Tuesday, May 2, 2017

Mengapa China Disebut Negeri Tirai Bambu

Mengapa China Disebut Negeri Tirai Bambu - China atau disebut juga Negeri Tirai Bambu memiliki banyak pemandangan dan objek wisata yang sangat indah.

Mengapa China Disebut Negeri Tirai Bambu

Mengapa China Disebut Negeri Tirai Bambu?

Ada beberapa penybab Negeri China disebut Negeri Tirai Bambu, antara lain :

China adalah negeri tirani negera yang diperintah oleh seorang raja dengan sistem pemerintahan komunis, maka segala kekayaan hanya dimiliki/dikuasai oleh negara tersebut. China juga yang berpaham sosialis sangat menutup diri dari kebudayaan luar maka China di kenal dengan negara dengan kebudayaan tertua (mempertahankan kebudayaan leluhur). Karena China termasuk tiga terbesar negara dan banyak di tumbuhi pohon bambu. Dan tirai kebanyakan terbuat dari bambu serta hewan negara ini yaitu panda, suka melahap pohon bambu sebagai makanan utamanya. Disebut tirai adalah karena negara China berpaham sosialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar.

Pemandangan dan Objek Wisata yang Indah di Negeri Tirai Bambu


1. Hutan Buluh Shunan (Shunan Zhuhai)

Hutan Buluh Shunan (Shunan Zhuhai)

Hutan Buluh Shunan (Shunan Zhuhai)


Terletak di sebelah barat daya pergunungan Liantian yang memisahkan wilayah Changning dengan Jiangan. Meliputi kawasan seluas 120 km persegi pada ketinggian 600 ke 1000 m. Pada bahagian tengah kawasan ini, hampir 5000 hektar ditumbuhi oleh sejenis buluh besar yang tinggi dan tegak (species Phyllostachys Pubescens). Di Chengdu terletak wilayah habitat hewan panda yang terkenal. Keindahan Shunan menjadi inspirasi kepada pelukis pemandangan hutan buluh Zheng Banqiao pada zaman Dinasti Qing. Pengambaran filem Crouching Tiger, Hidden Dragon juga dilakukan di sini.

2. Air Terjun Nuorilang (Nuorilang Waterfall)

Air Terjun Nuorilang (Nuorilang Waterfall)


Dalam banyak-banyak air terjun cantik di Jiuzhaigou, air terjun Nuorilang yang paling menakjubkan sekali. Ia terletak pada ketinggian 2365 m dari aras laut. Lebarnya 325 m dan tinggi 30-40 m. Sebanyak 5.8 cubic m air per saat mengalir melalui air terjun ini.

3. Sungai Yangtze (Changjiang)

Sungai Yangtze (Changjiang)


Hampir 6300 km, adalah sungai terpanjang dan terbesar di China, manakala ke tiga di dunia selepas sungai Nil di benua Afrika dan sungai Amazon di Amerika Selatan. Punca sungai ini bermula di bahagian barat gunung Geladandong, puncak utama rangkaian banjaran Tanggula di dataran tinggi Qinghai - Tibet, bahagian barat daya negara China.

4. Hutan Spruce Xueling di pergunungan Tianshan

Hutan Spruce Xueling di pergunungan Tianshan


Kekal semenjak 40 juta tahun lampau. Ia seperti fosil hidup di kawasan pergunungan itu. Pada hujung bulan Oktober, angin sejuk dari Siberia tiba membawa sama kehadiran salji. Dengan diselimuti keputihan salju, keadaan begitu tenang, manakala pohon-pohon spurce seperti berdiri tegak seolah-olah barisan tentera yang memakai mahkota.

5. Yehliu

Yehliu


Nama sebuah tanjung terletak di utara Taiwan. Ketinggiannya bermula dari 1700 m mencuram turun ke aras laut. Sekiranya dilihat dari udara, bentuk tanjung ini se akan-akan seekor penyu raksasa. Oleh itu, tanjung ini juga digelar 'Yehliu Turtle'.

