikasi Instagram yang saya gunakan yang jumlahnya mencapai 100 MB. Untuk ukuran smartphone 100 MB merupakan jumlah yang cukup besar. Jumlah sampah ini juga menyebabkan saya tidak bisa membuka Instagram.

Solusi yang saya lakukan adalah menghapus file sampah ini dengan bantuan aplikasi Clean Master. Selain aplikasi Clean Master kamu juga bisa menghapus sampah secara manual dari aplikasi Instagram. Caranya ke Settings > Apps > Instagram > Clear Cache. Perlu diketahui bahwa berhati-hatilah dalam menghapus file sampah atau file cache Instagram karena jika salah dalam menghapus bisa menyebabkan aplikasi Instagram terhapus dari smartphone.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah smartphone yang tidak bisa dibuka. Poin yang disampaikan disini adalah alternatif saja. Nantinya kamu bisa menggunakan salah satunya saja.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.