6. Heavenly Lake

Heavenly Lake


Gunung Changbai merupakan salah satu daripada 10 gunung terkenal di China yang mempunyai keindahan alam luarbiasa. Gunung ini termashyur dengan tasik kawah menakjubkan, flora dan fauna serta kaya dengan pemandangan puncak bersalji. Dengan hutan dan salji terbentang saujana mata memandang, ditambah kehadiran tasik dan air terjun tercantik di utara China, menjadikan kawasan ini digelar 'Great Eurasian Green Gallery'.

7. Badain Jaran

Badain Jaran


Padang pasir ke empat terbesar di dunia. Terletak di utara sempadan Hexi, keluasannya dianggarkan 49,000 km persegi. Di sini terdapat bukit pasir terbesar sekali di dunia.

8. Gunung Huangshan (Yellow Mountain)

Gunung Huangshan (Yellow Mountain)


Terletak di selatan wilayah Anhui. Tidak diragui ia adalah gunung paling terkenal di negara China sehingga keindahannya kerap diabadikan dalam bentuk lukisan. Pada tahun 1990, ia diwartakan sebagai warisan alam semulajadi dan budaya dunia oleh ahli jawatankuasa warisan UNESCO.

9. Gua Zhijin

Gua Zhijin


Terletak di Bijie dalam wilayah Guizhou, di antara sungai Luichong dan Sancha. Kedua-dua merupakan sumber bagi sungai Wujiang. Zhijin merupakan gua di dalamnya terdapat sungai panjang yang telah kering sejak lama dahulu. Sekitar 1.2 juta tahun lampau, gua ini telah roboh disebabkan hakisan dan hanyutan tanah lalu membentuk ruang besar di dalamnya.

10. Peak Tomur

Peak Tomur


Menjadi puncak tertinggi di gunung Tianshan iaitu 7439 m dari aras laut. Terletak di barat laut wilayah Wensu, kedudukan geografinya menjadi titik pertemuan penting yang menjadi laluan penghubung antara dunia barat dengan negara China pada zaman silam dahulu.

11. Guilin

Guilin

Pagodas_en_el_lago_Shanhu_guilin


Menjadi buah mulut dan pujian orang ramai serata dunia kerana dikatakan antara tempat tercantik di China. Pepatah China mengatakan 'Guilin tempat tercantik dan merupakan syurga dunia'. Dengan memiliki bukit menara batu kapur serta aliran air sungai Li yang jernih, ia sering menjadi bahan karya seni lukis dan sajak masyarakat China.

12. Sawah Padi Bertingkat Longji (Dragon's Backbone Terraced Rice Fields)

Sawah Padi Bertingkat Longji (Dragon's Backbone Terraced Rice Fields)


Mendapat pujian sebagai keajaiban seni pertanian di China! Ia merupakan warisan kuno yang dipusakai sejak 700 tahun lampau. Panorama ketika sawah digenangi air atau warna kekuningan bila padi masak menjadikan ia suatu pemandangan antara tercantik di negara China.

13.Menara Tibet di Sichuan Barat

Menara Tibet di Sichuan Barat


Menara-menara misterius ini mewarnai Koridor Suku di Provinsi Sichuan Barat. Ratusan menara masih berdiri -- beberapa mencapai ketinggian 50 meter dan menunjuk ke 13 titik -- dan yang tertua diperkirakan berusia 1200 tahun.

Tidak ada yang tahu kenapa menara-menara ini berdiri dan apa kegunaannya, tapi beberapa orang mengatakan bahwa menara ini adalah bagian dari struktur pertahanan untuk mengamati bukit-bukit di sekelilingnya. Yang lain memprediksi bahwa menara-menara ini adalah simbol status atau rumah penyimpanan, atau keduanya. Meski begitu, menara misterius Himalaya ini adalah salah satu rahasia China.

14. Jalan Burma, Yunnan

Jalan Burma, Yunnan


Sebelum menuju Dali, sisakan beberapa hari untuk berjalan melewati desa-desa tradisional di sepanjang bagian selatan Sungai Nu. Setibanya di Dali, bersantailah di salah satu kafe yang tersebar di Kota Tua sebelum sampai ke Kunming, Ibu Kota Yunnan dan salah satu kota paling keren di China.

Jalan Burma pernah menghubungkan Mandalay sampai Kunming dan menjadi lokasi pertempuran berdarah pada Perang Dunia 2. Pada teritori China, jalan ini berawal di Riuli dan dikenal sebagai titik penghubung Segitiga Emas, dan kini populer sebagai pasar giok. Anda akan melewati bukit berpemandangan indah dan sawah bertingkat dalam perjalanan menuju Tongsheng, tempat terdapatnya Museum Perang AntiJepang Yunnan-Burma.

15. Afrika Kecil, Guangzhou

Afrika Kecil, Guangzhou


Tersembunyi di salah satu pusat Kota Tua Guangzhou adalah sudut paling menarik di China yang tidak Anda ketahui: komunitas yang terdiri dari sekitar 20 ribu pedagang asal Nigeria, Senegal, Ghana, dan negara-negara lain di Afrika.

Terletak dekat Pusat Jual Beli Grosir Ekspor Pakaian Kanaan, Afrika Kecil atau Kota Cokelat -- seperti yang sering disebut oleh penduduk lokal meski terdengar agak rasis -- muncul pada 1990an. Ini adalah masa ketika para pedagang berbondong-bondong datang ke Provinsi China selatan yang diberi julukan 'pabrik dunia'. Kelompok sosial dan komunitas keagamaan berkembang pesat dan banyak pedagang yang akan bersedia bercerita pada Anda tentang kisah hidup mereka yang baik dan buruk di Guangzhou.

16. Bukit Moganshan

Bukit Moganshan


Pada awal abad lalu, orang-orang kaya asing yang tinggal di Shanghai datang ke Moganshan untuk bersantai saat musim panas di vila mereka, bermain tenis, dan berenang di kolam umum. Kini Moganshan kembali terkenal, sebagian karena Naked Retreats, sekumpulan rumah-rumah tradisional yang direnovasi. (Jangan tertipu dengan namanya -- jika Anda ingin tak berbusana, maka itu harus dilakukan di bungalow Anda saja)

Setelah datang, para tamu dibawa melewati 'jalan santai' dan disarankan untuk menghabiskan beberapa menit mengagumi pemandangan. Aktivitas yang tersedia termasuk bersepeda, memancing, dan hiking. Pengunjung bisa berjalan melewati perkebunan teh dan hutan bambu, atau berenang di penampungan air sambil mendengar bunyi serangga. Akomodasi yang disediakan cukup sederhana -- lantai kayunya berderak dan tidak ada pendingin ruangan -- tapi bungalow dilengkapi dengan dapur, TV layar datar dan internet nirkabel.

17. Pulau Gulangyu

Pulau Gulangyu


Setiap turis ke China selalu punya cerita soal mobil atau beberapa dan jarang yang positif. Gulangyu, sebuah pulau lepas pantai Xiamen, bisa jadi satu-satunya tempat tenang yang tersisa di China yang terobsesi dengan mobil.

Gulangyu, tempat tinggal sekitar 16 ribu orang pada satu kilometer persegi tanah, terkenal karena tidak memiliki kendaraan bermotor (dengan beberapa perkecualian). Sepeda pun tidak ada. Tidak ada klakson, macet, pengalaman hampir kecelakaan. Bisakah tempat ini disebut China? Pulau berbukit ini seolah setengah Havana, setengah Hawaii mimpi indah pejalan kaki.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.